Ada Apa Dengan Arsenal ?

0
309
Ada Apa Dengan Arsenal ?
Ada Apa Dengan Arsenal ?

Mantapbola.com, – Arsenal menderita kekalahan tandang keduanya dalam seminggu terakhir, yang terkini mereka terima dari sesama tim big four, Manchester City dengan skor 1 – 2. Kekalahan tersebut menjadikan mereka kini berselisih hingga 9 poin dengan pimpinan klasemen, Chelsea.

The Gunners, Arsenal dalam dua pertandingan terakhir tersebut berakhir unggul lebih dulu namun tak mampu mempertahankan keunggulan hingga akhirnya menelan kekalahan.

Berikut kami berikan ulasan menarik tentang penyebab kekalahan Arsenal

  • Faktor Mental
Arsenal menderita kekalahan dari Manchester City
Arsenal menderita kekalahan dari Manchester City

Arsene Wenger melakukan pekerjaannya dengan baik, saat mampu membangkitkan mental anak asuhnya ketika menang atas Stoke City 3 – 1. Kala itu mereka berada dalam posisi tertinggal terlebih dahulu namun bangkit dan akhirnya meraih 3 poin.

Namun dua pertandingan berikutnya, Arsenal menunjukkan sisi terlemahnya dalam beberapa musim terakhir ini gagal mempertahankan keunggulan dan akhirnya menelan kekalahan kala bertandang ke Goodison Park dan Etihad Stadium.

” Ini adalah Minggu-minggu yang sangat berat ” kata Wenger kepada Sky Sports. Wenger menambahkan faktor jadwal yang terlalu padat menjadi penyebab melorotnya stamina para pemainnya terutama di babak kedua. Namun Wenger menambahkan mental para pemainnya masih kuat dan mereka harus merespons kekalahan ini secepatnya.

Namun apapun itu, kekalahan ini tentu menjadi sinyal bagi Arsene Wenger. Salah satu pundit Sky Sports yang merupakan mantan pemain Manchester United, Gary Neville justru terang-terangan menyatakan tidak setuju dengan pernyataan Arsene Wenger tersebut.

” Aku tidak setuju dengan pernyataannya yang terakhir yang menyatakan mental para pemain Arsenal sedang kuat-kuatnya. Aku merasa tidak seperti itu, aku bahkan melihat sebaliknya mereka sedang berada dalam kondisi mental yang sangat turun menjelang musim sibuk di liga Inggris.

Hal senada juga diungkapkan oleh Graeme Souness.. ” Pertandingan ini ( melawan Manchester City ) seperti bayangan cermin atas pertandingan Arsenal melawan Everton. Sangat mirip…, anda lihat apa yang dilakukan oleh Everton secara taktikal. apakah ada yang berubah secara teknis ? tidak ada. Mereka hanya lebih agresif.

Dan apa yang terjadi di pertandingan hari ini ( melawan City ) juga merupakan hal tersebut. City bermain jauh lebih agresif, disamping gol, mereka menjadi tim pertama yang mendapatkan segalanya.

  • Hasil Pertandingan Besar
Arsenal saat menang dari Chelsea, yang merupakan kemenangan satu-satunya atas lawan sesama kandidat peraih gelar liga inggris musim ini
Arsenal saat menang dari Chelsea, yang merupakan kemenangan satu-satunya atas lawan sesama kandidat peraih gelar liga inggris musim ini

Berhubungan dengan masalah mental, pertandingan-pertandingan sepakbola terutama pertandingan yang mempertemukan dua tim besar tentu saja menguras emosi, mental dan fisik. Dan disinilah terlihat titik lemah terbesar Arsenal dalam beberapa musim terakhir ini.

Khusus untuk musim ini, dalam sembilan pertandingan melawan tim-tim yang berada di peringkat papan tengah kebawah, Arsenal mampu membukukan kemenangan 7 kali dan dua kali mendapatkan hasil draw. Namun perbedaan mencolok mereka dapatkan ketika berhadapan dengan tim-tim peringkat atas.

