Stekelenburg Gemilang, Everton Tahan Imbang City

0
183

Manchester City dipaksa berbagi angka dengan tamunya Everton. Meski dominan, City sempat tertinggal lebih dulu sebelum menyamakan skor untuk menyudahi laga 1-1.

Bertanding di Etihad Stadium, Sabtu (15/10/2016) malam WIB, The Citizens menyia-nyiakan dua hadiah penalti yang diterima di masing-masing babak. Eksekusi Kevin de Bruyne di babak pertama dan Sergio Aguero di babak kedua dengan apik diselamatkan kiper Maarten Stekelenburg, yang tampil impresif di sepanjang pertandingan.

Setelah paruh pertama berakhir ‘kacamata’, Everton mampu mengejutkan City dengan gol Romelu Lukaku pada menit 64. Keunggulan itu tidak berlangsung lama karena di menit 72, pemain pengganti City Nolito sukses membuat gol penyama.

Dengan hasil ini, City masih menduduki peringkat teratas klasemen sementara dengan koleksi 19 poin, hanya unggul selisih gol dari Arsenal di bawahnya dan satu angka dari Tottenham Hotspur di posisi ketiga. Everton menempati peringkat keenam dengan 15 poin.

City langsung menekan Everton sedari awal. Di menit keempat, sebuah peluang tercipta saat Leroy Sane menusuk ke sisi kiri pertahanan Everton namun sepakannya bisa ditahan Maarten Stekelenburg.

Sepuluh menit kemudian, City kembali mengancam Everton. Dari tembakan bebas, eksekusi Kevin de Bruyne dari luar kotak penalti bisa diblok sehingga bola melambung di atas mistar.

Di menit 17, City memperoleh tendangan bebas menyusul pelanggaran terhadap Raheem Sterling di posisi yang berbahaya. Akan tetapi, sepakan De Bruyne bisa dihalangi pagar hidup Everton.

Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan City. Akan tetapi, kukuhnya pertahanan Everton membuat gawang Stekelenburg masih aman. Sementara Everton sesekali melakukan serangan balik, namun belum mampu menguji Claudio Bravo.

Sampai akhirnya di lima menit terakhir, wasit menunjuk titik putih usai pelanggaran Phil Jagielka terhadap David Silva. Arah tembakan penalti De Bruyne mampu ditebak Stekelenburg sehingga bola bisa ditepis. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.

Setelah turun minum, City tetap agresif. Tapi di menit 50, Everton mengancam gawang City lewat tembakan keras Gerard Deulefou dari luar kotak penalti meski mampu ditepis Bravo ke atas.

City membalas dua menit kemudian. Umpan silang mendatar Sane diteruskan Kelechi Iheanacho di depan gawang, tapi Stekelenburg sukses memblok bola dengan kakinya.

Di saat tertekan, Everton berhasil mencuri gol di menit 64. Lewat serangan balik, Lukaku mengalahkan penjagaan Gael Clichy sebelum melepaskan tembakan ke tiang jauh yang menaklukkan Bravo. Everton memimpin 1-0.

Jagielka kembali menyebabkan Everton terhukum penalti setelah melanggar Sergio Aguero di menit 70. Aguero maju sebagai algojo, mengarahkan tendangannya ke kiri Stekelenburg dan bola ditepis. City masih tertinggal 0-1.

Semenit berselang, Aguero membuang peluang untuk menyamakan skor usai tembakannya dari depan gawang melambung. Akan tetapi di menit 72, Nolito yang baru masuk lapangan, sukses menyamakan skor menjadi 1-1 setelah meneruskan umpan silang David Silva.

Stekelenburg kembali membuat penyelamatan gemilang di menit 81. Kiper Belanda ini menepis tembakan De Bruyne sehinga bola mengenai mistar gawang.

Di penghujung waktu normal, City memperoleh tendangan bebas tapi bola bisa ditangkap Stekelenburg. Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta sehingga skor 1-1 tetap bertahan.