Krusialnya Joel Matip Bagi Liverpool

0
164
Krusialnya Joel Matip Bagi Liverpool
Krusialnya Joel Matip Bagi Liverpool

Mantapbola.com, – Kekhawatiran fans Liverpool terkait absennya Joel Matip dalam lawatan ke Bournemouth terbukti menjadi kenyataan. Dalam pertandingan yang berlangsung malam tadi Liverpool menelan kekalahan dengan skor 4 – 3 setelah sebelumnya dua kali unggul atas tuan rumah.

Kekalahan dramatis Liverpool 3-4 malam tadi, dimana 3 gol Bournemouth di cetak dalam rentang waktu 14 menit menjadi kekalahan pertama mereka sejak terakhir kali menelan kekalahan atas Burnley di bulan Agustus lalu. Ada satu sosok yang tidak bermain dalam pertandingan melawan Bournemouth tersebut, dia adalah Joel Matip yang harus absen akibat didera cedera angkel.

Pemain yang di datangkan dimusim panas lalu ini, juga belum bermain saat Liverpool mengalahkan Arsenal dalam pertandingan yang mereka menangkan dengan skor 4 – 3, namun setelahnya Matip selalu bermain dalam 11 pertandingan liga Inggris. Untuk semua kritik di lini belakang, dengan Matip Liverpool telah menunjukkan peningkatan yang sangat baik.

Dari statistik yang ada terlihat bahwa Liverpool musim ini jika kehilangan Matip bagaikan batu karang yang hancur lebur di telan ombak. Dalam tiga pertandingan tanpa Matip Liverpool telah kebobolan 9 gol serupa dengan 11 pertandingan ketika dirinya berada di lapangan.

Pemain Kunci Liverpool ?

Premier League 2016/17 P W D L Win % Points pg
Dengan Matip 11 8 3 0 73% 2.45
Tanpa Matip 3 1 0 2 33% 1.00

Dari statistik diatas terlihat jelas betapa sentralnya peran seorang Matip di lapangan. Sejauh ini kedatangan Matip ke Liverpool tanpa mengeluarkan sesen pun biaya, bisa jadi merupakan rekrutan terbaik Jurgen Klopp.

Lini belakang memang menjadi penyakit kronis Liverpool musim ini. Para defender the Reds kerap sekali melakukan kesalahan-kesalahan elementer yang berujung gol dari pihak lawan. Menurut catatan Opta, hanya West Ham United tim yang sedang berjuang di papan bawah klasemen yang telah membuat kesalahan lebih banyak dibandingkan Liverpool.

Joel Matip tidak diragukan menjadi tokoh sentral lini belakang Liverpool
Joel Matip tidak diragukan menjadi tokoh sentral lini belakang Liverpool

Nathaniel Clyne melakukan kesalahan saat Liverpool dikalahkan oleh Burnley, sementara Lucas terlihat seperti membiarkan dengan bebas Jamie Vardy mencetak gol untuk Leicester. Dejan Lovren sangat beruntung, kesalahannya tidak berujung kehilangan poin penuh ketika melawan Crystal Palace. Namun kesalahan demi kesalahan tersebut akhirnya dihukum kekalahan dramatis hari Minggu kemarin.

Penguasaan bola yang buruk dari penjaga gawang Loris Karius, seolah mensyaratkan Divock Origi harus mencetak lebih banyak gol lagi. Penalti dan gol pertama Bournemouth juga diawali dari kecerobohan Lovren yang menempatkan Milner dalam kesulitan. Bek kiri tersebut kemudian menjatuhkan Ryan Fraser. Liverpool benar-benar terlihat tak tenang di lini belakang.

Liverpool dengan dan tanpa Matip

Premier League 2016/17 Main Gol Tercipta Kebobolan 2 atau lebih Persentase kebobolan
Dengan Matip 11 9 1 0.82
Tanpa Matip 3 9 3 3.00

” Joel bukanlah orang yang banyak berbicara, tapi dia sangat tenang ” kata Klopp baru-baru ini. ” Dalam beberapa minggu pertama dia mengatakan kepada saya kalau dirinya dapat membantu tim dan itu adalah tanda kepercayaan diri “

Menurut Opta, Joel Matip belum membuat sebuah kesalahan yang berujung tembakan lawan apalagi gol. Sebuah statistik yang tentunya amat dibutuhkan oleh Liverpool di musim ini. Selain itu, Matip membuat lebih banyak bloking dibandingkan seluruh pemain Liverpool, dan hanya Jordan Henderson yang membuat lebih banyak intersep dibandingkan Matip.

Dengan kekalahan terkini tersebut membuktikan lini belakang Liverpool masih terlihat sangat rawan untuk mengarungi musim ini. Namun ada satu sisi positifnya yaitu sisi penyerangan mereka terbukti tidak tergantung pada sosok Philippe Coutinho yang juga sedang cedera.

Liverpool cukup beruntung mampu mendapatkan Joel Matip musim panas kemarin. Dan untuk sementara mereka bisa menempatkan harapan di pundaknya. Dengan rekor dan statistik diatas terlihat bahwa kehadiran satu orang bisa mengatasi berbagai persoalan mereka di lini belakang. Joel Matip akan menjadi tokoh kunci Liverpool musim ini, persoalan akan menjadi besar apabila Matip harus absen dalam waktu lama.