Statistik Messi di Usia 30 Tahun !

0
681
Statistik Messi di Usia 30 Tahun !
Statistik Messi di Usia 30 Tahun !

Statistik Messi di Usia 30 Tahun ! – Bintang Barcelona dan Argentina, Lionel Messi baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 30 tahun. Mari sejenak kita melihat kiprah luar biasa dari pemain yang kerap di juluki titisan Maradona ini. 

Angka 30 

Sangatlah tepat kiranya apabila kita ingin melihat kilas balik dari Messi lewat kiprahnya diatas lapangan. Secara kebetulan Leo Messi mengawali karirnya di lapangan hijau menggunakan kostum bernomor 30 bersama Barcelona 16 Oktober 2004 menghadapi saingan dan rival Barcelona, Espanyol.

Awal karirnya Messi Menggunakan kostum bernomor 30, sebelum menggantinya menjadi 19 dan setelah kepergian Ronaldinho dari Barcelona ia menggunakan kostum bernomor 10 hingga kini
Awal karirnya Messi Menggunakan kostum bernomor 30, sebelum menggantinya menjadi 19 dan setelah kepergian Ronaldinho dari Barcelona ia menggunakan kostum bernomor 10 hingga kini

Deco Off, Messi On

Pemain yang digantikan oleh Messi dalam pertandingan tersebut adalah pemain asal Portugal, Deco. Pemain yang berposisi di tengah tersebut merupakan salah satu pemain Top pada tahun 2004. Deco kala itu bergabung dengan Barcelona setelah memenangkan gelar Liga Champions bersama Porto serta membantu Portugal lolos ke final Piala Eropa.

1 Mei 2005

Messi baru mencetak gol pertamanya untuk Barcelona setelah tujuh setengah bulan memulai debutnya melawan Albacete di Camp Nou. Pada prosesnya, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol bagi Barcelona di liga Spanyol ( yang nantinya akan dipatahkan oleh Bojan Krkic )

Gol yang dihasilkan oleh Messi kala itu sangat indah yang lahir dari kolaborasinya dengan bintang asal Brazil Ronaldinho. Menerima umpan lambung dari superstar asal Brazil tersebut, Messi yang berlari ke kotak penalti lawan melob bola melewati hadangan penjaga gawang Albacete.

Messi merayakan golnya kala itu dengan bergelantungan di pundak Ronaldinho. Publik Nou Camp berdiri dari tempat duduk merayakan gol tersebut seolah tahu bahwa bintang besar telah lahir.

Kartu Merah 

Messi melakukan debutnya bersama tim nasional Argentina pada bulan Agustus 2005. Saat itu ia masih berusia 18 tahun dan yang paling mengejutkan adalah ia hanya bermain di atas lapangan hanya 90 detik saja usai menerima sebuah kartu merah.

“Pertandingan itu bukan seperti yang saya impikan “katanya usai pertandingan

Messi masuk ke lapangan di babak kedua kala Argentina berhadapan dengan Hungaria. Ia menerima bola untuk pertama kalinya di atas lapangan namun pemain Hungaria Vilmos Vanczak melakukan pelanggaran keras kepadanya yang secara spontan dibalas oleh Messi dengan menendang Vanczak yang oleh wasit langsung diberikan kartu merah.

Kartu merah ini menjadi satu-satunya kartu merah yang diterimanya sepanjang karir baik untuk klub maupun negara.

Emas Olimpiade

Lionel Messi ( kiri ) bersama Sergio Aguero setelah meraih medali emas Olimpiade tahun 2008 di Beijing China
Lionel Messi ( kiri ) bersama Sergio Aguero setelah meraih medali emas Olimpiade tahun 2008 di Beijing China

Ruang Piala Messi ( kabinet pun tidak cukup untuk menyimpan koleksi piala dan penghargaan yang diterimanya ) bahkan dilengkapi pula dengan sebuah medali emas olimpiade yang didapatkannya kala membela Argentina di di Beijing pada tahun 2008. Messi mencetak dua gol di ajang tersebut dalam partai final melawan Nigeria.

Pemecahan Rekor Berusia 60 Tahun

Keberhasilan Messi di Barcelona tidak hanya menjadikan klubnya juga mencapai kesuksesan namun ia juga turut memecahkan beragam rekor yang telah lama bertahan di klub Catalan tersebut.

