Klub Inggris di Kompetisi Eropa Musim 2017-2018

0
555
Klub Inggris di Kompetisi Eropa Musim 2017-2018
Klub Inggris di Kompetisi Eropa Musim 2017-2018

Mengingat musim kompetisi 2016-2017 yang menjelang usai, dan hampir telah dipastikannya sejumlah klub menjadi perwakilan Inggris di kejuaraan Eropa musim depan, maka mari kita lihat siapa-siapa saja klub Inggris di kompetisi Eropa musim 2017-2018 mendatang serta bagaimana regulasinya ….

Musim 2016-2017 ini Leicester City menjadi tim dengan penampilan terbaik di kompetisi Liga Champions Eropa, sementara Manchester United berhasil mempertahankan gengsi Premier League dengan meraih salah satu tiket ke babak final Piala Europa League.

Namun sesungguhnya gambaran pasti, tim-tim Inggris yang akan berkompetisi di kejuaraan Eropa musim depan belumlah usai. Mari kita simak penjelasan berikut ini …

DAFTAR GRATIS SBOBET BOLA MINIMAL DEPOSIT 50 RIBU RAIH CASHBACK 10% UNTUK SPORTSBOOK

Metode dan Cara Menentukan Tim-Tim Inggris Lolos Ke Kejuaraan Eropa

  1. Peringkat Liga – Juara Liga Inggris akan secara otomatis berada di babak grup kejuaraan Liga Champions bersama dengan peringkat Kedua liga dan Ketiga. Peringkat ke Empat liga akan bertarung terlebih dahulu ke babak kualifikasi Liga Champions dari babak play-off. Sedangkan peringkat ke Lima mendapatkan tiket langsung menuju babak grup Europa League.
  2. Juara Liga Champions – Tim yang berhasil menjadi Juara Liga Champions mendapatkan jaminan langsung bermain di kompetisi Liga Champions dari babak penyisihan grup musim depan, tak perduli berada di peringkat ke berapa tim tersebut di Liga Inggris.
  3. Juara Europa League – Mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Liga Champions melalui babak play-off
  4. Juara FA Cup – Juara Piala FA otomatis mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Europa League dari babak penyisihan grup
  5. Juara Piala EFL – Mendapatkan tiket langsung menuju kejuaraan Europa League dari babak kualifikasi Ketiga
Arsenal, berpeluang besar untuk absen di Liga Champions musim depan
Arsenal, berpeluang besar untuk absen di Liga Champions musim depan

Pengaruh dan Dampak Kejuaraan Piala FA

Babak final kejuaraan Piala FA akan mempertemukan Arsenal melawan Chelsea di akhir bulan ini. Normalnya, pemenang dari kejuaraan Piala FA ini akan mendapatkan sebuah tiket menuju kejuaraan Europa League di babak penyisihan grup musim depan.

Tetapi, karena kedua tim yang tampil di babak final ini sudah memastikan salah satu tiket ke Eropa musim depan melalui jalur peringkat, maka jatah untuk tim yang mendapatkan salah satu tiket ke kejuaraan Europa League ini akan dialihkan ke tim yang menduduki peringkat ke Enam pada klasemen Akhir Premier League.

Tetapi anomali lainnya kembali timbul, saat ini yang menduduki peringkat ke enam di Premier League adalah Manchester United dan mereka telah mendapatkan gelar Piala EFL / Piala Liga Inggris, dimana pemenang dari Piala EFL ini akan mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Europa League dari babak kualifikasi penyisihan ketiga.

Jadi jatah yang telah didapatkan Manchester United dari Juara Piala EFL ini akan dilimpahkan ke tim peringkat ketujuh pada klasemen akhir Liga Inggris musim ini. Yang berarti Everton, tim yang dipastikan berada di peringkat tujuh besar akan melaju ke kejuaraan Europa League musim depan.

Manchester United sangat berpeluang menuju Liga Champions Musim depan jika Juara Europa League musim ini
Manchester United sangat berpeluang menuju Liga Champions Musim depan jika Juara Europa League musim ini

Jika Manchester United Menang di Final Europa League, apakah Jatah tim Inggris ke Kejuaraan Eropa akan bertambah ?

Tidak, kemenangan Manchester United di babak final Europa League musim ini atas Ajax akan menempatkan mereka bermain ke kejuaraan Liga Champions musim depan. Sementara jatah Europa League mereka tidak akan dilimpahkan kepada tim peringkat ke Delapan liga Inggris musim ini.

Skenario yang terjadi jika Manchester United menang di Europa League musim ini adalah tim Inggris akan diwakili oleh Empat Tim di kompetisi Liga Champions ditambah tiga tim di kompetisi Europa League atau Lima Tim di Kompetisi Liga Champions dan Dua tim di kejuaraan Europa League.

Skenario dan kemungkinan Tim-Tim Inggris di Kompetisi Eropa Musim 2017-2018

  • Chelsea – Tim juara Liga Inggris musim 2016-2017 ini yang berarti mereka dipastikan akan berada dalam daftar unggulan di babak grup Liga Champions musim depan.
  • Tottenham Hotspur – Sudah dipastikan menjadi runner-up Liga Inggris musim ini berarti mereka menjadi salah satu tim yang akan bermain dari babak grup Liga Champions musim depan.
  • Liverpool – Sudah memastikan diri mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Eropa musim depan. Namun belum dapat dipastikan mereka akan bermain di kompetisi Eropa yang mana. Jika mereka finish di peringkat ketiga Liga Inggris maka mereka akan langsung bermain di Liga Champions dari babak penyisihan grup. Namun jika mereka finish ke Empat maka harus melalui babak kualifikasi Play-off Liga Champions atau bahkan mereka harus bermain di Europa League dari babak penyisihan grup jika hanya finish di peringkat ke Lima.
  • Manchester City – Sudah memastikan diri mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Eropa musim depan. Mereka akan bertarung di kejuaraan Liga Champions dari babak penyisihan grup jika finish di peringkat ke Tiga Liga Inggris, melalui babak kualifikasi Liga Champions jika finish peringkat ke Empat atau bahkan hanya bermain di kompetisi Europa League dari babak penyisihan Grup jika finish di peringkat ke Lima.
  • Arsenal – Sudah memastikan diri mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Eropa musim depan. Mereka akan bertarung di kejuaraan Liga Champions dari babak penyisihan grup jika finish di peringkat ke Tiga Liga Inggris, melalui babak kualifikasi Liga Champions jika finish peringkat ke Empat atau bermain di kejuaraan Europa League dari babak penyisihan grup jika mereka finish di peringkat ke Lima atau Enam. Terlepas dari apapun hasil yang didapatkan mereka pada babak final Piala FA
  • Manchester United – Juga merupakan salah satu tim yang sudah dipastikan mendapatkan salah satu tiket menuju kejuaraan Eropa musim depan. Khusus untuk United, mereka bisa saja merubah peruntungan mereka dari yang tadinya hanya bermain di kompetisi Europa League ( dari jalur peringkat yang mendapatkan limpahan dari juara Piala FA ) menjadi bermain di kompetisi Liga Champions. Asalkan mereka mampu menjadi juara Europa League musim ini melawan Ajax.
  • Everton – Tim Ketujuh yang akan mewakili Inggris di kejuaraan Eropa musim depan. Mereka mendapatkan jatah ini berkat limpahan dari juara Piala EFL Cup yang diraih oleh Manchester United, sedangkan Manchester United sudah meraihnya dari jalur peringkat Liga.