Alasan Liverpool Harus Berada Di Peringkat Ketiga Musim Ini

0
275
Alasan Liverpool Harus Berada Di Peringkat Ketiga Musim Ini
Alasan Liverpool Harus Berada Di Peringkat Ketiga Musim Ini

Alasan Liverpool Harus Berada Di Peringkat Ketiga Musim Ini – Walau saat ini Liverpool sangat berpeluang untuk lolos ke Liga Champions musim depan dengan berada di peringkat ke Empat klasemen, namun Liverpool dipastikan akan tetap ngotot untuk meraih kemenangan dan berharap dapat menggeser City di peringkat ke Tiga, mengapa demikian ? ikuti penjelasan singkat kami berikut ini ….

The Reds Liverpool hingga pekan ke 37 ini duduk di peringkat ke Empat Liga Inggris Premier League dan mereka akan memasuki pertandingan terakhir mereka musim ini menghadapi Middlesbrough, tim yang sudah dipastikan terdegradasi di Anfield. Tampak mudah sebenarnya, namun di pertandingan terakhir ini mereka masih harap-harap cemas karena jika mereka terus berada di peringkat ke Empat maka mereka diharuskan melalui babak kualifikasi Play-off terlebih dahulu di Liga Champions dan inilah sumber petakanya.

Jika keadaan ini terjadi maka Liverpool sangat berkemungkinan besar untuk menghadapi tim-tim kuat lainnya di Eropa seperti Sevilla, Napoli atau Borussia Dortmund di babak play-off.

Hal ini terjadi karena peringkat koefisien klub UEFA mereka yang jauh lebih rendah dibandingkan tim-tim lainnya seperti Manchester City dan Arsenal. Dua tim ini jika berada di peringkat ke empat akan dijamin berada di tempat unggulan dalam undian play-off dan hal ini tidak terjadi untuk Liverpool yang tidak masuk kategori unggulan.

Bahkan jika Liverpool masuk dalam kategori unggulan sekalipun maka tim-tim seperti AS Roma, Hoffenheim, Besiktas dan Sporting Lisbon telah menanti. Inilah sebab mengapa peringkat ketiga yang mendapatkan satu tempat langsung di babak penyisihan grup Liga Champions sangat berarti bagi Liverpool.

Bingung ? Tidak masalah karena memang ini sedikit rumit namun kami akan menjelaskannya untuk anda ….

Liverpool saat ini berada di peringkat ke empat dan akan menjalani pertandingan terakhir di kandangnya melawan Middlesbrough
Liverpool saat ini berada di peringkat ke empat dan akan menjalani pertandingan terakhir di kandangnya melawan Middlesbrough

Bagaimana Undian Penarikan Babak Play-Off Dilakukan ? 

Undian babak play-off Liga Champions dibagi antara Lima tim Unggulan dan Lima Tim yang tidak di unggulkan yang didasarkan dari peringkat koefisien yang diraih tim tersebut selama penampilan mereka di kejuaraan Eropa dalam lima musim terakhir. Lima tim yang menang akan melaju ke babak grup penyisihan liga Champions sedangkan lima tim yang gagal akan bermain di kejuaraan Europa League.

Lima dari 10 tim di babak ini terdiri dari : Klub yang finish ke Empat di Spanyol ( Sevilla sudah pasti ), Jerman dan Inggris, ditambah lagi dengan klub yang finish ke Tiga di Italia dan Portugal ( Sporting Lisbon sudah pasti )

Lima tim sisanya adalah tim-tim yang datang melalui Rute Kualifikasi Ketiga Liga Champions sebelumnya yang terdiri dari lima pertandingan antara : Klub yang berada di tempat ketiga di Perancis dan klub peringkat kedua di Rusia, Ukraina, Belgia, Belanda, Turki, Republik Ceska, Rumania, Yunani dan Swiss.

Perjalanan Liverpool Ke Liga Champions masih belum diketahui
Perjalanan Liverpool Ke Liga Champions masih belum diketahui

Sejauh ini hingga hari Jumat 19 Mei 2017 saat berita ini diturunkan, hanya Sevilla ( Spanyol ) dan Sporting Lisbon ( Portugal ) yang sudah memastikan diri berada di babak play-off Liga Champions. Di Jerman masih diperebutkan oleh Dortmund dan Hoffenheim, di Italia karena hanya Tiga tim yang lolos ke Liga Champions, maka tim peringkat ke Tiga akan berjuang dari babak play-off yang berarti antara AS Roma atau Napoli.

DAFTAR GRATIS SBOBET BOLA MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU RAIH CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK

Apa Yang Dibutuhkan Liverpool Agar Terhindar Dari Skenario Tersebut

Sederhananya inilah yang perlu diharapkan oleh pendukung Liverpool agar terhindar dari pertemuan-pertemuan berat di babak Play-off ini ….

  1. Liverpool Finish Peringkat Ke Tiga – Jika ini yang terjadi, maka Liverpool tak perlu mengkhawatirkan atau memikirkan tetek bengek koefisien diatas. Liverpool akan langsung masuk ke babak penyisihan grup Liga Champions untuk pertama kalinya sejak tahun 2014. Jika Manchester City atau Arsenal yang ada di peringkat ke Empat maka kedua tim tersebut akan memastikan mendapatkan status sebagai tim unggulan di babak Play-off
  2. Sederhana, Liverpool harus berada di peringkat Lima Besar dari 10 klub yang lolos ke babak play-off dalam hal skor Koefisien. Dan dengan semua kemungkinan hasil yang ada, inilah daftar klub saat ini yang bisa mencapai babak Play-Off beserta peringkat koefisien mereka. Tim-tim yang di bertulisan tebal sudah dipastikan untuk berada di babak play-off Liga Champions musim ini sementara klub yang di bold italic sudah dipastikan berada di babak kualifikasi ketiga Liga Champions