Di bulan Maret 2012, pemain Argentina tersebut berhasil memecahkan rekor yang telah berusia 60 tahun. Rekor ini sebelumnya tercatat atas nama Cesar Rodriguez yang bermain untuk Barcelona di era 1940-an hingga 1950-an. Rodriquez mencetak total 233 gol untuk Barcelona.

Guinness World Record

Sekali lagi tahun 2012 terbukti menjadi tahun-tahun kesuksesan bagi Messi terutama untuk pencapaian individu. Total golnya dalam semusim yang mencapai 91 gol mematahkan rekor dunia yang telah bertahan selama 40 tahun yang dipegang oleh pemain depan asal Jerman, Gerd Muller.

Muller yang saat itu diwawancarai mengatakan “Rekor saya bertahan selama 40 tahun – 85 gol dalam 60 pertandingan – dan sekarang pemain terbaik di dunia telah mematahkannya dan saya senang untuknya. Messi adalah pemain luar biasa, seorang raksasa diatas lapangan

Lima Kali Menjadi Raja di Dunia Sepakbola

Lionel Messi dengan Lima Penghargaan FIFA Balon d'Or
Lionel Messi dengan Lima Penghargaan FIFA Balon d’Or

Pencapaian lainnya yang tentu saja tidak bisa dilupakan adalah meraih Lima kali gelar FIFA Ballon d’Or dari tahun 2009 hingga 2012 dan satu lagi di tahun 2015.

Mengisi Tim Terbaik Dunia Sejak 2007

Messi selalu menjadi salah satu pemain yang berada dalam daftar pemain-pemain terbaik di FIFA FIFPro World XI Team sejak 2007.

2007 World XI 2016 World XI
GK: Gianluigi Buffon GK: Manuel Neuer
DF: Alessandro Nesta DF: Marcelo
DF: John Terry DF: Sergio Ramos
DF: Fabio Cannavaro DF: Gerard Pique
DF: Carles Puyol DF: Dani Alves
MF: Cristiano Ronaldo MF: Andres Iniesta
MF: Kaka MF: Luka Modric
MF: Steven Gerrard MF: Toni Kroos
FW: Ronaldinho FW: Cristiano Ronaldo
FW: Didier Drogba FW: Luis Suarez
FW: Lionel Messi FW: Lionel Messi

 

DAFTAR SBOBET GRATIS DAN CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK

Hanya Semusim Tanpa Gelar

Messi hanya pernah sekali tanpa gelar dalam semusim yang terjadi pada musim 2007/2008 bersama Barcelona. Kala itu Barca finish di peringkat ke tiga di La Liga. Kiprah mereka di liga champions dan Copa del Rey pun telah terhenti di babak semi final.

Double – Treble

Barcelona merupakan tim asal Spanyol pertama yang berhasil mencatatkan Treble Winner pada musim 2008/2009
Barcelona merupakan tim asal Spanyol pertama yang berhasil mencatatkan Treble Winner pada musim 2008/2009

Semusim tanpa gelar yang didapatkan Barcelona di musim 2007/2008 berbuah sangat manis semusim kemudian ketika Barcelona mencatatkan diri menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil merengkuh Treble Winner ( Juara La Liga, Juara Copa del Rey dan Juara Liga Champions dalam semusim ).

Messi total mencetak 38 gol musim tersebut yang berhasil ditingkatkannya dalam Treble kedua yang diraih oleh Barcelona pada musim 2014/2015 menjadi 58 gol.

30 Piala Dan Masih Terus Bertambah

Hingga hari ini, Messi telah mendapatkan total 30 trophy bersama Barcelona. Andres Iniesta juga memiliki perolehan trophy yang sama dengannya setelah bergabung di tim senior Barcelona sejak 2002.

