Sempat Tertinggal 2 Gol, Indonesia Mampu Bangkit Imbangi Vietnam

0
202

Timnas Indonesia kembali mendapatkan hasil positif pada laga uji coba. Melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (9/10/2016), Timnas Indonesia sukses memaksakan skor 2-2 meski sempat tertinggal 0-2 lebih dulu.

Babak pertama, Timnas Indonesia sukses mengejutkan Vietnam. Pasalnya, mereka mampu memaksa Vietnam, tim yang baru mengalahkan Korea Utara 5-2, dengan skor 2-2. Hebatnya lagi, Timnas Indonesia sempat tertinggal 0-2 lebih dulu.

Vietnam sudah membuka keunggulan saat laga baru berjalan empat menit. Le Van Thang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang gagal diamankan kiper Andritany Ardhiyasa. Sembilan menit kemudian, Vietnam sukses menambah keunggulan.

Umpan lambung Nguyen Trong Hoang dari sisi kanan gawang Andritany disambut Vu Minh Tuan yang berdiri bebas tanpa kawalanan. Untungnya, tertinggal dua gol tak membuat semangat anak asuh Alfred Riedl mengendur.

Gol pembangkit semangat Timnas Indonesia dicetak Zulham Zamrun lewat tendangan bebas di menit ke-26. Lalu, Zulham juga memberikan andilnya pada gol yang dicetak Irfan Bachdim di menit ke-28.

Di awal babak kedua, Riedl melakukan dua pergantian dengan memasukkan Abduh Lestaluhu dan Bayu Pradana untuk menggantikan Dedi Kusnadar dan Abdul Rachman. Kubu Vietnam juga melakukan beberapa pergantian, termasuk memasukkan Le Cong Vinh yang notabene pemain andalan mereka di menit 53.

Meski memasukkan beberapa tenaga baru, tempo permainan justru jauh lebih menurun dibandingkan babak pertama. Indonesia memang lebih unggul dalam penguasaan bola. Namun, mereka juga kesulitan menciptakan peluang-peluang yang mengancam gawang Vietnam.

Di kubu Vietnam, mereka sempat mendapatkan peluang emas di menit ke-72. Berawal dari sepak pojok, Troung Dinh Luat melepaskan sundulan yang nyaris menjebol gawang Andritany. Untungnya, bola sundulan Dinh Luat masih menyamping ke sisi kanan gawang Timnas Indonesia.

Di menit ke-78, serangan Timnas Indonesia sempat merepotkan lini belakang Vietnam. Ferdinand Sinaga yang baru masuk menggantikan Irfan memiliki peluang yang gagal dimaksimalkan. Lalu, Rizky Pora yang menyerang dari sisi kanan gawang Vietnam melepaskan tendangan yang masih bisa diantisipasi kiper Tran Nguyen Manh.

Di sisa waktu, tempo permainan kedua tim tak berubah. Alhasil, skor 2-2 bertahan hingga pertandingan bubar. Meski gagal menang, ini sudah menjadi hasil yang positif bagi Timnas Indonesia bisa menahan imbang Vietnam.