Sergio Ramos vs Luis Suarez : Perang Kunci di El Clasico

0
129
Sergio Ramos vs Luis Suarez : Perang Kunci di El Clasico
Sergio Ramos vs Luis Suarez : Perang Kunci di El Clasico

Sergio Ramos vs Luis Suarez : Perang Kunci di El Clasico, – Real Madrid akan menjamu Barcelona pada hari Minggu ini dalam tajuk El Clasico Jilid II musim 2016/2017 sekaligus menjadikan partai ini yang ke 234 sepanjang sejarah. Dua pemain sentral dari dua kubu menjadi pencetak gol hasil imbang 1-1 pada pertemuan kedua tim Jilid I lalu yaitu Sergio Ramos dan Luis Suarez. Di pertemuan Jilid II ini akankah mereka kembali menjadi pembeda ?

Di kubu tuan rumah Real Madrid, Sergio Ramos adalah segalanya. Ia adalah Kapten tim sekaligus merupakan pemain yang paling berpengalaman saat ini dalam laga melawan rival abadi mereka, Barcelona.

Ramos, saat ini telah turun bertanding sebanyak 33 pertandingan melawan Barcelona di seluruh ajang serta mendapatkan kemenangan sebanyak 11 kali. Ini adalah yang terbanyak dibandingkan seluruh pemain Madrid lainnya saat ini.

Bukan cuma turun bertanding, ia juga berpengalaman dalam hal membantu timnya lewat gol-golnya. Salah satu contohnya adalah ketika gol di menit terakhirnya membantu Madrid meraih 1 poin penting dalam lawatan ke Camp Nou bulan Desember lalu.

Statistiknya saat Madrid berlaga melawan Barcelona menunjukkan kalau ia bermain benar-benar total dalam setiap edisi El Clasico. Sepanjang karirnya, ia telah memperoleh 22 kartu merah dan empat diantaranya didapatkan dari Barcelona.

DAFTAR GRATIS SBOBET BOLA MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU RAIH CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK

Rekor dan Statistic Sergio Ramos di El Clasico

Player Games Wins Goals Yellow cards Red cards
Sergio Ramos 33 11 4 13 4

Kemampuan mempertahankan dan memainkan bola dari Sergio Ramos ini merupakan salah satu elemen penting untuk Real Madrid. Tak termasuk pemain Barcelona, maka di musim ini hanya ada satu pemain belakang yang mampu melakukan passing terbanyak yaitu Sergio Ramos yang telah melakukan 63,1% sepanjang musim ini.

Assist dan umpan matangnya kepada Cristiano Ronaldo dalam gol kedua Cristiano Ronaldo saat melawan Bayern Munchen, tengah pekan kemarin, merupakan contoh penggambaran sempurna tentang apa yang mau ia lakukan di atas lapangan.

Dan jangan lupakan pula peran pentingnya atas kebangkitan Real Madrid baik di Liga maupun di Eropa musim ini yaitu ia merupakan pemain belakang yang rajin mencetak gol. Total ia telah mengemas 10 gol di seluruh ajang, 7 di La Liga dan 3 di Eropa. Ini merupakan kebangkitan yang sangat luar biasa dari karirnya sekaligus menjadikan dirinya pemain belakang terbanyak mencetak skor musim ini.

Gol yang berasal dari Umpan Ramos ( 4 ) Kepada Ronaldo ( 7 )
Gol yang berasal dari Umpan Ramos ( 4 ) Kepada Ronaldo ( 7 )

Dan yang lebih menakjubkannya lagi, hanya ada 15 pemain dari total 527 pemain di La Liga yang memiliki catatan mencetak gol lebih banyak dibandingkan Ramos. Kini Ramos hanya membutuhkan sebuah gol lagi untuk Madrid guna menggenapi koleksi golnya bagi klub ibukota Spanyol tersebut di angka 50 !! Menakjubkan untuk seorang yang berposisi pemain belakang.

Bahkan gol-gol yang ia lesak kan untuk Madrid di musim ini juga bernilai sangat tinggi dan krusial. Gol-golnya di musim ini telah memberikan tambahan 9 poin bagi Madrid.

