Manchester United 2017/2018 : Musim Kedua Mourinho = Juara ?

0
450
Manchester United 2017/2018 : Musim Kedua Mourinho = Juara ?
Manchester United 2017/2018 : Musim Kedua Mourinho = Juara ?

Manchester United 2017/2018 : Musim Kedua Mourinho = Juara ? – Hanya orang gila yang menganggap Mourinho gagal di musim pertamanya bersama Manchester United musim lalu. Pria asal Portugal tersebut tak tanggung-tanggung langsung memberikan tiga trophy juara hanya di musim debutnya bersama MU. Tetapi tentu saja akan ada banyak harapan yang lebih besar lagi di musim keduanya ini. Kali ini Mantapbola akan menyorot tentang Manchester United dengan Jose Mourinho di musim 2017/2018 mendatang…..

Manchester United Musim 2016/2017

United mengawali musim lalu dengan meraih sebuah gelar Community Shield melawan Leicester City di Wembley dalam pertandingan perdana Jose Mourinho dan mengakhiri musim dengan kembali meraih gelar Europa League saat mereka mengalahkan Ajax di Stockholm. Final lainnya yang mereka menangkan di musim lalu adalah Final Piala EFL yang menghibur lewat kemenangan 3-2 atas Southampton.

Keberhasilan United merengkuh gelar-gelar tersebut tentunya dibarengi pula dengan harga yang sedikit mahal. Mereka hanya membuat sedikit perkembangan di Premier League, finish keenam setelah berulang kali terjerembab di papan tengah pada awal musim. Kegagalan untuk mengalahkan tim-tim yang berperingkat menengah ke bawah di Old Trafford terbukti menjadi perusak dan Mourinho memilih untuk menyelamatkan musim perdananya dengan meraih beberapa gelar yang terbukti jitu.

Keberhasilannya membawa Manchester United meraih gelar Europa League menjadikan MU tim kelima dari Premier League yang akan bersaing di kompetisi Liga Champions musim 2017/2018.

Mourinho berharap Paul Pogba akan bersinar di musim ini
Mourinho berharap Paul Pogba akan bersinar di musim ini
Harapan dan Ekspektasi Musim 2017/2018

Sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson, United memang seolah sedang mengalami sindrom kejatuhan. Peringkat mereka di klasemen menunjukkan hal tersebut, peringkat ketujuh, keempat, kelima dan keenam. Tak pernah lagi mereka mampu sekedar untuk bersaing merebut gelar juara Liga Inggris.

Namun harapan itu mulai tumbuh kembali di musim 2017/2018, hal itu terletak pada sosok Jose Mourinho agar dapat memperbaiki secara signifikan keberuntungan dan performa dari tim berjuluk ” Setan Merah ” ini. Apalagi sejarah Jose Mourinho sangat cemerlang di musim kedua setiap klub yang dilatihnya.

Mourinho memenangkan gelar liga domestik di musim keduanya untuk Porto, Inter Milan, Real Madrid dan saat kepulangannya ke Chelsea.

Selain itu, Mourinho juga membawa dirinya dan Manchester United kembali ke Liga Champions, sebuah kompetisi yang telah ia menangkan dua kali dan mencapai delapan kali babak semifinal ! Menambah rekor delapan kali mencapai semifinal Liga Champions menjadi sembilan kali di musim ini menjadi target yang diusung Mourinho, namun terlebih dahulu mereka harus mampu melewati babak penyisihan grup, suatu hal yang gagal dilakukan oleh Louis Van Gaal pada tahun 2015.

Romelu Lukaku diharapkan menghasilkan banyak gol musim 2017/2018
Romelu Lukaku diharapkan menghasilkan banyak gol musim 2017/2018
Transaksi Transfer 

United menjadi salah satu klub yang sibuk di bursa transfer musim panas 2017/2018 ini. Kepergian kapten tim Wayne Rooney setelah 13 tahun di Old Trafford menjadi salah satu topiknya. Namun dibalik kepergian salah satu pemain besar mereka tersebut ada pemain besar lainnya yang tiba.

