Pasca Kekalahan Atas Chelsea, City Dilingkupi Masalah ?

0
165
Pasca Kekalahan Atas Chelsea, City Dilingkupi Masalah ?
Pasca Kekalahan Atas Chelsea, City Dilingkupi Masalah ?

Mantapbola.com, – Manchester City merupakan unggulan utama tim yang akan menjuarai Premier League musim ini, namun di pekan ke 14 lalu tanpa disangka-sangka mereka dikalahkan oleh Chelsea dengan skor cukup telak 1-3. Pada pembahasan kali ini kita akan menyoroti penyebab dan ada permasalahan apa di tim Manchester City tersebut….

Sudah jatuh tertimpa tangga, pepatah tersebut agaknya cocok menggambarkan masalah yang ada di Manchester City kini. Bagaimana tidak, mereka sempat terlebih dahulu unggul sebelum akhirnya menelan kekalahan atas tim tamu Chelsea. Masalah bertambah pelik bagi mereka setelah dua pemain mereka Sergio Aguero dan Fernandinho harus absen akibat menerima kartu merah di akhir pertandingan.

Memang di satu sisi keraguan akan City tampaknya masih terlalu dini, mengingat kekalahan ini adalah baru kekalahan pertama mereka di premier league. Lagipula penampilan City juga tidak buruk-buruk amat, salah satu hal yang patut mendapat perhatian adalah kurangnya efektifitas mereka di depan gawang.

City tercatat menguasai jalannya pertandingan dengan memiliki penguasaan bola sebesar 60% dan Chelsea hanya kebagian 40%. Dari percobaan tendangan ke arah gawang juga anak asuh Pep Guardiola masih lebih baik dibandingkan timnya Antonio Conte sebanyak 14 berbanding 10 dengan mencapai target sebanyak 5 berbanding 4 untuk Chelsea.

Guardiola dan Conte sesaat sebelum pertandingan berlangsung
Guardiola dan Conte sesaat sebelum pertandingan berlangsung

Namun seluruh catatan-catatan bagus tersebut tak mampu dijawab menjadi gol oleh City sebaliknya bagi Chelsea hal tersebut menunjukkan betapa efisiennya mereka bermain musim ini.

Kegagalan mencetak gol kedua untuk kemenangan mereka sekaligus mengunci pertandingan menjadi bumerang bagi City. Menit ke 60 Chelsea mencetak gol penyama kedudukan dan sejak itu pertandingan menjadi berubah. Chelsea yang kian percaya diri sementara City seolah berputar-putar tanpa tujuan yang jelas.

Lini Belakang Yang bermasalah

Guardiola patut khawatir melihat lini belakangnya yang kebobolan terlalu banyak gol kini. Kini Manchester City hanya mampu mencetak clean-sheet sebanyak dua kali saja sepanjang musim. Rekor ini menjadi yang terburuk diantara tim-tim unggulan lainnya. Hal sebaliknya ditunjukkan Chelsea yang membukukan catatan clean sheets terbanyak diantara para unggulan.

Rekor Clean Sheet diantara para unggulan

Team Mencetak gol Clean sheet ( tanpa kebobolan )
Chelsea 32 7
Tottenham 24 6
Arsenal 33 4
Liverpool 32 3
Man City 30 2

Dan dengan kekalahan atas Chelsea ini, menunjukkan masalah yang sedari musim lalu masih belum mampu dibenahi oleh Guardiola di musim ini. Salah satu faktor terpuruknya City musim lalu adalah ketidakmampuan mendapatkan 3 poin penuh dalam laga-laga krusial melawan sesama tim top 5 di liga Inggris. Dan tampaknya hal tersebut juga masih berlanjut kini….

Di tangan Guardiola, City sudah menelan dua kali kekalahan kala melawan tim top 5 yaitu dari Tottenham Hotspur dan Chelsea. Padahal salah satu faktor krusial untuk mampu menjadi juara liga Inggris yang super ketat ini adalah kemampuan untuk mampu mengalahkan sesama kandidat juara lainnya.

Apapun itu City jelas masih sangat berpeluang untuk menjadi yang terbaik musim ini, masih ada banyak pekan lagi yang masih bisa menjadi poin. Namun jelas Pep Guardiola harus mencari cara untuk menjawab beberapa persoalan diatas.