Rekor Arsenal vs Tim peringkat papan bawah dan atas

Lawan Menang Draw Kalah Points per game
Peringkat tengah ke atas 3 2 3 1.38
Peringkat tengah ke bawah 7 2 0 2.56

Dari statistik diatas terlihat sangat jelas, melawan tim yang lebih tangguh Arsenal kerap kehilangan poin-poin yang justru sangat krusial. Mereka hanya mampu menang tiga kali dari delapan kali pertandingan berlangsung. Kekalahan atas Liverpool, Everton dan Manchester City serta dua kali draw melawan Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Satu-satunya kemenangan terbaik mereka dari tiga kali kemenangan tersebut adalah kala melawan Chelsea. Hal ini justru berbeda 180 derajat dibandingkan musim lalu, dimana Wenger menyalahkan hasil-hasil melawan tim-tim kecil sebagai biang keladi kegagalan mereka mendapatkan gelar liga Inggris.

  • Faktor Fisik

Dalam pertandingan melawan Manchester City, Arsene Wenger menyalahkan keputusan wasit serta keletihan luar biasa para pemainnya sebagai faktor utama kekalahan timnya. Masuk akal memang, karena Arsenal harus melakoni 4 partai tandang dalam lima pertandingan terakhirnya.

” Aku merasa fisik pemain kami menurun sangat tajam di babak kedua ” kata Wenger. Anda dapat melihatnya, ketika kami memenangkan perebutan bola, pemain-pemain lainnya tidak secara cepat lagi mampu bergerak mencari ruang dan hal tersebut membuka ruang bagi City untuk melakukan tekanan kepada kami dan memenangkan kembali bola. Kami kehilangan bola jauh lebih banyak dibandingkan di babak pertama” keluh Wenger.

Jika dilihat dari statistik dua pertandingan Arsenal memang menunjukkan hal yang telah disebutkan oleh Arsene Wenger tersebut. Di pertandingan pertama melawan Everton jarak tempuh pemain-pemain Arsenal dibabak pertama dan kedua adalah 108 km di babak pertama dan 106 km di babak kedua.

Melawan Manchester City adalah 117 km di babak pertama serta 112 dibabak kedua. Jadi memang penurunan stamina dan fisik bisa jadi menjadi salah satu faktor kekalahan Arsenal. Namun perlu untuk diingat, mayoritas tim-tim Premier League lainnya juga memainkan pertandingan di tengah pekan dan akhir pekan, jadi faktor jadwal pertandingan tak bisa disalahkan.

  • Cedera

Berhubungan dengan faktor ketiga, jika pemain terus dipaksa untuk memainkan pertandingan dengan situasi stamina dan fisik yang tidak memadai maka resiko cedera akan menghantui. Arsenal tak terkecuali, daftar cedera pemain Arsenal hingga minggu ini bahkan menempati peringkat kedua terbanyak diantara seluruh tim-tim premier league.

Pemain Yang saat ini Cedera, sumber physioroom.com

Club Total pemain cedera
Sunderland 9
Arsenal 8
Crystal Palace 8
Liverpool 8
Hull City 7

Arsenal harus melawan Manchester United dan Paris Saint Germain ketika bek kanan mereka Hector Bellerin menepi. Shkordan Mustafi yang tampak sangat secara fisik dan mental dan selalu bermain sejak kedatangannya di musim panas lalu akhirnya tumbang yang berakibat mahal bagi Arsenal, menelan dua kekalahan beruntun.

Untuk saat ini secara keseluruhan Arsenal memiliki 8 pemain yang sudah dipastikan mengalami cedera. Pemain terakhir yang harus masuk ruang perawatan adalah Alex Oxlade-Chamberlain. Hanya Sunderland satu-satunya tim di liga Inggris yang memiliki daftar pemain cedera lebih banyak dibandingkan Arsenal.

  • Rapuhnya Lini Belakang
Petr Cech gagal meraih clean sheet dalam 8 pertandingan liga Inggris musim ini
Petr Cech gagal meraih clean sheet dalam 8 pertandingan liga Inggris musim ini

Untuk pertama kali sepanjang karirnya di liga Inggris, Petr Cech gagal mendapatkan clean sheet. Itu adalah gambaran dari konsistensi dan tangguhnya penjaga gawang asal Republik Ceko tersebut namun sekaligus gambaran betapa rapuhnya lini belakang Arsenal.

Secara keseluruhan memang masih mereka masih memiliki rekor kebobolan yang lebih baik dibandingkan dua tim yang berada di atas mereka yakni Liverpool dan Manchester City, namun dalam wawancaranya Wenger mengungkapkan ” Jika anda menginginkan berada di atas, anda harus mampu bermain clean sheet.