Rekor Luar Biasa Mourinho Di Ajang Final

0
286
Rekor Luar Biasa Mourinho Di Ajang Final
Rekor Luar Biasa Mourinho Di Ajang Final
Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Southampton di partai final Piala Liga Inggris atau EFL Cup, hasil yang tentu saja sangat disambut suka cita oleh seluruh punggawa, penggemar dan sang arsitek Jose Mourinho. Namun pria asal Portugal tersebut tidak hanya mendapatkan gelar bagi klub, namun juga mencatatkan catatan luar biasa impresif, khususnya di liga Inggris…

Jose Mourinho yang kini telah berusia 54 tahun, saat ini telah mengoleksi total 11 gelar dari 13 babak final yang berhasil diraihnya sejak tahun 2003. Rangkaian babak final tersebut diraihnya kala masih menjadi arsitek FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan klubnya saat ini, Manchester United.

Dan dengan tambahan gelar lainnya seperti juara liga serta lima gelar Community Shield / Super Cup, Mourinho jika ditotal telah mengoleksi 24 trophy. Termasuk didalamnya adalah gelar EFL CUP yang baru saja diraih oleh Manchester United.

Jose Mourinho memang tak diragukan dekat dengan kesuksesan, mulai dari juara Eropa hingga meraih banyak gelar di Inggris. Bahkan khusus untuk kompetisi di Inggris, pria Portugal ini mencetak rekor 100% kemenangan di partai final.

Rekor Mourinho di Partai Final

Club Lawan Kejuaraan Musim Hasil
FC Porto Celtic UEFA Cup 2002/03 W 3-2
FC Porto Leiria Taça de Portugal 2002/03 W 1-0
FC Porto Benfica Taça de Portugal 2003/04 L 1-2 (AET)
FC Porto Monaco UCL 2003/04 W 3-0
Chelsea Liverpool League Cup 2004/05 W 3-2
Chelsea Arsenal League Cup 2006/07 W 2-1
Chelsea Man Utd FA Cup 2006/07 W 1-0
Inter Milan Roma Coppa Italia 2009/10 W 1-0
Inter Milan Bayern Munich UCL 2009/10 W 2-0
Real Madrid Barcelona Copa del Rey 2010/11 W 1-0
Real Madrid Atletico Madrid Copa del Rey 2012/13 L 1-2 (AET)
Chelsea Tottenham League Cup 2014/15 W 2-0
Man Utd Southampton League Cup 2016/17 W 3-2

Tak Terkalahkan Dalam Waktu Normal

Satu lagi catatan mengesankan dari Mourinho adalah, tak terkalahkan dalam waktu normal atau 2 x 45 menit. Dua kekalahan yang dideritanya di partai final datang di masa perpanjangan waktu, yang pertama adalah menelan kekalahan dari Benfica 1-2 tahun 2003 dalam partai final Taca de Portugal, dan yang terakhir adalah di Copa del Rey tahun 2013 saat menelan kekalahan dari Atletico Madrid.

Namun bukan kekalahan saja yang dideritanya dibabak perpanjangan waktu, jika ditotal dari enam dari 13 partai final yang dilaluinya, berhasil meraih kemenangan sebanyak empat kali.

Partai final Mourinho diantaranya harus terjadi hingga 6 kali babak perpanjangan waktu, menang 4 kali dan kalah dua kali
Partai final Mourinho diantaranya harus terjadi hingga 6 kali babak perpanjangan waktu, menang 4 kali dan kalah dua kali

Rekor Sempurna di Inggris

Lima final dan lima kali pula meraih kemenangan di partai puncak kompetisi Inggris yang menjadikan rekor 100% kemenangannya sempurna. Kemenangan pertamanya di Inggris datang pada tahun 2005. Kala itu gol tandukan dari Mateja Kezman di menit ke 112 masa perpanjangan waktu membawa Chelsea berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Liverpool dalam pertandingan yang ditandai dengan gol bunuh diri kapten legendari Liverpool, Steven Gerrard yang menjadikan pertandingan ini memasuki babak perpanjangan waktu.

