Laporan Pertandingan: Rostov 3-2 Bayern Munich

0
229

Laporan Pertandingan: Rostov 3-2 Bayern Munich 

Mantap bola 24 November 2016

Untuk pertama kalinya Bayern kalah dari klub asal Rusia di ajang Liga Champions.

Rostov mampu meraih kemenangan pertamanya sepanjang sejarah di ajang Liga Champions dan mencatatkan namanya sebagai klub Rusia pertama yang mampu mengalahkan Bayern Munich di ajang paling bergengsi bagi klub-klub Eropa tersebut.

Meski kebobolan lebih dulu, mereka sukses menang 3-2 atas Bayern pada laga matchday lima Grup D Liga Champions, Kamis (24/11) dini hari WIB.

Bayern mampu mendominasi berjalannya laga, namun lini serang mereka kurang efektif dalam membongkar pertahanan Rostov pada laga yang berlangsung di Stadion Olimp-2 tersebut.

Peluang untuk mencetak gol pertama di laga tersebut tercipta pada menit ke-23. Bek Bayern Holger Badstuber mampu menyundul bola hasil sepak pojok Douglas Costa, namun sundulan tersebut masih bisa diantisipasi kiper Rostov Soslan Dzhanaev.

Gol pertama di laga ini tercipta saat laga memasuki menit ke-36. Bayern mampu unggul 1-0 lewat gol Douglas Costa. Pemain asal Brasil tersebut mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Rostov. Gol itu juga menjadi gol ke-400 Bayern di ajang Liga Champions.

Satu menit jelang berakhirnya babak pertama Rostov mampu membalas. Kesalahan Douglas Costa dalam melepas operan ke lini belakang dapat dimanfaatkan oleh Dimitriy Poloz. Pemain berusia 25 tahun itu kemudian memberikan umpan kepada Sardar Azmoun.

Penyerang Iran berusia 21 tahun itu kemudian dengan cerdik mengecoh Jerome Boateng sebelum melepaskan tendangan yang sukses menjebol gawang Bayern yang dijaga Sven Ulreich.

Di awal babak kedua Rostov mampu unggul 2-1 atas Bayern. Memasuki menit ke-49, Boateng melakukan pelanggaran terhadap Christian Noboa di kotak penalti Bayern, wasit pun menunjuk titik putih dan mengeluarkan kartu kuning untuk Boateng. Poloz kemudian sukses menjalankan tugasnya dalam mengeksekusi penalti.

Bayern langsung bangkit, tiga menit kemudian tim asuhan Carlo Ancelotti tersebut mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Juan Bernat sukses menjebol gawang Rostov usai membangun kerjasama yang bagus dengan Franck Ribery dan Renato Sanches dalam membongkar pertahanan lawan.

Gol kemenangan Rostov tercipta di menit ke-66. Tendangan bebas indah Noboa tak dapat diantisipasi Ulreich. Kedudukan pun berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan tim asuhan Ivan Daniliants tersebut.

Kemenangan tersebut membawa Rostov menempati posisi ketiga klasemen Grup D dengan raihan empat poin. Mereka memang sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champions namun masih bisa bersaing dengan PSV Eindhoven untuk lolos ke 32 besar Liga Europa.

Sementara Bayern tetap menempati peringkat kedua dengan perolehan sembilan poin. Peluang Bayern untuk menjadi juara grup akan musnah jika Atletico Madrid sukses mengalahkan PSV di laga matchday lima Liga Champions.

Kekalahan dari Rostov menjadi kekalahan kedua secara beruntun bagi Bayern musim ini setelah sebelumnya kalah 1-0 di laga besar Der Klassiker dari Borussia Dortmund dalam ajang Bundesliga Jerman, Sabtu (19/11).