El Clasico : Real Madrid Atau Barca Di Puncak ?

0
381
El Clasico : Real Madrid Atau Barca Di Puncak ?
El Clasico : Real Madrid Atau Barca Di Puncak ?

El Clasico : Real Madrid Atau Barca Di Puncak ? , – El Clasico atau pertandingan antara Real Madrid berhadapan dengan Barcelona sudah berada di depan mata. Pekan ke 33 minggu depan atau tanggal 24 April 2017 dunia sepakbola akan kembali berpaling ke kompetisi La Liga di Spanyol menengok laga seru antara dua tim yang saat ini sedang kejar-kejaran di puncak klasemen. Madrid unggul 3 poin atas saingan abadinya Barcelona dengan total nilai 75. Tak pelak kemenangan di laga ini bisa jadi akan menjadi faktor penentu gelar juara di akhir musim.

Bagi Real Madrid, jelas kemenangan akan semakin mendekatkan mereka dengan gelar juara La Liga, namun Barcelona jelas tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi dan bersiap untuk mengacaukan mimpi indah para pendukung Real Madrid.

Bagi Barcelona ini adalah laga wajib untuk meraih kemenangan, mengingat selain tertinggal 3 poin dari sang rival, mereka juga masih memiliki satu laga tersisa di tangan.

Dan faktanya, jika mereka berhasil mengalahkan Madrid, mereka akan memuncaki klasemen dengan selisih gol yang jauh lebih baik dari tim ibukota Spanyol tersebut. Hal ini jelas akan meningkatkan tensi dan ketegangan di kubu Madrid. Apalagi laga sisa mereka juga tak mudah, melawan Celta Vigo.

DAFTAR GRATIS SBOBET BOLA MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU RAIH CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK

Madrid Memiliki Satu Laga Sisa Ditangan
Madrid Memiliki Satu Laga Sisa Ditangan

Namun untuk melakukan hal tersebut tak mudah bagi Barca, apalagi di musim ini mereka memiliki rekor buruk kala bertanding away melawan tim-tim besar.

Barca telah berulang kali menelan kekalahan besar kala bertandang melawan sesama tim-tim besar. Kalah 1-3 atas Manchester City di liga Champions awal babak lalu, kemudian kekalahan menyesakkan melawan PSG dan terakhir yang terbaru kembali menelan kekalahan besar atas Juventus 0-3.

Di kompetisi domestik pun kejadian serupa masih terjadi dan ini sangat disesalkan mengingat Madrid juga terpeleset pekan lalu, yaitu ketika ditumbangkan Malaga 0-2.

Dengan kata lain, beberapa hasil buruk menunjukkan Barcelona sedang berada dalam kondisi yang tidak kompetitif, suatu pertanda mereka membutuhkan sebuah semangat baru di tim.

Di sisi lain, Real Madrid justru menunjukkan trend sebaliknya. Mereka justru sedang terbiasa bersinar terang kala menghadapi tim-tim besar, sebuah kondisi yang sesuai dengan bintang mereka Cristiano Ronaldo.

Ronaldo vs Messi

Total golnya yang kini telah berjumlah 28 dari 37 tidak hanya merupakan hasil yang rutin telah dilakukannya sepanjang musim, namun kini ia juga mampu menghasilkan tembakan-tembakan ke gawang yang jauh lebih sering. Dia juga menjadi lebih sabar dalam menunggu bola sebelum menyelesaikannya lewat gol satu sentuhan.

Barcelona Tampak Rapuh Di beberapa pekan terakhir
Barcelona Tampak Rapuh Di beberapa pekan terakhir

Dia juga semakin menunjukkan peran sentralnya di Real Madrid dengan berulang kali menjadi penentu kemenangan untuk timnya.

Baru-baru ini, ia adalah pahlawan di Allianz Arena kandang Bayern Munchen ketika ia mencetak sepasang gol untuk kemenangan 2-1 Real Madrid atas Bayern Munchen di leg 1 babak perempat final Liga Champions.

Atau di bulan November lalu, saat Madrid melakoni partai derby menghadapi Atletico Madrid di Vincente Calderon. Saat itu ia mencetak hat-trick mengesankan yang membantu Real meraih angka sempurna di ajang liga domestik.

