Ronaldo Hattrick, Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2016

0
203

Ronaldo Hattrick, Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2016 

Mantap Bola 18 Desember 2016

Real Madrid sukses jadi juara Piala Dunia Antarklub 2016 usai mengalahkan Kashima Antlers 4-2 di partai final di Nissan Stadium di Yokahama, Jepang, Minggu (18/12).

Pertandingan ini tak berjalan semudah yang dibayangkan oleh Madrid. Sebab Kashima Antlers memberikan perlawanan luar biasa dan bahkan sempat unggul pula berkat brace Gaku Shibasaki. Namun akhirnya hattrick Cristiano Ronaldo plus gol Karim Benzema mengakhiri perlawanan tim asal Jepang tersebut.

Kedua tim mengawali pertandingan ini dengan bermain dengan cukup santai. Namun kemudian Madrid secara perlahan berusaha mendominasi jalannya pertandingan.

Hanya butuh delapan menit bagi pasukan Zinedine Zidane itu untuk kemudian mencetak gol di laga ini. Bola sapuan pemain Antlers jatuh ke kaki Modric di ujung garis kotak penalti. Pemain asal Kroasia itu langsung melepas tendangan voli. Bola memang masih bisa ditepis oleh kiper lawan, namun bola rebound langsung disambar oleh Benzema. Skor kini menjadi 1-0.

Sang lawan langsung meningkatkan tempo permainan. Semenit usai terciptanya gol tersebut, mereka langsung mengancam gawang Madrid. Namun sepakannya Ogasawara melambung tipis dari sasaran.

Tim asal Jepang itu bermain kian semangat untuk menyusul ketertinggalannya. Dan usaha mereka akhirnya baru membuahkan hasil pada menit ke-43. Doi sukses menembus pertahanan kanan El Real dan mengirim umpan crossing ke tengah kotak penalti. Di sana ada Gaku Shibasaki yang berdiri bebas. Bola sempat lepas dari penguasaannya namun tak ada pemain Madrid yang sanggup membuang bola. Shibasaki akhirnya menendang bola dengan kaki kirinya. Gol! 1-1.

Pertandingan babak pertama ini akhirnya berakhir dengan skor 1-1.

Madrid kemudian berusaha menguasai jalannya laga lagi di babak kedua. Akan tetapi mereka justru gagal mencegah lawan mencetak gol keduanya.

Di menit ke-52, Shibasaki berhasil memenangkan perebutan bola tak jauh dari depan kotak penalti Madrid. Ia kemudian sempat mengecoh tiga pemain lawan sebelum melepas sepakan keras dengan kaki kirinya. Bola yang mengarah ke pojok kanan bawah tak sanggup diantisipasi oleh Navas. Skor kini menjadi 1-2 untuk keunggulan Antlers.

Tersengat dengan gol tersebut, Madrid lantas bangkit dan mengubah taktiknya. Alhasil mereka kian dominan di laga tersebut dan serangan mereka makin tajam.
Madrid akhirnya mendapat apa yang mereka cari-cari di laga tersebut. Di menit ke-58, Yamamoto melanggar Vasquez di dalam kotak penalti. Di menit ke-60, Cristiano Ronaldo sukses mengeksekusi tendangan dari titik 12 pas tersebut dengan sempurna. Skor kini menjadi 2-2.

Madrid yang dominan kemudian berhasil mencetak gol lagi di menit ke-73. Sepakan Benzema dari dalam kotak penalti sukses dibendung Sogahata. Namun bola rebound langusng disambar oleh Ronaldo dan gol. Akan tetapi wasit menganulirnya karena cR7 sudah offside terlebih dahulu.

Setelah gol tersebut, kedua tim, khususnya Madrid, tak bisa lagi menambah pundi-pundi golnya. Itu artinya pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time.

El Real masih tetap dominan. Dan di menit ke-97, mereka akhirnya kembali mencetak gol. Ronaldo berhasil lolos dari jebakan offside dan bisa memanfaatkan umpan Benzema secara sempurna dengan sepakan kaki kirinya.

Antlers tak mau tertekan begitu saja. Mereka menunggu kesempatan yang tepat untuk menyerang. Dan satu serangan mereka sempat membahayakan gawang El Real lagi. Namun tendangan Suzuki masih menerpa mistar gawang.

Namun tak berapa lama, tepatnya di menit ke 104, Madrid kembali mencetak gol. Lagi-lagi Ronaldo yang mencatatkan namanya di papan skor, memanfaatkan umpan Kroos.

Gol itu akhirnya menjadi penutup pertandingan tersebut. Madrid keluar sebagai pemenang Piala Dunia Antarklub 2016.

Susunan Pemain:
Real Madrid (4-3-3): Navas; Carvajal, Sergio Ramos (Fernandez 108′), Varane, Marcelo; Kroos, Modric (Kovacic 105′), Casemiro; Vazquez (Isco 81′), Ronaldo (Morata 112′), Benzema.

Kashima Antlers (4-4-2): Sogahata; Nishi, Ueda, Shoji, Yamamoto; Endo (Ito 103′), Nagaki (Akasaki 114′), Ogasawara (Messias 68′), Shibasaki; Doi (Suzuki 88′), Kanazaki.