Gol-Gol Penting di La Liga 2016/2017

Player Position Goals Points won
Lionel Messi Forward 29 17
Aduriz Forward 14 15
Alvaro Morata Forward 12 13
Pedro Leon Midfielder 10 12
Cristiano Ronaldo Forward 19 12
Sandro Ramirez Forward 9 10
Iago Aspas Forward 16 10
Sergio Ramos Defender 7 9

Jika di hari Minggu mendatang, pertandingan melawan Barcelona berujung sama kuat, maka anda jangan terkejut apabila melihat Sergio Ramos menjadi pembedanya. Ia sangat terbiasa melakukan hal tersebut, yang bisa dilihat pada denah diatas.

Mungkin anda terkejut karena tidak ada nama Luis Suarez disana. Bisa dikatakan memang performa dari mantan pemain Liverpool, dimusim ini mengalami sedikit penurunan dibandingkan musim lalu.

Musim ini ia memang telah mencetak 24 gol atau yang kedua tertinggi di tim setelah Lionel Messi. Namun dari 24 gol tersebut ia hanya mencetak 6 gol saja kala melawan tim-tim berperingkat 10 besar, dan hanya tiga gol saja kala melawan tim berperingkat 6 besar.

Namun meragukan kualitasnya, jelas sangat tidak bijaksana. Suarez masih seorang penyerang licin dan mematikan di depan gawang lawan. Dan bisa jadi pemain ini merupakan salah satu ancaman yang paling besar bagi Real Madrid di pertandingan El Clasico nanti seperti yang terjadi di Jilid I  lalu.

Dan lagi pula, Suarez musim ini telah menciptakan beberapa statistik yang baik di Eropa.

Gol dan Assist Terbanyak di Liga Besar Eropa 2016/2017

Player Goals Assists Combined
Lionel Messi 29 8 37
Luis Suarez 24 12 36
Edinson Cavani 30 2 32
Romelu Lukaku 24 6 30

Dengan telah mengemas 24 gol ditambah 12 assist yang telah dibuatnya menghasilkan angka 36 yang hanya kalah 1 saja dari rekan setimnya di Barcelona, Lionel Messi. Bahkan dalam hal frekewensi melakukan gol atau assist di berbagai Liga Top Eropa, pemain asal Uruguay ini hanya kalah dibandingkan Messi dan bintang muda sensasional Monaco, Kylian Mbappe.

Best minutes per goal and assist rates in Europe’s top leagues – 2016/17

Player Team Mins/goal involvement
Kylian Mbappe Monaco 63
Lionel Messi Barcelona 63
Luis Suarez Barcelona 67
Radamel Falcao Monaco 69

Musim lalu, Suarez juga telah menghentikan rentetan dominasi dua pemain di La Liga dalam urusan mencetak gol terbanyak yakni Ronaldo dan Messi yang terus bergantian menjadi Pichichi sejak tahun 2009.

Dan terakhir, dalam hal menyelesaikan peluang terbaik yang ada, bahkan Suarez sebenarnya justru lebih baik dibandingkan Messi.

Best shot conversion rates – La Liga 2016/17

Player Goals Shot conversion %
Iago Aspas 16 24.2
Luis Suarez 24 23.3
Aritz Aduriz 14 22.2
Lionel Messi 29 19.7
Antoine Griezmann 15 19.5

Kedua pemain ini baik Suarez dan Ramos akan saling bertemu Minggu besok. Suarez jelas berharap untuk dapat memberikan kepada Ramos salah satu ujian terbesarnya di musim ini, dengan terus membuatnya berada di barisan belakang. Barcelona sendiri, seperti biasanya telah memiliki banyak ball possession dalam setiap pertemuan kedua tim sejak 2008.

Real Madrid musim ini memiliki penguasaan bola rata-rata sebesar 60% dengan menghadirkan Sergio Ramos yang lebih aktif bergerak kedepan. Inilah yang bisa dimanfaatkan oleh Suarez di pertandingan kali ini.

Sekali lagi La Liga akan ditentukan lewat El Clasico, Barcelona tentu berupaya untuk memenangkan pertandingan ini demi memperpanjang nafas untuk menjadi juara La Liga.