Sejarah Hari Ini (24 November): Gol Ke-100 Fabrizio Miccoli Di Serie A Italia

0
222

Sejarah Hari Ini (24 November): Gol Ke-100 Fabrizio Miccoli Di Serie A Italia 

Mantap bola 24 November 2016

Miccoli sukses mencatatkan namanya di jajaran penyerang papan atas yang mampu mencetak 100 gol di Serie A.

APA MOMEN BERSEJARAH HARI INI?

Pada 24 November 2012 Fabrizio Miccoli sukses mencetak gol ke-100 di Serie A Italia. Mantan pemain Juventus itu mencetak satu gol untuk Palermo saat timnya menang 3-1 atas Catania dalam laga Derby di Sicilia.

Miccoli tercatat sebagai pemain yang mampu mencetak 100 gol di Serie A setelah sukses menjebol gawang Catania saat laga yang berlangsung di Renzo Barbera itu memasuki menit ke-10.

Tendangan keras Miccoli yang berada sedikit luar kotak penalti mengarah ke pojok kanan atas gawang tak mampu diantasipasi oleh kiper Catania Mariano Andujar. Dua gol lain Palermo di cetak Josip Ilicic, sementara gol balasan Catania dicetak Francesco Lodi.

 

MOMEN INI PENTING KARENA…

Mencetak 100 gol di Serie A Italia tentu pencapaian yang hebat bagi seorang penyerang. Catatan gol tersebut membuatnya berada di jajaran penyerang top yang mampu mencetak 100 gol di Serie A beberapa di antaranya adalah Oliver Bierhoff (103 gol), Christian Vieri (142), Filippo Inzaghi (156), hingga Alessandro Del Piero (188).

Miccoli pun sempat menyatakan mencetak gol ke-100 di Serie A adalah pencapaian yang sangat hebat. “Seratus gol akan menjadi pencapaian besar bagi saya,” ujar Miccoli kepada Sky Sport Italia pada 2012 lalu.

Di awal kariernya Miccoli digadang-gadang bisa menjadi penerus Alessandro Del Piero oleh media-media Italia. Pada awal musim 2002/03 Juventus yang kala itu masih dilatih Marcelo Lippi pun memutuskan untuk merekrutnya dari klub Serie B Ternana, namun langsung dipinjamkan ke Perugia.

Di Perugia Miccoli mampu menunjukkan performa bagus. Ia menjadi top scorer Coppa Italia 2002/03 dengan raihan lima gol dan sukses membawa timnya melaju hingga babak semi-final.

Miccoli kembali ke Juventus pada musim 2003/04. Di musim tersebut Miccoli mampu mencetak 10 gol dan tiga assist dalam 38 penampilannya di semua kompetisi bersama Juve.

Namun pada musim 2004/05 Miccoli tak masuk dalam rencana pelatih baru Juve saat itu Fabio Capello. Penyerang yang memiliki tinggi badan 168 cm itu kemudian dilepas ke Fiorentina, Juventus sepakat untuk membagi kepemilikan atas Miccoli. Bersama La Viola ia sukses mencetak 12 gol di Serie A pada musim tersebut.

Setelah semusim membela Fiorentina Miccoli kembali ke Juventus namun langsung dipinjamkan ke klub raksasa Portugal Benfica. Selama dua musim di Portugal Miccoli sukses mempersembahkan gelar Piala Super Portugal 2006.

Miccoli kemudian kembali ke Italia untuk bergabung bersama Palermo pada musim 2007/08. Di klub tersebut ia mulai memiliki karier yang lebih stabil dan menunjukkan ketajamannya. Dalam enam musim membela Palermo Miccoli mencetak 81 gol dan 49 assist dalam 179 penampilannya.

Setelah membela Palermo Miccoli pindah ke Lecce, klub idola masa kecilnya, dan bermain di sana pada 2013 hingga 2015 untuk berlaga di Lega Pro (kompetisi kasta ketiga Liga Italia). Setelah itu ia kemudian berpetualang ke Malta bergabung dengan Birkirkara.

HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI

Pada 16 Desember 2015 Fabrizio Miccoli mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola profesional di usia 36 tahun.

Saat pensiun Miccoli tercatat dalam jajaran penyerang top yang mampu mencetak 100 gol di Serie A. Ia mampu mencetak 103 gol dalam 259 penampilannya di kompetisi teratas di Italia tersebut. Ia mencetak sembilan gol untuk Perugia, delapan untuk Juventus, 12 gol bersama Fiorentina, dan 74 gol saat berseragam Palermo.

Total perolehan gol Miccoli di Serie A sama dengan torehan Sergio Clerici, Adrian Mutu, dan Oliver Bierhoff.

Miccoli juga sempat membela timnas Italia. Ia tampil dalam 10 laga dan mencetak dua gol untuk tim Azzurri.

Miccoli melakoni debut untuk timnas Italia pada 12 Februari 2003 di laga uji coba kontra Portugal yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Italia.

Di laga itu ia bukan satu-satunya pemain yang melakoni debut untuk di timnas senior Italia yang kala itu dilatih Giovanni Trapattoni. Pemain lain yang juga mencatatkan penampilan pertamanya untuk timnas Italia di laga tersebut adalah Mauro Camoranesi dan Bernardo Corradi.

 

DATA & FAKTA PERTANDINGAN

Palermo 3-1 Catania | Serie A Italia

Pencetak gol: (F. Miccoli 10′, J. Ilicic 49′, 60′; F. Lodi 71′)

Tanggal: 24 November 2012 | Stadion: Renzo Barbera, Palermo | Penonton: 20.969 | Wasit: A. Romero.

Susunan Pemain

Palermo: Benussi; Munoz, Donati, Von Bergen (Pisano 75′); Morganella, Arevalo Rios, Kurtic, Garcia; Ilicic, Brienza (Viola 86′); Miccoli (Dybala 66′).

Catania: Andujar; Alvarez, Legrottaglie, Spolli (Capuano 86′), Marchese; Izco (Castro 44′), Lodi, Almiron; Barrientos, Morimoto (Doukara 64′), Gomez.