1. Borussia Dortmund (124.899)

2. Sevilla (112.771)

3. Arsenal (105.021)

4. Manchester City (100.021)

5. Napoli (88.499)

6. Zenit (87.106)

Sevilla sudah dipastikan melaju ke babak play-off Liga Champions musim depan bersama dengan Sporting Lisbon
Sevilla sudah dipastikan melaju ke babak play-off Liga Champions musim depan bersama dengan Sporting Lisbon

7. Dynamo Kiev (67.526)

8. Ajax (64.092)*

9. LIVERPOOL (56.021)

10. Roma (53.566)

12. Besiktas (45.840)

13. Viktoria Plzen (40.635)

14. CSKA Moscow (39.606)

15. Club Brugge (39.480)

16. Sporting Lisbon (36.866)

17. Gent (35.480)

18. Steaua Bucharest (35.370)

19. PAOK (35.080)

20. Young Boys (28.915)

21. Nice (16.766)

22. Istanbul Basaksehir (10.340)

23. Slavia Prague (8.135)

24. Hoffenheim (0)

Tambahan : Jika Ajax menjadi juara Europa League melawan Manchester United maka mereka akan lolos langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions. Sementara PSV yang berada di peringkat ke Tiga di Liga Belanda tidak akan mengisi Slot yang ditinggalkan oleh Ajax tersebut. Hal ini berdasarkan keputusan dari UEFA daftar akses untuk ke Liga Champions akan diberikan prioritas khusus sesuai daftar akses untuk musim 2017-2018. Dan bagaimana pun juga tim tersebut tidak mungkin akan lebih tinggi tingkat koefisiennya dibandingkan Liverpool

Manchester City akan menghadapi tuan rumah Watford di pertandingan terakhirnya di Liga Inggris
Manchester City akan menghadapi tuan rumah Watford di pertandingan terakhirnya di Liga Inggris

Bagaimana Caranya Agar Liverpool Berada di Peringkat Lima Koefisien

Seperti yang bisa kita lihat bersama, Liverpool ternyata berada di peringkat ke sembilan dalam daftar koefisien peserta play-off yang mungkin terjadi dan mereka perlu untuk berada di peringkat lima besar jika ingin terhindar dari malapetaka bertemu dengan tim unggulan di babak play-off.

Kita coba berandai-andai dengan tetap menempatkan Liverpool di peringkat ke Empat liga Inggris musim ini yang berarti Arsenal dan Manchester City kita hapus dari daftar diatas karena salah satu dari kedua tim diatas akan langsung ke babak penyisihan Liga Champions sedangkan satu tim lagi ke Europa League.

Dengan tiadanya Arsenal dan City maka Liverpool naik dua peringkat ke urutan ke Tujuh peringkat koefisien tersebut. Dan mereka masih perlu untuk memindahkan dua tim diatas mereka agar Liverpool berada di peringkat Lima Besar dan ini berarti dua skenario dari beberapa kemungkinan yang ada di bawah ini harus terjadi :

  1. Borussia Dortmund harus finish ke Tiga di Bundesliga diatas Hoffenheim. Kedua tim saat ini memiliki poin yang sama ( 61 ) namun Dortmund unggul dalam hal selisih gol. Dortmund di pertandingan terakhir akan menjamu Werder Bremen sementara Hoffenheim menjamu Augsburg. Jika Dortmund finish di tempat ke Tiga, maka Hoffenheim yang masuk babak play-off Liga Champions. Namun peringkat Hoffenheim lebih rendah dibandingkan Liverpool.
  2. Napoli harus menyalip AS Roma di peringkat kedua Serie A. Roma saat ini berada 1 poin diatas Napoli pada peringkat klasemen Serie A dengan dua pertandingan yang tersisa musim ini.
  3. CSKA Moskow harus finish peringkat ke Dua di Liga Rusia di depan tempat ketiga yang ditempati oleh Zenit. Saat ini CSKA memang sedang berada di atas Zenit di Liga Rusia.
  4. Ajax memenangkan gelar Europa League. Ini tak perlu lagi disangsikan hampir dipastikan para penggemar Liverpool akan mendukung Ajax pada hari Rabu depan mengingat lawan mereka adalah rival abadi mereka Manchester United.
  5. Dynamo Kiev harus tidak lolos ke babak play-off Liga Champions. Tim asal Ukraina ini sudah memastikan diri lolos ke babak kualifikasi ke Tiga Liga Champions musim ini.
Walau sudah berada dalam daftar tim unggulan sekalipun, Liverpool masih berkemungkinan untuk menghadapi AS Roma di babak Play-off Liga Champions
Walau sudah berada dalam daftar tim unggulan sekalipun, Liverpool masih berkemungkinan untuk menghadapi AS Roma di babak Play-off Liga Champions

Dan Apa yang terjadi Jika Liverpool Berada dalam Lima Tim Yang di unggulkan di babak play-off

Nah, walaupun sudah mendapatkan status unggulan, tugas berat lainnya masih menunggu timnya Jurgen Klopp ini di Liga Champions musim depan. Dan kemungkinan yang tertinggi menjadi lawan mereka adalah CSKA, Besiktas, Sporting Lisbon, Hoffenheim atau AS Roma. Tetap tidak bisa dipandang sebelah mata.

Namun satu hal yang pasti, anda tidak perlu dibingungkan lagi dengan artikel ini untuk 12 bulan ke depan. Karena mulai musim depan Empat besar dari Liga Inggris akan langsung menuju babak penyisihan grup Liga Champions….. 🙂