Apakah Coutinho Pengganti Yang Sepadan Untuk Neymar ?

0
136
Apakah Coutinho Pengganti Yang Sepadan Untuk Neymar ?
Apakah Coutinho Pengganti Yang Sepadan Untuk Neymar ?

Apakah Coutinho Pengganti Yang Sepadan Untuk Neymar ? – Barcelona yang baru saja kehilangan salah satu pemain kuncinya, Neymar yang memilih untuk bergabung dengan PSG dengan transfer super besar £198 juta, kini sedang sibuk untuk mencari pengganti yang sepadan. Barca dilaporkan saat ini sedang meningkatkan usaha demi mendapatkan Philippe Coutinho dari Liverpool sebelum jendela transfer musim panas berakhir. 

Tim raksasa Catalan tersebut telah mengidentifikasikan bahwa pemain yang juga berasal dari Brasil tersebut kini merupakan target utama mereka untuk menggantikan Neymar. Sumber dari Skysports bahkan menyakini bahwa Barcelona bersedia mengeluarkan dana besar £109 juta untuk mengeluarkan Coutinho dari Liverpool.

Namun apakah Coutinho merupakan pengganti yang sepadan untuk Neymar ? dan apa alasan utama Barcelona yang terlihat begitu ngebet untuk mendapatkannya ? mari kita telusuri beberapa data dan fakta berikut ini ….

Sedang Di Puncak Karir

Tak diragukan, Coutinho merupakan tokoh kunci bagi Liverpool sejak kedatangannya ke Anfield dari Inter Milan pada Januari 2013 lalu, namun musim lalulah merupakan puncak penampilan terbaiknya bersama Liverpool.

Pemain internasional Brasil tersebut mencatatkan 13 gol dan tujuh assist hanya di liga Inggris. Catatan tersebut merupakan catatan terbaiknya sejauh ini. Apalagi ditambah fakta bahwa ia baru saja menginjak usia 25 tahun pada bulan Juni ini, banyak yang menyakini bahwa apa yang terbaik dari Coutinho masih belum keluar seluruhnya.

Philippe Coutinho merupakan tokoh kunci kebangkitan Liverpool musim lalu
Philippe Coutinho merupakan tokoh kunci kebangkitan Liverpool musim lalu
Versatility

Kepergian Neymar dengan harga fantastis sebesar £198 Juta ke PSG tak di pungkiri telah memberikan pukulan telak bagi Barcelona dalam persiapannya kembali menjadi juara La Liga. Kepergiannya telah meninggalkan lubang yang menganga di sisi kiri serangan Barcelona dan Coutinho berada pada posisi yang paling tepat untuk mengisinya.

Coutinho sendiri telah secara teratur bermain di posisi ini bersama Liverpool. Pemain yang baru berusia 25 tahun ini juga rajin untuk berpindah posisi ke tengah lapangan baik untuk membantu serangan atau mambantu pertahanan. Namun, adalah statistik driblingnya yang berada di kisaran 2,8 per 90 menit menunjukkan kalau ia sangat layak untuk menggantikan Neymar.

Selain itu, Coutinho juga akan memberikan Barcelona pilihan lain. Di Liverpool, Jurgen Klopp telah memberikan keleluasaan kepada Coutinho di lini tengah pada minggu-minggu terakhir musim 2016/2017 dan Ernesto Valverde bisa melakukan hal yang sama padanya di Nou Camp terutama apabila Barcelona juga berhasil mendapatkan pemain sayap asal Borussia Dortmund, Ousmane Dembele.

Dan terakhir, Coutinho sendiri telah lama diperbincangkan sebagai pemain pengganti yang paling pas untuk Andres Iniesta. Pemain Spanyol tersebut kini telah berusia 33 tahun dan tak lama lagi akan segera pensiun, dengan kemampuan drible dan kecerdasannya dalam membaca permainan, Coutinho menjadi pengganti yang sangat cocok untuk itu.

Coutinho Sang Kreator

Perginya Neymar, tentu berdampak pula pada kreativitas permainan Barcelona di lapangan. Tak dipungkiri kalau Neymar merupakan salah satu pemain yang menciptakan peluang tertinggi di La Liga musim lalu. Neymar secara total menciptakan peluang sebanyak 91 kali atau rata-rata 3,1 peluang yang diciptakan dalam 90 menit pertandingan.

Angka dan statistik tersebut memang sangat mengesankan tetapi Coutinho juga tidak kalah dalam hal kreativitas. Coutinho total mencetak 65 peluang memang masih kalah dibandingkan Neymar dalam hal jumlah tetapi secara rata-rata mereka memiliki nilai yang sama besar, rata-rata mencetak 2,6 peluang per 90 menit pertandingan.

Beberapa Pundit Percaya Coutinho hanya perlu setuju untuk dapat pindah ke Barcelona
Beberapa Pundit Percaya Coutinho hanya perlu setuju untuk dapat pindah ke Barcelona

Statistik tersebut menempatkan Philippe Coutinho menjadi pemain terkreatif di Liga Inggris musim lalu.

Dan satu hal lagi, kemampuan Coutinho menciptakan peluang bagi timnya juga terus meningkat dari waktu ke waktu dan tentunya Barcelona mengharapkan hal ini juga terus meningkat. Apalagi dengan adanya Lionel Messi dan Luis Suarez yang akan menjadi tandemnya di depan, jumlah assist yang dilakukannya pasti akan meningkat.

Suarez Connection

Liverpool musim 2013/2014 adalah tim dengan sisi penyerangan terbaik di Liga Inggris. Dua tokoh yang menjadikan Liverpool begitu mengerikan di musim itu yaitu Luis Suarez dan Philippe Coutinho. Kombinasi antara keduanya begitu menakutkan dan total Suarez mencetak 31 gol di sepanjang musim.

Luis Suarez dan Philippe Coutinho sudah saling mengenal sejak bermain bersama untuk Liverpool
Luis Suarez dan Philippe Coutinho sudah saling mengenal sejak bermain bersama untuk Liverpool

Hal ini yang tentu akan berupaya dibangkitkan kembali oleh Barcelona dengan kedatangan Coutinho ke Nou Camp. Apalagi hubungan keduanya tidak hanya dekat kala di dalam lapangan namun juga di luar lapangan.

Telah Mengenal Barcelona

Selain memiliki kemampuan teknis yang baik dan sangat layak untuk bermain di tim sekelas Barcelona, Coutinho juga ternyata telah mengenal kota tersebut. Mantan pemain Inter Milan tersebut menghabiskan paruh kedua musim 2011/2012 dengan status pemain pinjaman di Espanyol ( tim rival Barcelona ) dan mencetak lima gol dalam 16 pertandingan.

Jadi, pantaskah Coutinho menjadi pengganti Neymar ?