Mungkinkah Play-off Jatah Liga Champions Terjadi di Premier League ?

0
84
Mungkinkah Play-off Jatah Liga Champions Terjadi di Premier League ?
Mungkinkah Play-off Jatah Liga Champions Terjadi di Premier League ?

Mungkinkah Premier League Inggris akan menjalani salah satu play-off yang belum pernah terjadi di musim-musim sebelumnya untuk menentukan siapa yang berhak lolos ke Liga Champions musim depan ? Hal ini bisa saja terjadi di musim ini dengan melibatkan tiga tim yakni Manchester City, Liverpool dan Arsenal….

Chelsea sebagai juara liga Inggris dan Tottenham Hotspur sebagai runner up nya sudah memastikan salah satu tempat di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan. Sementara untuk dua tiket tersisa masih diperebutkan oleh tiga tim Manchester City, Liverpool dan Arsenal.

Apalagi dengan jarak mereka yang sangat rapat hanya berjarak tiga poin saja dari peringkat ke Tiga ( Manchester City ) hingga ke Lima ( Arsenal ) serta dengan selisih gol diantara ketiga tim ini nyaris serupa, maka babak play-off untuk menentukan siapa yang akan mewakili Inggris ke Liga Champions musim depan bisa saja terjadi.

Bagaimana kemungkinan dan skenario terjadinya babak play-off ini mari kita simak …

DAFTAR GRATIS SBOBET BOLA MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU RAIH CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK

Peringkat Ke Tiga Tim Saat Ini

Manchester City selangkah di depan diantara ketiga tim ini berkat kemenangan penting mereka atas West Bromwich Albion 3-1. Jika tim asuhan Pep Guardiola terhindar dari kekalahan pada pekan terakhir melawan Watford maka mereka sudah merengkuh satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Premier League 16/17

Klub Main Mencetak Gol Selisih Gol Poin
3 Man City 37 75 36 75
4 Liverpool 37 75 33 73
5 Arsenal 37 74 31 72

Liverpool duduk persis dibawahnya dengan memiliki 73 poin. Menang atas Middlesbrough di Anfield pada pekan terakhir Liga Inggris nanti akan menjamin salah satu tiket Liga Champions untuk mereka musim depan.

Dibelakang Liverpool barulah ada Arsenal di peringkat ke Lima klasemen. Kemungkinan Arsenal untuk bisa meraih tiket Liga Champions, jelas bergantung pada dua tim yang ada di atasnya. Namun yang pasti kemenangan 2-0 atas Sunderland pekan lalu menghidupkan walau sangat tipis peluang mereka untuk kembali bisa bertarung di Liga Champions musim depan.

Pertandingan Terakhir Ke Tiga Tim

  • Arsenal vs Everton
  • Watford vs Manchester City
  • Liverpool vs Middlesbrough

Pada hari Minggu nanti, City harus mengunjungi Watford, Arsenal akan bermain di kandang menghadapi Everton sedangkan Liverpool bermain di Anfield menghadapi Middlesbrough, tim yang sudah dipastikan terdegradasi musim ini.

Bagaimana Skenario Play-off Liga Champions Terjadi ?

Kualifikasi Play-Off untuk menentukan siapa yang berhak lolos ke Liga Champions akan terjadi di tempat netral. Hal ini bisa terjadi apabila ketiga tim ini finish dengan raihan poin yang sama, memiliki selisih atau perbedaan gol yang sama serta total mencetak gol yang sama pula.

Berbeda dengan Liga-Liga lainnya di Eropa yang menganut sistem Head-to-Head semusim, di Premier League Inggris tidak mengenal sistem Head-to-Head tersebut.

Bagian C dari buku pegangan Premier League 2016-2017 berbunyi : 

” Jika pada akhir musim penentuan juara liga atau klub yang terdegradasi serta terdapat kerancuan tentang klub-klub yang lolos ke kejuaraan atau kompetisi lainnya karena dua atau lebih klub setara dalam hal poin, selisih gol, dan total gol yang dicetak. Maka klub yang bersangkutan harus memainkan satu laga atau lebih babak Play-Off yang berlangsung di tempat netral. Format, waktu dan tempat akan ditentukan oleh dewan direksi Liga “

Jadi dari buku Pegangan Premier League tersebut kita mengetahui jelas memang tidak ada aturan Head-to-Head yang berlaku di Liga Inggris.

