Indonesia 2 – 2 Vietnam, Timnas Lolos Ke Final AFF

0
247
Indonesia 2 - 2 Vietnam, Timnas Lolos Ke Final AFF
Indonesia 2 - 2 Vietnam, Timnas Lolos Ke Final AFF

Sebuah pertandingan dramatis terjadi dalam laga semifinal Piala AFF Suzuki Cup 2016 antara Indonesia berhadapan dengan Vietnam. Saking serunya pertandingan bahkan berlangsung hingga babak perpanjangan waktu, namun keberuntungan masih berpihak ke tim nasional Indonesia dengan mencetak gol di babak tambahan waktu untuk memastikan salah satu tempat di babak final.

Berlaga di stadion My Dinh, Hanoi Vietnam. Indonesia yang di leg pertama lalu berhasil menang dengan skor tipis 2 – 1 atas Vietnam berhasil memetik hasil seri 2 – 2 sehingga menjadikan agregat 4 – 3 untuk keunggulan tim nasional Indonesia. Untuk pertama kalinya sejak tahun 2010, Tim Garuda akhirnya melaju ke babak final.

Vietnam yang didukung oleh ribuan suporternya, sedari menit awal langsung bermain menggebrak. Dorongan semangat dari suporternya tersebut, praktis membuat tim asuhan Alfred Riedl tak mampu mengembangkan permainan. Praktis sepanjang awal-awal babak pertama tim merah putih hanya mampu bermain bertahan.

Namun untungnya penyerang-penyerang The Golden Stars, julukan tim nasional Vietnam tidak mampu mencetak gol ke gawang yang dijaga oleh Kurnia Meiga. Hingga babak pertama berakhir kedua kesebelasan tidak mampu mencetak gol dan berakhir dengan kedudukan 0 – 0.

Di babak kedua, tepatnya menit ke 54, Indonesia berhasil mencetak gol terlebih dahulu lewat Lilipaly. Memanfaatkan umpan crosing Boaz Salossa yang tidak sempurna dihalau oleh pemain belakang Vietnam, bola justru bergulir kearah gawang yang tidak bisa diamankan oleh penjaga gawang. Lilipaly tidak kesulitan mencocor bola kearah gawang.

Keunggulan ini menjadikan Indonesia diatas angin, apalagi di menit ke 77 penjaga gawang Vietnam menerima kartu merah langsung setelah terlibat insiden menendang salah satu pemain Indonesia. Masalah bertambah pelik bagi Vietnam, karena mereka telah melakukan pergantian pemain sebanyak 3 kali, sehingga mau tidak mau pemain belakang Qui Ngoc Hai menjadi penjaga gawang.

Namun justru di saat kesulitan inilah pemain Vietnam mampu menyulitkan Indonesia. Bermain dengan semangat juang tinggi dan pantang menyerah mereka mampu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke 83 lewat Vu Van Thanh. Bahkan di menit extra time mereka mampu mencetak gol yang menjadikan kedudukan menjadi 2 – 1 lewat Vu Minh Tuan. Kedudukan 2-1 ini praktis harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu.

Namun di babak perpanjangan waktu, Indonesia akhirnya berhasil mengunci skor sekaligus mencetak sebuah gol untuk menjadikan kedudukan menjadi 2-2. Dengan agregat 4-3 maka Indonesia lebih berhak untuk maju ke babak final. Hasil ini tentu menjadi kemunduran bagi Vietnam yang dua tahun lalu juga kandas dari Malaysia.

Sebaliknya bagi Indonesia, hasil ini jelas merupakan kemajuan mengingat Indonesia yang tidak lagi bermain di ajang resmi sejak 2 tahun belakangan ini. Final ini sekaligus menjadi final kelima Indonesia kejuaraan tertinggi sepakbola Asia Tenggara.