Selain Rooney, Zlatan Ibrahimovic sebagai pencetak gol terbanyak MU musim lalu juga dibiarkan pergi. Sebagai gantinya, Mourinho berpaling ke mantan anak didiknya yang terbuang di Chelsea, Romelu Lukaku sebagai mesin gol mereka musim depan. Pergantian ini tampaknya ideal untuk Manchester United.

Usai di sektor depan, Mourinho berpaling ke sektor belakang. Harapannya adalah masuknya seorang pemain baru lainnya dan itu terpenuhi dengan direkrutnya Victor Lindelof dari Benfica. Selain itu untuk lini tengah Mourinho masih terus memantau masuknya dua pemain buruan mereka Nemanja Matic dan Eric Dier.

Mourinho telah mengakui bahwa ia sebenarnya membutuhkan dua pemain tengah lagi untuk memperkuat Manchester United. Namun kemungkinan besar ia hanya bisa mendapatkan satu orang pemain saja.

” Saya senang dengan skuad saya tapi saya ingin menambah dua pemain lagi .. pemain lini tengah akan memberi saya lebih banyak pilihan untuk menyeimbangkan tim. Saya membutuhkan pemain menyerang, terutama yang bisa bermain melalui sayap untuk memberi saya lebih banyak pilihan menyerang. ” katanya kepada wartawan pada saat tur pra musim MU di Amerika Serikat.

” Saya ingin dua pemain lagi tapi mungkin saya hanya bisa mendapatkan satu pemain lagi saja “

Mourinho menjelaskan alasannya memilih Romelu Lukaku dibandingkan Alvaro Morata
Mourinho menjelaskan alasannya memilih Romelu Lukaku dibandingkan Alvaro Morata
Masalah Manchester United 2017/2018

Musim 2017/2018 Manchester United perlu memperkuat dan meningkatkan daya serangan mereka terutama tembakan-tembakan yang dilakukan ke arah gawang jika mereka ingin bersaing menjadi juara. Lukaku jelas tidak bisa melakukan itu sendiri, pemain asal Belgia tersebut membutuhkan pelayanan yang lebih baik untuk dapat memberikan dampak besar bagi MU.

Kreatifitas para pemain sayap serta pemain tengah perlu menjadi prioritas, dengan Mourinho mengatakan akan membawa satu atau dua pemain di lini tengah lagi tentu ini akan memberikan kekuatan baru di tengah, apalagi mereka telah memiliki seorang Paul Pogba.

MU yang mampu meraih kemenangan di dua laga final serta berhasil mempertahankan status tanpa kebobolan melawan empat tim teratas Liga Inggris musim lalu telah menunjukkan bahwa Mourinho tahu persis bagaimana menghadapi sesama tim besar lainnya di Premier League.

Namun dengan total hanya delapan kali kemenangan kandang, jelas sangat kurang untuk tim yang menargetkan bersaing merebut gelar juara musim ini. Bahkan United gagal mencetak gol ke gawang tim seperti West Brom, Burnley dan Hull City di Old Trafford. Jika masalah-masalah ini mampu diatasi, tak dapat disangkal United akan menjadi calon kuat juara musim 2017/2018.

Peluang Juara Manchester United 

Manchester United berada di pasaran 100/30 untuk menjadi juara musim 2017/2018, hal ini mereka menjadi favorit kedua untuk menjadi juara. Ini merupakan langkah tinggi setelah hanya finish peringkat keenam musim lalu. Namun di dua musim lalu menghasilkan tim juara yang juga telah melakukan lompatan besar dalam hal peringkat. Leicester City berada di peringkat 14 musim 2014/2015 dan menjadi juara musim 2015/2016 sedangkan Chelsea yang menjadi juara musim lalu berada di peringkat ke 10 musim 2015/2016.