Laporan Pertandingan: Manchester United 1-1 Arsenal

0
173

 

Laporan Pertandingan: Manchester United 1-1 Arsenal 

Mantap bola 19 November 2016

Arsenal sukses mencuri poin di Old Trafford berkat gol Olivier Giroud memanfaatkan umpan silang Alex Oxlade-Chamberlaindi penghujung laga.

Manchester United mengawali laga dengan tancap gas, pertahanan Arsenal sempat panik dan memaksa Elneny melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti ketika laga baru berjalan lima menit.

Juan Mata menjadi eksekutor untuk mencari gol cepat, tetapi sayang arah bola masih melenceng tipis sehingga belum membahayakan gawang yang dikawal Petr Cech.

The Gunners langsung merespons dengan sangat baik dua menit kemudian, berawal dari tendangan penjuru yang dimentahkan lini belakang United, Walcott mengirim kembali bola ke kotak penalti dan mengarah pada Sanchez beberapa meter di depan gawang, tapi tandukannya tak terarah.

Kedua tim kemudian kesulitan mendapatkan peluang-peluang setelah awal yang menegangkan, kedisiplinan masing-masing pertahanan membuat para penyerang tampak mati kutu.

Tempo kembali memuncak pada sepuluh menit terakhir dengan United mengambil momentum setelah insiden perebutan bola Valencia dan Monreal di kotak penalti yang membuat Jose Mourinho mencak-mencak karena wasit tidak menghadiahi penalti pada timnya.

Setan Merah terus menggempur Arsenal dan tim tamu beruntung memiliki kiper sehebat Petr Cech yang mampu menepis tembakan akurat Mata dan Martial sehingga paruh pertama berakhir imbang tanpa gol.

Arsenal mencoba mengambil alih momentum dengan langsung menekan dan mendapat tendangan sudut ketika paruh kedua belum genap satu menit. Tetapi, tidak ada yang membahayakan gawang David De Gea dan United mampu melanjutkan momentum sebelumnya.

Pergerakan Rashford dan Martial merepotkan pertahanan Arsenal yang digalang Shkodran Mustafi dan Laurent Koscielny, beberapa kali tembakan dilepaskan namun mentah diblok bek tim tamu.

Sekitar satu jam pertandingan berjalan, Jose Mourinho mencoba mengubah skema penyerangan dengan mengganti Martial dan memasukkan Wayne Rooney, dengan striker timnas Inggris itu diplot sebagai ujung tombak.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan United akhirnya berbuah pada menit ke-69, Pogba mengirim bola pada Herrera yang kemudian melakukan umpan tarik pada Juan Mata yang datang dari belakang untuk menyambut bola dengan tembakan mendatar. Cech tidak dapat menjangkau bola dan skor berubah menjadi 1-0.

Lima menit kemudian, Wenger akhirnya melakukan perubahan dengan memasukkan Olivier Giroud menggantikan Elneny.  Tetapi, United yang kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-80 ketika umpan silang Blind mengarah pada Rojo di kotak penalti, sayang tandukan bek tuan rumah itu masih melenceng.

Granit Xhaka dan Oxlade Chamberlain dimasukkan Wenger di sepuluh menit terakhir yang jelas dengan tujuan mencari gol penyama, sementara Mourinho mencoba memperkuat lapisan pertahanan dengan memasukkan Schneiderlin.

Pergantian pemain yang dilakukan Wenger kemudian terbukti lebih jitu, umpan silang Ox ditanduk dengan sempurna oleh Giroud untuk menyamakan skor ketika laga menyisakan satu menit. Hasil imbang 1-1 bertahan di sisa waktu yang ada.

Tambahan satu angka memastikan The Gunners bertahan di empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris, dan United harus puas tertahan di posisi enam dengan terancam tergusur jika Everton sukses meraih kemenangan di laga malam ini (19/11).