Liverpool Musim 2017/2018

0
515
Liverpool Musim 2017/2018
Liverpool Musim 2017/2018

Liverpool Musim 2017/2018 – Kembalinya Liverpool ke Liga Champions musim 2017/2018 tentu tidak lepas dari peran manajer mereka, Jurgen Klopp yang kini menjadi tokoh populer di Anfield. Tetapi setelah kesuksesan tersebut, ekspektasi dan harapan dari para pendukung tentu bertambah besar apalagi telah sangat lama, Liverpool tak pernah lagi mampu meraih gelar juara Liga Inggris sejak terakhi melakukannya di musim 1989/1990. Mampukah Jurgen Klopp melakukannya di musim 2017/2018 ? Kali ini Mantapbola akan menyoroti kiprah dan kinerja Liverpool untuk musim 2017/2018 mendatang….

Liverpool Musim 2016/2017

Musim lalu, Liverpool berhasil finish di peringkat keempat klasemen akhir Liga Inggris bersama Jurgen Klopp yang melakukan debut semusim penuh pertamanya di kota pelabuhan tersebut. ” The Reds ” sempat memberikan perlawanan dan menjadi ancaman utama Chelsea dalam upayanya merebut gelar juara.

Kemenangan 1-0 atas Manchester City pada malam tahun baru menjadikan Liverpool empat poin bersih dari City yang ada di peringkat ketiga. Namun sayangnya, tanpa kemenangan di bulan Januari yang diikuti oleh cederanya beberapa pemain kunci mengakhiri harapan mereka untuk terus menekan Chelsea.

Liverpool juga telah keluar dari persaingan Piala FA setelah disisihkan oleh tim divisi Championship, Wolverhampton yang membawa keraguan akan kapasitas tim untuk setidaknya mendapatkan salah satu tiket ke Liga Champions. Tetapi untunglah, tim asuhan Jurgen Klopp balik menggebrak dengan meraih kemenangan penting atas Tottenham Hotspur dan Arsenal serta mencatatkan 8 gol tanpa kemasukan di bulan Mei.

Harapan dan Ekspektasi Musim 2017/2018

Liverpool diuntungkan karena tidak memiliki jadwal untuk bermain di kompetisi Eropa musim lalu sehingga ada keraguan diantara penggemar kalau musim ini akan menjadi musim yang lebih sulit. Tapi fans dan penggemar Liverpool tentunya berharap posisi empat besar yang mendapatkan salah satu tiket ke Liga Champions dapat terus di pertahankan. Sementara penampilan yang lebih baik di tingkat Eropa tentunya menjadi salah satu kepuasan tersediri. Di musim 2017/2018 mendatang berarti Liverpool telah lima tahun tanpa mendapatkan sebuah trophy pun.

Jurgen Klopp memberi applaus kepada fans usai pertandingan persahabatan melawan Sydney FC
Jurgen Klopp memberi applaus kepada fans usai pertandingan persahabatan melawan Sydney FC
Transaksi Transfer 

Klopp cenderung bingung dan tidak terlalu bergairah dalam setiap jendela bursa transfer dan memang hal tersebut merupakan tipikal pelatih asal Jerman ini. Jurgen Klopp memang terkenal sebagai pengembang bakat seorang pemain yang ulung dibandingkan pembeli. Namun kedatangan Mohamed Salah dari AS Roma adalah hal yang signifikan dan terlihat sesuai bagi Liverpool.

Salah akan menjadi salah satu alternatif lainnya dari serangan balik cepat yang selalu dilakukan Liverpool selain itu pemain asal Mesir tersebut juga memberikan ancaman nyata terhadap lawan dari posisi yang lebih luas di area sisi lapangan.

Klopp berharap pemain baru Mohamed Salah dapat memberikan perbedaan di musim 2017/2018
Klopp berharap pemain baru Mohamed Salah dapat memberikan perbedaan di musim 2017/2018

Dominic Solanke juga tiba dari Chelsea dan telah menunjukkan apa yang bisa ia lakukan selama pra musim sementara kedatangan Andrew Robertson dari Hull City memberikan Klopp lebih leluasa dalam menyusun para pemain belakangnya. Sejauh ini Liverpool masih berharap kedatangan beberapa pemain terutama untuk Naby Keita dan Virgil Van Dijk. Jika kedua pemain ini jadi bergabung, dipastikan Liverpool akan selangkah lebih baik di bandingkan skuad yang ada saat ini.

Masalah Liverpool Musim 2017/2018

Musim lalu sangat jelas terlihat bahwa sektor belakang adalah masalah utama dari tim ini. Dan hal tersebut yang dicoba diatasi oleh Jurgen Klopp di musim ini dengan mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton. Keraguan akan para pemain belakangnya jelas masih terlihat.

Joel Matip dan Dejan Lovren saat ini merupakan duo pemain belakang terbaik yang dimiliki oleh Jurgen Klopp. Musim lalu Liverpool berhasil meraup 39 poin dari 18 pertandingan saat keduanya berada di atas lapangan. Tapi fakta bahwa hanya 20 pertandingan yang mereka mainkan bersama tentunya juga menjadi masalah utama bagi Liverpool. Klopp membutuhkan bek tengah yang stabil di sini itu kuncinya.

Sementara masalah klasik Liverpool juga masih terus sering timbul, kuat terhadap tim terbaik namun lemah terhadap tim yang seharusnya bisa dimenangkan. Tengok saja musim lalu, Liverpool tak terkalahkan saat berhadapan dengan delapan tim teratas di Liga Inggris.

Walau menjadi juara di turnamen mini Asia Trophy, namun Jurgen Klopp masih khawatir dengan lini belakang timnya
Walau menjadi juara di turnamen mini Asia Trophy, namun Jurgen Klopp masih khawatir dengan lini belakang timnya

Namun kekalahan saat bertandang ke Burnley dan Hull City serta ditaklukkan oleh Crystal Palace di Anfield dan Swansea City terbukti menjadi penghancur harapan mereka. Jika tren ini dapat dihentikan atau diperbaiki oleh Klopp di musim ini, maka Liverpool berpotensi membuat salah satu kejutan.

Peluang Juara Liverpool

Liverpool berada di pasaran 10/1 untuk menjadi juara Liga Inggris di musim 2017/2018 dan itu tetap menjadi fakta bahwa mereka tidak di jagokan betul untuk menjadi juara musim ini. Tantangan besar mereka yang akan berkompetisi di berbagai kompetisi musim depan menjadi salah satu keraguan. Namun, Klopp tetap yakin akan komposisi pemain yang dimilikinya namun kami berpendapat, musim ini belum menjadi musimnya Liverpool. Untuk bersaing di peringkat empat besar, mungkin menjadi hasil terbaik Liverpool musim 2017/2018.