Rivalitas Panas di Sepanjang Sejarah Olahraga

0
340
Rivalitas Panas di Sepanjang Sejarah Olahraga
Rivalitas Panas di Sepanjang Sejarah Olahraga

Rivalitas Panas di Sepanjang Sejarah Olahraga, – Rivalitas atau memiliki saingan utama akan sangat mudah didapatkan apalagi jika anda sedang berada dalam puncak penampilan terbaik di dunia olahraga. Salah satu alasan utama kita untuk menonton sebuah pertandingan olahraga adalah bentuk kecintaan kita atau menjadi seorang penggemar dari seorang individu atau sebuah tim. Dan jika kita berbicara tentang olahraga-olahraga elit atau populer di dunia, maka akan mudah sekali menemukan rival utama dari klub atau individu favorit kita.

Sebuah pertandingan ketika jadwal format liga sedang diumumkan akan harap-harap cemas apakah tim mereka akan mendapatkan peluang yang lebih baik dibandingkan rival utama mereka dan biasanya akan ada beberapa pertandingan yang ditandai dan dilabeli harus meraih kemenangan.

Sebagai contoh, ketika Pakistan bermain menghadapi India dalam kejuaraan Cricket, fans dari masing-masing pihak jelas-jelas akan berteriak lantang kalau tim mereka boleh saja kalah di seluruh pertandingan tapi tidak untuk pertandingan satu ini. Itulah yang dinamakan Rivalitas.

Hari ini, kita akan mencoba mengumpulkan kelompok-kelompok rivalitas tersengit, terpanas, terseru atau apa pun itu namanya ….

Muhammad Ali vs Joe Frazier

Muhammad Ali dikenal luas sebagai salah satu atlit paling ikonik di dunia. Namanya mulai melambung dalam dunia tinju kelas berat dunia pada tahun 1964 ketika ia mengalahkan Sonny Liston dan merebut gelar juara dunia. Tampaknya karirnya akan berjalan mulus dan akan mendominasi dunia tinju kelas berat, hingga akhirnya tantangan itu tiba bernama Joe Frazier.

Pertarungan antar kedua petinju terbaik dimasanya itu hingga kini bahkan dikenal luas sebagai Rivalitas Paling Panas dan Seru di dunia olahraga bela diri. Pertandingan mereka berlangsung hingga trilogi atau tiga pertandingan yang mengundang minat tinggi dari seluruh penonton di dunia.

Pertarungan Jilid 1 Ali vs Frazier berlangsung tahun 1971 dan ketika itu Frazier mengejutkan dunia tinju dengan mengalahkan Muhammad Ali lewat perhitungan angka. Pertandingan ini bahkan dilabeli oleh Ring Magazine sebagai ” Fight of the Year “.

Ali langsung menawarkan pertandingan ulang dengan mengklaim bahwa pertandingan pertama tersebut dia dicurangi oleh juri pertandingan. Ia mendapatkan pertandingan ulangnya tersebut pada tahun 1974 yang ketika itu Frazier juga telah kehilangan sabuk juara dari Foreman ( petinju lainnya ). Pertandingan kedua ini, Ali berhasil mengalahkan Frazier yang melahirkan pertandingan ketiga di Manila dalam sebuah pertandingan yang diberi tajuk ” Thrilla in Manila ”

Pertandingan ketiga kembali di menangkan oleh Muhammad Ali yang akhirnya memenangkan rivalitas sengitnya melawan Frazier. Namun, pertandingan mereka Jilid 1 & 3 hingga kini dianggap para kolumnis tinju dunia sebagai pertandingan terbaik yang pernah ada.

DAFTAR GRATIS SBOBET BOLA MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU RAIH CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK
Roger Federer vs Rafael Nadal

Rivalitas kedua sosok ini terjadi dalam arena tenis lapangan dunia, dan hingga kini dianggap sebagai yang paling terpanas diatas lapangan. Namun hubungan kedua pemain ini bahkan sangat baik dan mereka memiliki respek yang tinggi terhadap rival mereka. Total rivalitas keduanya berlangsung hingga 13 tahun.

Baru-baru ini, Federer memenangkan gelar Grand Slamnya yang ke 18. Jumlah itu masih lebih banyak 4 buah dibandingkan pemain manapun di dunia. Federer sudah berada di ujung karirnya karena telah berusia 35 tahun, dan ia mampu lolos ke babak final Australian Open 2017 dan ia menunggu siapakah gerangan lawannya di babak final.

Dan ternyata lawannya adalah …. Rafael Nadal. Musuh lama, rival utamanya sepanjang 13 tahun terakhir ini yang selalu menghantuinya sepanjang karir. Nadal sendiri telah mengoleksi 14 gelar Grand Slam sepanjang karirnya.

Rivalry keduanya bermula ketika Nadal mulai melambung di kancah dunia tenis profesional pada tahun 2003 silam. Kala itu dengan cepat dirinya segera menasbihkan dirinya sebagai salah satu pemain tenis terbaik di dunia dan mulai menghantui Federer yang kala itu sedang menikmati puncak karirnya.

Federer ketika itu telah memenangkan Australian Open, US Open, dan Wimbledon dan akan segera melengkapinya dengan Perancis Terbuka namun berhasil digagalkan oleh Nadal, yang dengan cepat setelah itu segera menjadi raja baru di French Open dengan memenangkan 9 gelar. Sebuah rekor yang bertahan hingga kini.

Awalnya, Nadal hanyalah seorang spesialis lapangan tanah liat ( Clay ) dan Federer mendominasi lapangan lainnya seperti Hard ( lapangan keras ) dan Grass ( lapangan rumput ), namun Nadal yang mulai memperbaiki dirinya di dua jenis lapangan lainnya tersebut akhirnya benar-benar menjadi ancaman nyata bagi Federer.