Ronaldo memang tidak membuat dampak pada pertemuan pertama kedua tim ini, Real Madrid bahkan membutuhkan gol dari seorang Sergio Ramos untuk meraih hasil seri di Camp Nou, namun untuk pekan ini apakah anda berani bertaruh kalau Ronaldo tidak akan membuat dampak di pertandingan tersebut ?

JELANG EL CLASICO, DATA DAN STATISTIK REAL MADRID VS BARCELONA

Madrid kala mengalahkan Sevilla
Madrid kala mengalahkan Sevilla

Secara keseluruhan, Madrid berada dalam kondisi yang jauh lebih baik dibandingkan rival abadinya tersebut jelang pertemuan mereka.

Tim asuhan Zinedine Zidane ditahan imbang oleh Atletico Madrid di pertandingan kandang terakhir mereka, tetapi mereka telah memenangkan 8 dari 10 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi sementara dua hasil akhirnya berakhir dengan imbang.

Barcelona dilain sisi, mengalami periode terberat mereka di musim ini, bahkan faktanya, mereka telah menelan kekalahan yang sama dengan total kekalahan semusim penuh Madrid hanya dalam lima minggu terakhir ini saja.

Faktor terbesar dari penurunan performa Barcelona adalah ketergantungan yang tinggi terhadap Lionel Messi. Superstar asal Argentina tersebut menerima banyak kritik akhir-akhir ini sebagai akibat ketidakmampuan mereka kala berhadapan dengan tim-tim besar. Namun rasanya tidak fair jika menyalahkan dirinya sepenuhnya, setidaknya taktik dan rekan setimnya patut pula mendapatkan pertanyaan besar.

Saat melawan Juventus, Barcelona turun terlalu dalam, pergerakan tanpa bola pemain-pemainnya tak bekerja dan membuat kesalahan-kesalahan tak perlu di lini belakang. Messi sudah jelas merupakan pemain terbaik mereka, dan statistiknya musim ini tetap saja luar biasa.

Statistik Luar Biasa Lionel Messi Musim Ini
Statistik Luar Biasa Lionel Messi Musim Ini

Dengan dua gol dan sebuah assist saat melawan Real Sociedad pada hari Sabtu lalu, Messi saat ini telah mencetak total 45 gol dari 44 penampilan di musim ini itu ditambah dengan koleksi 14 assistnya. Jika ia mampu menambahkan angka-angka tersebut pada laga melawan Real Madrid pekan depan, jelas Barcelona masih ada peluang musim ini.

Faktor Pemain Cadangan

Pertandingan El-Clasico tak melulu soal Messi vs Ronaldo saja. Memang tak diragukan keduanya berada di kelas yang berbeda. Namun ketika membicarakan dampak pemain cadangan, maka lagi-lagi Real Madrid berada didepan.

Mari membandingkan kedua pertandingan terakhir antara Real Madrid dan Barcelona di ajang Liga Champions melawan Bayern Munchen dan Juventus.

Real Madrid memiliki opsi diantaranya Isco, Alvaro Moratta, Marco Asensio dan James Rodriguez. Empat pemain yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan magic mereka di sepanjang pertandingan.

Barcelona Menang Susah Payah 3-2 Pekan Lalu Melawan Sociedad
Barcelona Menang Susah Payah 3-2 Pekan Lalu Melawan Sociedad

Barcelona di sisi lain, hanya memiliki persediaan pemain seperti Andre Gomes, Paco Alcacer, dan Denis Suarez. Mereka memang pemain bagus, tapi jika dibandingkan dengan empat pemain cadangan Real Madrid diatas jelas berada di level yang berbeda, dan Luis Enrique tahu itu.

Di pertandingan melawan Juventus, Luis Enrique hanya membuat sekali pergantian pemain dan bahkan sepanjang musim ini, jarang mengganti pemainnya atau menggunakan 14 pemain ( 11 + 3 pemain cadangan )

Morata dan Isco di Real Madrid bahkan telah berulang kali menyelamatkan Madrid sepanjang musim ini. Sekali lagi kedalaman tim tak dimiliki oleh Barcelona dalam mengarungi musim ini.