Chelsea Musim 2017/2018

0
579
Chelsea Musim 2017/2018
Chelsea Musim 2017/2018

Chelsea Musim 2017/2018 – Antonio Conte berhasil mengantarkan Chelsea meraih gelar liga utama Inggris di musim perdananya sebagai manajer. Tetapi bisakah ia mempertahankan gelar yang telah diraihnya tersebut dimusim lalu ? Apa saja yang perlu di perbaiki dari Chelsea dan siapa-siapa saja pemain yang telah masuk di bursa transfer musim panas kali ini ? Pada edisi ini, Mantapbola akan mencoba menyoroti Chelsea dengan Antonio Conte untuk musim 2017/2018

Chelsea Musim 2016/2017

Chelsea bangkit kembali dari musim 2015/2016 yang menyedihkan dimana mereka terdampar di peringkat ke 10 klasemen akhir liga Inggris dengan menjadi juara di musim berikutnya 2016/2017 dibawah komando Antonio Conte. Peralihan formasi ke 3-4-3 setelah kekalahan atas Arsenal di bulan September, terbukti menjadi katalis kebangkitan Chelsea yang mencatatkan rekor kemenangan beruntun sebanyak 13 kemenangan.

Usai memastikan diri menjadi juara Liga Inggris musim 2016/2017, The Blues sebenarnya amat difavoritkan untuk meraih gelar ganda setelah mereka mencapai babak final Piala FA untuk bertemu dengan seteru abadinya, Arsenal. Namun menderita kekalahan mengejutkan 1-2 di Wembley.

Meski begitu, musim 2016/2017 adalah musim yang amat sukses untuk Chelsea dengan gelandang N’Golo Kante mengklaim penghargaan PFA dan FWA di musim pertamanya bersama klub asal London ini, sementara Conte dinobatkan menjadi manajer LMA tahun ini.

Conte meraih gelar juara liga inggris di musim perdananya bersama Chelsea
Conte meraih gelar juara liga inggris di musim perdananya bersama Chelsea
Harapan dan Ekspektasi Musim 2017/2018

Conte telah menaikkan kembali harapan dari seluruh pendukung Chelsea di musim lalu tetapi merasakan gelar juara bukan hal aneh lagi suporter Stamford Bridge. Manajer sebelumnya, Jose Mourinho juga membawa Chelsea meraih gelar juara pada tahun 2015. Harapan dari para pendukung Chelsea saat ini adalah Conte mampu membangun sebuah dinasti, membangun sebuah pondasi yang kokoh bagi Chelsea ke depannya.

Salah satu tantangan yang terberat di Chelsea saat ini adalah untuk terus menaikkan standart dan tujuan dari para pemain bintang yang ada di tim. Hal ini tentunya dapat diperoleh dengan kesuksesan di Liga Champions yang mana merupakan salah satu kelemahan Conte sebagai manajer.

Transaksi Transfer

Kepergian kapten dan ikon klub, John Terry meninggalkan kekosongan di ruang ganti namun lini belakang Chelsea seharusnya lebih kuat terutama berkat masuknya pemain internasional Jerman Antonio Rudiger dari AS Roma. Di Chelsea, Rudiger diharapkan akan mengisi posisi bek kanan dalam formasi tiga pemain belakang Conte, posisi ini memungkinkan perubahan posisi untuk Cesar Azpilicueta.

Tiemoue Bakayoko juga baru tiba dengan reputasi besar setelah musim yang mengesankan di AS Monaco. Pemain ini menjadi pilihan bagi Conte di lini tengah dengan menduetkan dirinya bersama dengan Kante. Tapi mungkin perubahan paling signifikan dalam personil Chelsea adalah bakal keluarnya Diego Costa meskipun sang pemain tersebut telah mencetak total 20 gol di Premier League musim lalu.

Conte harus memikirkan pengganti yang sepadan untuk Diego Costa
Conte harus memikirkan pengganti yang sepadan untuk Diego Costa

Perginya Costa akan diiringi dengan masuknya pemain asal Real Madrid, Alvaro Morata yang didatangkan dengan harga 70 juta poundsterling.

Masalah Chelsea 2017/2018

Morata memang memiliki reputasi sebagai pencetak gol andal, namun baik di Real Madrid dan di Juventus tidak pernah mencapai lebih dari 15 gol semusim. Hal ini memberikan keraguan akan kemampuan dirinya sebagai juru gedor utama Chelsea dalam upayanya mempertahankan gelar utama Premier League. Morata juga akan terus diperbandingkan dengan Romelu Lukaku yang juga di targetkan Chelsea namun memilih untuk bergabung bersama Manchester United.

Dalam hal yang lebih luas, Chelsea juga harus mampu memotivasi para pemainnya. Tak diragukan Chelsea memang di isi oleh skuad yang di huni oleh para pemain berkualitas tinggi seperti Eden Hazard tapi pemain-pemain ini harus terus di dorong untuk tahun demi tahun agar tetap lapar akan gelar.

Peluang Juara Chelsea

Chelsea berada di pasaran 7/2 atau merupakan favorit ketiga untuk mempertahankan gelar juara mereka di musim lalu. Hal ini jelas agak membingungkan karena Manchester United yang finish di peringkat ke enam musim lalu justru diunggulkan lebih tinggi dibandingkan Chelsea musim ini.