Jerman Masih Tanpa Cela, Irlandia Utara Tak Berdaya

0
180

Timnas Jerman masih meneruskan start sempurna di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa usai mengalahkan Irlandia Utara 2-0.

Pada laga Grup C yang dihelat di HDI-Arena, Hannover, Rabu (12/10/2016) dinihari WIB, seluruh gol Jerman tercipta di 20 menit babak pertama lewat Julian Draxler serta Sami Khedira.

Jerman tampil agresif dengan 15 attempts tapi hanya lima yang on target. Sementara Irlandia Utara cuma diberi empat kali attempts dengan dua on target.

Tambahan tiga poin membuat posisi Jerman kokoh di puncak klasemen dengan 9 poin dari tiga laga, unggul dua angka dari Azerbaijan di posisi kedua klasemen. Irlandia Utara dengan 4 poin duduk di posisi ketiga.

Jalannya Pertandingan

Jerman tak mengubah sama sekali susunan pemain seperti saat mengalahkan Republik Ceko 3-0 berapa hari lalu. Alhasil, Jerman pun masih terlalu kuat untuk Irlandia Utara.

Baru tiga menit laga berjalan, kiper Irlandia Utara, Michael McGovern, berjibaku usai menepis tandukan Mario Goetze dari jarak dekat.

Di menit ketujuh serbuan Jerman dari sisi kiri yang dibangun Jonas Hector nyaris membahayakan gawang Irlandia Utara sebelum bola crossing ke kotak penalti dipotong Gareth McAuley.

Jerman akhirnya unggul di menit ke-13 usai Draxler menjebol jala McGovern. Diawali serangan yang dibangun sempurna oleh para pemain Jerman, Draxler dengan mudah melepaskan sepakan ke tiang jauh dari dalam kotak penalti dan bersarang di pojok atas gawang tim tamu.

Empat menit kemudian dari situasi sepak pojok, bola diarahkan ke kepala Mats Hummels yang mengopernya ke depan gawang. Di sana ada Khedira yang menanduknya lagi ke dalam jala untuk membawa Jerman memimpin 2-0.

Attempts on target pertama Irlandia Utara didapat di menit ke-27 tapi sepakan Johny Evans tepat mengarah ke pelukan Manuel Neuer.

Di menit ke-33 McGovern harus bersusah payah menepis crossing Toni Kroos ke arah Joshua Kimmich di tiang jauh.

Josh Magennis di menit ke-39 memaksa Neuer untuk menepis sepakannya dari dalam kotak penalti yang mengarah ke tiang dekat.

Menurut catatan Opta, Jerman untuk ke-37 laga beruntun di Kualifikasi Piala Dunia, selalu berhasil bikin gol. Terakhir kali Jerman gagal bikin gol adalah saat bermain imbang 0-0 dengan Ukraina Juni 1997.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Jerman masih mendominasi jalannya pertandingan di babak kedua. Salah satu peluang terbaik Jerman hadir di menit ke-56 ketika bola panjang dari Jerome Boateng disambut tandukan Goetze tapi masih bisa dihadang bek Irlandia Utara.

Beberapa menit sebelumnya McGovern juga harus bersusah payah menepis sepakan Khedira.

Irlandia Utara coba mencuri peluang setelah Jerman menurunkan tekanannya, tapi upaya itu sia-sia karena ketatnya pertahanan tuan rumah. Sementara Jerman relatif bermain aman dan tak banyak melancarkan serangan ke gawang lawan.

Sampai peluit panjang wasit berbunyi, skor 2-0 tetap bertahan.