Crystal Palace Pecat Alan Pardew

0
247
Crystal Palace Pecat Alan Pardew
Crystal Palace Pecat Alan Pardew

Mantapbola.com, – Kerasnya liga Inggris di musim 2016/2017 ini mulai memakan korban, Alan Pardew yang telah bersama klub berlogo elang tersebut sejak 3 Januari 2015 harus menjadi tumbal terbaru.

Dilansir oleh SkySports, Alan Pardew melakukan pembicaraan intensif dengan presiden sepakbola Crystal Palace Steve Parish. Namun dalam pembicaraan kedua tokoh tersebut tidak ditemukan adanya titik temu, sehingga pihak Palace secara resmi mengumumkan perpisahan mereka dengan Alan Pardew pada tanggal 22 Desember 2016 kemarin.

Kekalahan 1-0 dikandang atas pimpinan klasemen sementara Chelsea diprediksi menjadi pemicu pemecatan Pardew. Memang bisa dimaklumi mengingat kekalahan tersebut menjadi kekalahan ke delapan Crystal Palace musim ini hanya dari 10 pertandingan.

Perjalanan Crystal Palace musim ini memang cenderung buruk, sejak tahun 2016 ini saja mereka hanya memenangkan 6 pertandingan saja dari 36 pertandingan yang sudah dilakukan, dan hanya mengemas total 26 poin.

Kekalahan 1-0 dari Chelsea menjadi pertandingan terakhir Pardew bersama Crystal Palace
Kekalahan 1-0 dari Chelsea menjadi pertandingan terakhir Pardew bersama Crystal Palace

Namun walau begitu, Pardew sejatinya juga memiliki kontribusi besar untuk klub dengan membawa Crystal Palace melaju ke babak final Piala FA musim lalu. Namun sayangnya menelan kekalahan atas Manchester United.

Pardew menerima tawaran melatih di Palace pada Januari 2015 lalu setelah sukses bersama Newcastle United. Dirinya masuk menggantikan Neil Warnock dan langsung memberikan pengaruh positif bagi klub. Dirinya mengantarkan Palace duduk nyaman di papan tengah peringkat ke 10 klasemen.

Patut dicatat, bahwa peringkat ke 10 tersebut merupakan peringkat tertinggi Crystal Palace sejak tahun 1992. Namun mereka tidak mampu mempertahankan prestasi bagus tersebut dimana musim lalu mereka mengalami penurunan peringkat ke urutan 15 klasemen akhir.

Pardew memecahkan rekor transfer klub dengan mendatangkan Christian Benteke dari Liverpool
Pardew memecahkan rekor transfer klub dengan mendatangkan Christian Benteke dari Liverpool

Tetapi melorotnya prestasi di liga, tidak diikuti dengan ajang kejuaraan lain. Di ajang Piala FA mereka mampu menembus babak final untuk pertama kalinya sejak tahun 1990 lewat kemenangan 2-1 atas Watford di babak semifinal.

Malangnya dibabak final mereka ditekuk Manchester United dengan skor 2-1 – hasil yang sama mereka peroleh di tahun 1990 – walau sempat lebih dahulu memimpin lewat Jason Puncheon.

Bersama Palace, Pardew melakukan berbagai transfer yang memecahkan rekor klub seperti mendatangkan Yohan Cabaye seharga 13 juta poundsterling pada musim panas 2015 dan penyerang Belgia asal Liverpool, Christian Benteke seharga 32,5 juta poundsterling.

Sebagai pengganti, pihak Crystal Palace telah menyiapkan pengganti yang sepadan dengan mendatangkan mantan manager tim nasional Inggris, Sam Allardyce.