Empat Final Bersama Argentina

Lionel Messi Kala gagal mencetak gol lewat adu penalti yang berujung kekalahan Argentina atas Chile di Copa Amerika 2015
Lionel Messi Kala gagal mencetak gol lewat adu penalti yang berujung kekalahan Argentina atas Chile di Copa Amerika 2016

Namun sayang kesuksesan Messi yang luar biasa bersama Barcelona tidak diikuti dengan hal serupa di tim nasional Argentina. Ini akan menjadi salah satu awan gelap sepanjang karirnya sebagai pesepakbola. Ia merasakan empat kali kekalahan dalam partai final bersama Argentina. Sekali partai final Piala Dunia ( 2014 ) dan Tiga kali partai final Copa Amerika ( 2007, 2015 dan 2016 )

Pensiun Dari Tim Nasional dan Kembali 

Kekalahan di ajang final terakhir pada Copa Amerika 2016 atas Chile di babak adu penalti berefek sangat besar bagi Messi hingga ia memutuskan untuk pensiun dari tim nasional. Keputusan yang mengakibatkan guncangan luar biasa di Argentina yang bahkan merembet hingga ke presiden Argentina.

Mauricio Macri sampai harus memanggil khusus Messi untuk membujuknya agar merubah keputusannya tersebut. Macri yang menyebut Messi adalah – Hadiah dari Tuhan – menyebutkan adalah sebuah kegagalan luar biasa apabila Messi tidak bermain bersama tim nasional Argentina. Sebulan kemudian Messi merubah keputusannya.

Namanya Menjadi Merek Global di Dunia

Messi telah tampil pada sampul depan game populer di dunia Pro Evolution Soccer dan FIFA. Tidak hanya itu, ia juga telah menjadi bintang iklan untuk merek-merek kelas dunia seperti Adidas, Pepsi dan Turkish Airlines dan banyak yang lainnya. Dengan berbagai pemasukan dan bintang-bintang iklan tersebut Messi berada di urutan terdepan atlet berpenghasilan terbesar dalam setahun.

Menurut majalah Forbes, Messi berada di peringkat ke Empat pada tahun 2017 setelah ia mendapatkan kenaikan gaji sebesar $ 53 juta ditambah $ 27 juta dari sponsor per tahun.

565 dalam 701

Kembali ke sepakbola, Kita akan melihat catatan luar biasa Messi dalam hal mencetak gol yang mencapai angka fantastis 565 gol dalam 701 penampilan bersama klub dan negaranya, Argentina. 507 dari total gol tersebut di cetaknya bersama klub raksasa Catalan, Barcelona yang diukirnya dalam 583 penampilan. Sementara rekornya bersama tim nasional mencetak 58 gol dalam 118 kali bermain.

Mari kita bedah dari mana total 565 gol tersebut berasal ….

50 + Musim 2011/2012

Messi menjadi pemain pertama di La Liga yang berhasil mencetak total 50 gol dalam semusim yang dilakukannya pada tahun 2011/2012.

Namun, walau mencetak gol yang mengagumkan di musim tersebut, ia tak kuasa menahan laju Real Madrid di La Liga yang akhirnya menjadi juara dengan selisih 9 poin dari Barcelona.

 

Rasio Gol 1,217

Rasio gol tertinggi yang dicetak Messi dalam musim terbaiknya mencapai angka 1,217 gol per pertandingan yang dilakukan pada musim 2011/2012.

Lebih dari 50 gol di Liga ia juga menambahkan gol-gol lainnya di ajang Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super UEFA, Piala Super Spanyol dan Piala Dunia Antar Klub FIFA yang total mencapai 73 gol dalam 60 pertandingan. Ini merupakan rekor sepanjang masa di seluruh Liga-Liga Top Eropa.

349 Gol di La Liga Dan Masih Terus Bertambah

Tidak ada pemain lain yang memiliki rekor gol lebih tinggi di bandingkan Messi di La Liga. Dia memecahkan rekor Telmo Zarra ketika mencetak golnya yang ke 252 melawan Sevilla pada tahun 2015.

Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak 300 gol di La Liga saat berhadapan dengan Sporting Gijon
Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak 300 gol di La Liga saat berhadapan dengan Sporting Gijon

Saat ini total golnya telah mencapai 349 berselisih hingga 64 gol dari Ronaldo ( 285 ) di peringkat kedua. Cristiano Ronaldo pindah ke Real Madrid dari Manchester United pada tahun 2009.