Partai Final Jose Mourinho di Inggris

Team Lawan Kejuaraan Musim Hasil
Chelsea Liverpool League Cup 2004/05 W 3-2 (AET)
Chelsea Arsenal League Cup 2006/07 W 2-1
Chelsea Man Utd FA Cup 2006/07 W 1-0 (AET)
Chelsea Tottenham League Cup 2014/15 W 2-0
Man Utd Southampton League Cup 2016/17 W 3-2

Dua gelar berhasil ditambahnya pada tahun 2007, yang pertama adalah ketika berhasil meraih kemenangan atas musuh sekota Arsenal di partai final Piala Liga dengan skor 2-1. Tiga bulan kemudian gelarnya bertambah dengan mengalahkan Manchester United 1-0 di ajang Piala Liga.

Suksesnya di Inggris berlanjut ketika dia memutuskan untuk kembali ke Chelsea setelah pengembaraannya di Inter Milan dan Real Madrid. Chelsea berhasil dibawanya meraih gelar Piala Liga setelah mengalahkan Tottenham Hotspur. Dan dengan kemenangannya yang terakhir ini di Piala Liga, menjadikan gelar Piala Liga keempatnya sepanjang sejarah, membawanya menyamai pencapaian Sir Alex Ferguson dan Brian Clough

Jose Mourinho kini menyamai pencapaian Sir Alex Ferguson dan Brian Clough dengan 4 gelar Piala Liga Inggris
Jose Mourinho kini menyamai pencapaian Sir Alex Ferguson dan Brian Clough dengan 4 gelar Piala Liga Inggris

Sukses di Eropa

Jose Mourinho juga memiliki sukses lainnya di ajang Eropa, termasuk didalamnya dua gelar Liga Champions. Walau dirinya gagal membawa Chelsea dan Real Madrid menjadi juara Liga Champions selama berkiprah disana, rekor Mourinho di partai final Liga Champions sangat luar biasa, sempurna !!

Trophy Eropa pertamanya adalah gelar UEFA Cup yang berhasil diraihnya pada tahun 2003. Kala itu menghadapi klub Skotlandia, Glasgow Celtic, Porto berhasil meraih kemenangan 3-2.

Sukses pertama Mourinho di Liga Champions bersama Porto tahun 2004
Sukses pertama Mourinho di Liga Champions bersama Porto tahun 2004

Mourinho dan Porto kembali mengejutkan Eropa untuk kedua kalinya ketika berhasil menjadi juara Liga Champions setahun kemudian. Kala itu Mourinho harus mengalahkan timnya saat ini, Manchester United di babak 16 besar dengan agregat 3-2. Di partai puncak mereka mengalahkan tim kejutan lainnya dari Perancis, Monako dengan kemenangan nyaman 3-0.

Kepindahannya ke Inggris untuk bergabung dengan Chelsea terjadi hanya seminggu setelah kesuksesannya meraih gelar Liga Champions. Enam tahun kemudian, Mourinho kembali mengangkat gelar Liga Champions bersama klub Italia, Inter Milan. Bahkan kala itu Mourinho mampu menggenapinya dengan meraih gelar Treble Winner.

Kokoh di Belakang

” Final bukan untuk dimainkan, itu hanyalah untuk pemenang ” kata Mourinho, usai meraih kemenangan terakhirnya pada Piala Liga tahun 2015 lalu. Dan setidaknya kata-katanya tersebut mampu dibuktikannya dengan rekor sempurna tersebut di Inggris.

Hingga usai kemenangan timnya, Manchester United atas Southampton kemarin, tercatat timnya hanya menelan 9 gol dari 12 partai final yang telah dilaluinya. Jumlah ini termasuk mencatatkan 7 kemenangan tanpa kebobolan. Kemenangan ketat Manchester United 3-2 atas Southampton ini juga menandai hasil-hasil ketat yang kerap terjadi pada timnya Mourinho di partai puncak.

Didier Drogba menjadi pencetak gol kemenangan Chelsea dalam ajang final Piala FA tahun 2007
Didier Drogba menjadi pencetak gol kemenangan Chelsea dalam ajang final Piala FA tahun 2007

Tercatat, hanya tiga pertandingan partai final yang mampu direngkuhnya dengan nyaman atau setidaknya memiliki selisih lebih dari satu gol.

Dan agaknya seperti pemain Manchester United yang menjadi bintang kemenangan dalam pertandingan melawan Southampton, Zlatan Ibrahimovic, Jose Mourinho juga memiliki bukti sebagai pemenang. Dan agaknya dengan United yang masih memiliki dua kompetisi musim ini, Finalnya yang ke 14 mungkin saja tidak lama lagi akan dirasakannya.

Sumber :

  • Skysports
  • Wikipedia
  • berbagai sumber lainnya