Skenario dan Kemungkinan Yang Bisa Terjadi

Manchester City vs Liverpool – Play-off Menentukan Peringkat Ke Tiga

Play-off kedua tim ini merupakan yang paling mungkin terjadi, play-off diantara mereka harus terjadi untuk menentukan siapa yang lebih berhak duduk di peringkat ketiga klasemen serta menjamin satu tempat di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan.

Skenario ini bisa saja terjadi apabila City ditahan imbang dengan skor tinggi di Vicarage Road ( Watford ). Ditambah dengan kemenangan dengan skor besar untuk The Reds di Anfield melawan Middlesbrough. Misalnya adalah Watford 3-3 Manchester City dan Liverpool 3-0 Middlesbrough

Jika hasil ini benar-benar terjadi, maka dua tim ini akan berada pada poin yang sama yakni 78 poin dan memiliki selisih gol yang sama persis pula yakni 36 gol serta total mereka mencetak gol yang sama yaitu 78 gol.

Apabila terjadi maka Arsenal harus mengucapkan selamat tinggal pada Liga Champions musim depan karena mereka dipastikan tetap berada di peringkat ke Lima apapun hasil yang mereka peroleh.

Man City v Liverpool play-off scenario

 Klub Main Mencetak Gol Selisih Gol Poin
Liverpool 38 78 36 76
Man City 38 78 36 76

Liverpool vs Arsenal : Play-off Kualifikasi Liga Champions ( Peringkat 4 )

Dalam hal play-off untuk memperebutkan salah satu tempat menuju babak kualifikasi Liga Champions atau peringkat ke Empat di Liga Inggris, maka laga keduanya paling mungkin untuk terjadi.

Skenario ini bisa terjadi apabila Liverpool kalah 0-2 atas Middlesbrough di Anfield serta Arsenal hanya bermain imbang 1-1 oleh Everton.

Jika terjadi, maka akan membuat poin Arsenal dan Liverpool menjadi sama 73 poin dan dengan rekor mencetak gol yang sama (75) serta perbedaan gol / selisih gol yang sama persis pula ( 31 )

Arsenal v Liverpool play-off scenario

 Klub Main Mencetak Gol Selisih Gol Poin
Liverpool 38 75 31 73
Arsenal 38 75 31 73

Skenario ini jelas yang paling diharapkan oleh pendukung Manchester City, karena mereka akan memastikan tempat ketiga di Liga Inggris terlepas apa pun hasil yang mereka peroleh di Watford.

Manchester City vs Arsenal : Play-off peringkat ke Tiga / Empat 

Skenario Play-off yang paling sulit kemungkinannya terjadi. Namun probabilitasnya masih ada yaitu apabila City menelan kekalahan telak atas Watford dan Arsenal mampu meraih kemenangan atas Everton.

Watford butuh menang dengan skor 4-0 atas City dan Arsenal harus menang dengan skor 1-0 atas Everton maka kemungkinan play-off ini akan terjadi karena kedua tim akan menyelesaikan musim ini dengan perolehan poin selevel 75 poin dengan selisih gol yang identik ( 32 ) serta Total mencetak gol yang sama persis pula ( 75 ).

Man City v Arsenal play-off scenario

 Klub Main Mencetak Gol Selisih Gol Poin
Man City 37 75 32 75
Arsenal 37 75 32 75

Menariknya, mereka membutuhkan hasil pertandingan lainnya pula yaitu pertandingan antara Liverpool vs Middlesbrough untuk menentukan play-off yang akan mereka ikuti. Jika The Reds gagal mengalahkan Middlesbrough, maka City dan Arsenal akan melakukan Play-off untuk menentukan tim peringkat ke Tiga dan Empat di Liga Inggris sedangkan apabila Liverpool meraih kemenangan, maka play off kedua tim ini akan terjadi untuk memperebutkan peringkat Ke Empat dan Lima.

Memang Liga Inggris Premier League musim ini tetap menyisakan kejutan untuk terus ditunggu. Jadi siapa menurut anda yang akan lolos ke Liga Champions ?