74 Penalti

Messi mencetak 74 gol dari tendangan penalti baik untuk klubnya saat ini Barcelona maupun untuk negaranya Argentina. Bukan berarti Messi selalu sukses, ia telah gagal pula dalam 20 kali kesempatan dari tendangan penalti. Hal ini berarti 13,1% total golnya di sepanjang karir lahir dari tendangan penalti yang juga berada pada rasio 77,5%.

82% Gol Messi Menggunakan dari Kaki Kiri

Kaki kiri menjadi sumber utama gol dari Messi yang mencetak total 462 gol atau memiliki 82% dalam hal rasio. Sementara itu hanya 77 gol yang dicetak menggunakan kaki kanan, 24 menggunakan kepala dan dua gol dikategorikan gol lainnyas.

Hand of God

Salah satu gol yang masuk kategori lainnya dari Messi adalah sebuah gol kontroversial, menggunakan tangannya ketika melawan Espanyol pada tahun 2007. Sejak gol ini terjadi, banyak yang mulai membanding-bandingkan Messi dengan legenda Argentina, Diego Maradona.

Sementara gol lainnya selain menggunakan sepasang kaki dan kepalanya adalah menggunakan dada yang dicetaknya pada tahun 2009 melawan Estudiantes. Kala itu Barcelona menghadapi Estudiantes dalam ajang final Piala Dunia Antar Klub di babak final. Barcelona berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 berkat gol menggunakan dadanya tersebut di menit ke 110. Gol ini sekaligus menjadi gol Messi satu-satunya yang di cetak di babak perpanjangan waktu.

The Late Show

Messi telah mencetak 141 gol dari menit ke 76 hingga pertandingan selesai. Hal ini berarti ia juga menjadi seorang pemain yang berbahaya di babak-babak akhir pertandingan, seperti yang ia lakukan dalam pertandingan El Clasico awal tahun ini….

88 Gol Dari Luar Kotak Penalti

Tak ada yang lebih berbahaya dari seorang Messi jika sudah mengintai gawang lawan. Ia bisa melakukan gol dari dalam kotak penalti atau dari luar kotak penalti. 88 gol dari total 565 golnya lahir dari luar kotak penalti.

40+ Sejak 2008/2009

Baik untuk Barcelona maupun Argentina, Messi telah mencetak lebih dari 40 gol dalam semusim sejak 2008/2009. Dan hingga kini, belum ada tanda-tanda penurunan. Hasil terbarunya adalah mencetak 57 gol musim lalu, berada di peringkat ke Empat dalam ranking golnya semusim.

Gol Tersering, Sevilla

Messi telah mencetak lebih dari 20 gol melawan 6 tim yang berbeda di Liga Spanyol namun Sevilla merupakan klub terbanyak yang dibobol oleh Messi. Bahkan rasio gol Messi kala melawan Sevilla cukup tinggi berada di kisaran 0,97 gol per pertandingan. Total Messi telah mencetak 29 gol melawan Sevilla, enam gol lebih banyak daripada Real Madrid yang berada di peringkat kedua tim yang paling banyak di bobol olehnya.

4 x 4

Messi telah mencetak empat gol dalam empat kesempatan. Tiga diantaranya terjadi di La Liga melawan Valencia ( Februari 2012 ), Espanyol ( Mei 2012 ) dan Osasuna ( Januari 2013 ). Satu klub lainnya adalah Arsenal pada babak perempat final Liga Champions tahun 2010.

Quintrick

Messi menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak Lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions. Hal ini terjadi ketika Barcelona mempermalukan Bayer Leverkusen 7-1 di babak 16 besar leg kedua di tahun 2012

Dua Sepatu Emas 

Pencapaian 37 gol dalam semusim yang dicatatkannya musim lalu, mengantarkan Messi untuk yang ke empat kalinya sepanjang karirnya meraih gelar Sepatu Emas. Ia telah memperoleh Sepatu Emas ( gelar untuk pencetak gol terbanyak di Liga-Liga Eropa ) pada musim 2009/2010, 2011/2012 dan 2012/2013.

Jika anda merupakan seorang penggemar sepakbola yang menyenangi taruhan dan judi bola, kami undang anda melakukan pendaftaran bersama kami untuk mendapatkan sebuah akun gratis Sbobet & Maxbet. Untuk melakukannya silahkan klik tautan Pendaftaran yang ada di bawah ini :

Daftar Maxbet