Nadal mengalahkan Federer di tahun 2008 pada Grand Slam Wimbledon dalam sebuah pertandingan yang disebut-sebut sebagai salah satu pertandingan paling banyak ditonton dalam sepanjang sejarah tenis dunia.

Sepanjang sejarah, keduanya bertemu sebanyak 35 kali dan Nadal unggul dengan 23 kali meraih kemenangan sedangkan Federer meraih 12 kali kemenangan. Suatu perbandingan yang signifikan mengingat Federer dianggap kini sebagai petenis terbaik di dunia sepanjang masa.

Namun ada yang paling menarik dan patut dicontoh oleh keduanya. Dimana mereka justru saling menyanjung dan memiliki respek yang mendalam pada saingan mereka. Bahkan mereka mengaku fans dari rival mereka sendiri. Padahal kala itu mereka berdua menguasai dunia tenis dunia selama 7-8 tahun yang terlihat dari ranking dunia ATP dimana keduanya bergantian merebut posisi pertama.

Baca juga : Daftar Juara dan Ranking Tinju Dunia 2017

Ronaldo vs Messi

Sangat gampang sekali tentunya menggambarkan betapa panasnya persaingan antara dua superstar sepakbola ini. Ronaldo dan Messi telah mendominasi dunia persepakbolaan selama kurang lebih 10 tahun terakhir. Tak banyak pemain sepakbola yang mampu melebihi apa yang sudah diraih oleh kedua pesepakbola ini sepanjang karirnya.

Seberapa panas ? coba lihat dalam 10 tahun terakhir pemain terbaik di dunia, 9 diantaranya dibagi dua antara mereka ( Ronaldo 4 dan Messi 5 ). Keduanya saat ini bermain di dua klub sepakbola terbaik di planet ini, Barcelona dan Real Madrid. Keduanya saat ini juga merupakan pemain kunci dan andalan di masing-masing kubu.

Pertemuan keduanya dalam setiap pertandingan baik itu Liga atau di kancah Eropa menjadi tontonan yang paling di tunggu oleh seluruh penggemar sepakbola di dunia.

Persaingan panas diantara keduanya tidak hanya terjadi di atas lapangan, namun juga telah berdampak di luar lapangan seperti penjualan kaus, kontrak kerjasama dan lain sebagainya. Dan menariknya, keduanya mulai muncul sebagai pemain terbaik justru di masa yang nyaris sama. Setiap tahun, ketika google merilis kata kunci yang paling dicari di seluruh dunia, maka nama keduanya akan berada di daftar 10 besar atlit dunia yang paling di cari.

Persaingan keduanya bahkan hingga mencapai tingkat tertentu seperti ketika Barcelona memberikan kontrak terbaru kepada Messi, maka Real Madrid juga akan memberikan hal serupa kepada Ronaldo dengan kontrak yang lebih tinggi dibandingkan Messi. Begitu pula sebaliknya.

Adidas membayar $20 juta pertahun kepada Messi sebagai perwakilan dari nama merek dagang mereka. Nike sebagai saingan Adidas juga melakukan hal serupa dengan membayar Ronaldo.

Ronaldo dan Messi Siapa Lebih Baik ? Mari Lihat Statistik Keduanya

Micky Ward vs Arturo Gatti

Kembali dari dunia tinju, Micky Ward adalah seorang petinju profesional asal Amerika Serikat yang memiliki karir dari tahun 1985 hingga 2003. Namun dari seluruh masanya tersebut karirnya justru menjulang ketika melakoni trilogi pertarungan melawan petinju Italia kelahiran Kanada, Arturo Gatti.

Kedua petinju ini tiga kali bertarung dan dalam setiap pertarungan mereka selalu dilabeli sebagai pertarungan terbaik tahun ini oleh Ring Magazine. Bahkan saling mendebarkannya pertarungan mereka kemudian diangkat menjadi sebuah film berjudul ” The Fighter ” yang dibintangi oleh Mark Wahlberg.

Keduanya bertemu untuk pertama kalinya pada tahun 2002 dalam sebuah pertarungan yang disebut sebagai salah satu pertandingan terbaik di sepanjang sejarah. Ward mampu memenangkan pertandingan di pertarungan pertama mereka. Dan ketika keduanya telah setuju untuk melangsungkan pertandingan ulang, Gatti mampu membalas kekalahannya yang mewujudkan terjadinya tanding ulang untuk ke tiga kalinya.

Pertarungan yang ketiga adalah yang terbaik, ketika Gatti secara luar biasa mampu bangkit usai di jatuhkan oleh Ward dan berbalik memenangkan pertandingan. Ini cuplikan pertandingan antara kedua petinju ini …

Jadwal UFC 2017

Kobe Bryant vs Shaquille O’Neal

Rivalitas yang terjadi untuk kali ini sedikit unik, karena terjadi justru dalam sebuah tim yang sama dalam pertandingan basket NBA. Rivalitas keduanya dikenal dengan julukan Shaq-Kobe Feud. Keduanya merupakan pemain yang meraih kesuksesan luar biasa di LA Lakers dari musim 1996 hingga 2004.

Mereka memenangkan pertandingan secara beruntun di NBA mulai 2000 hingga 2002. Namun Shaquille O’Neal yang terpilih menjadi MVP dalam setiap pertandingan final tersebut yang akhirnya berujung pada di jualnya Shaquille O’Neal ke Miami Heat.

Setelah 2004, pertemuan kedua tim antara tim Shaquille O’Neal dan tim Kobe Bryan dimenangkan oleh Shaquille O’Neal dengan 7 kali kemenangan dalam 11 pertemuan melawan timnya Kobe Bryan.

Profil Maverick Vinales Pembalap Baru Yamaha