Arsenal Musim 2017/2018

0
260
Arsenal Musim 2017/2018
Arsenal Musim 2017/2018

Arsenal Musim 2017/2018 – Arsenal memenangkan Piala FA Ketiga mereka dalam empat tahun terakhir ketika di musim lalu berhasil kembali menjadi yang terbaik di kompetisi tertua Inggris tersebut setelah mengalahkan Chelsea 2-1. Namun keberhasilan tersebut memakan korban, untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade terakhir mereka harus absen di ajang Liga Champions. Kali ini Mantapbola akan mencoba menyoroti kiprah Arsene Wenger untuk kembali membawa Arsenal ke puncak Liga Inggris di musim 2017/2018….

Arsenal Musim 2017/2018

Arsene Wenger mengakhiri musim yang sulit pada saat ia memimpin Arsenal meraih kemenangan di final Piala FA atas Chelsea musim lalu. Raihan Piala FA yang ke tiga dalam empat tahun terakhir tersebut namun prestasi tersebut tak serta merta di rayakan dengan penuh sukacita oleh para pendukung Arsenal, penyebabnya apalagi kegagalan berpartisipasi di kejuaraan tertinggi Eropa, Liga Champions menjadi penyebabnya.

Harapan dan Ekspektasi Musim 2017/2018

Arsene Wenger sebenarnya sangat beruntung di bandingkan beberapa manajer lainnya di Inggris. Ia tidak mengalami berbagai tekanan dan perselisihan dengan dewan pengurus klub hal yang justru sangat sering terjadi pada koleganya di berbagai klub lainnya. Namun di musim 2017/2018, baik dewan klub maupun pendukung jelas mengharapkan peringkat yang lebih baik di bandingkan musim lalu.

Arsene Wenger menggenggam trophy Piala FA bersama Hector Bellerin
Arsene Wenger menggenggam trophy Piala FA bersama Hector Bellerin

Absennya mereka di Liga Champions mungkin bisa menjadi berkah karena mereka bisa lebih memprioritaskan diri di Liga domestik Inggris. Mengamankan posisi mereka kembali ke deretan top di Inggris menjadi persyaratan minimum yang harus didapatkan oleh Arsenal di musim 2017/2018.

Transaksi Transfer

Alexander Lacazette adalah tajuk utama di klub setelah ia bergabung dari Lyon dalam sebuah kesepakatan yang di percaya bernilai £ 52 juta. Pemain yang berposisi sebagai striker ini datang setelah mencetak 113 gol bagi klub asal Prancis tersebut dalam empat musim terakhir.

Selain itu, The Gunners juga telah mendatangkan bek kiri Sead Kolasinac dari Schalke. Selain kedatangan beberapa pemain, Arsenal akan berusaha untuk tidak kehilangan bintang-bintangnya seperti beberapa tahun ke belakang. Alexis Sanchez yang di isukan akan keluar dari Emirates akan di pertahankan walaupun baru-baru ini pemain asal Chile tersebut menolak menandatangani kontrak baru.

Alexander Lacazette telah tampil bersama Arsenal di pra season musim ini
Alexander Lacazette telah tampil bersama Arsenal di pra season musim ini

Hal yang sama juga berlaku pada pemain lainnya seperti Mesut Ozil, Alex Oxlade-Chamberlain, Olivier Giroud dan Jack Wilshere.

Masalah Arsenal 2017/2018

Akhirnya Arsene Wenger melunak dan mendatangkan striker berkualitas di jendela transfer musim panas musim ini. Ia mendatangkan Lacazette pemain asal Lyon yang berusia 26 tahun. Tekanan akan meningkat padanya jika Alexis Sanchez memutuskan untuk keluar dari Emirates, tapi terlepas apa yang akan terjadi di bursa transfer mendatang, Arsenal tidak seharusnya terlalu fokus pada masalah di lini depan saja.

The Gunners terlihat keropos di lini belakangnya musim lalu dan menderita kebobolan banyak gol di Premier League ( 44 ) dibandingkan empat musim sebelumnya. Kelemahan di lini belakang ini dimanfaatkan dengan leluasa oleh Liverpool, Chelsea, West Brom dan Crystal Palace serta tentu saja kekalahan identik dengan skor 1-5 atas Bayern Munchen di Liga Champions.

Banyak yang meragukan kalau Arsenal mampu mempertahankan Alexis Sanchez musim ini
Banyak yang meragukan kalau Arsenal mampu mempertahankan Alexis Sanchez musim ini

Masalah di lini belakang ini baru bisa teratasi ketika Arsene Wenger mengambil langkah ekstrim dengan mengubah formasi empat pemain sejajarnya di belakang menjadi hanya tiga pemain bertahan. Tapi masalah belum selesai sampai disana, Wenger masih perlu untuk menemukan keseimbangan yang tepat di lini tengah.

Granit Xhaka dan Aaron Ramsey menunjukkan potensi yang sangat mengesankan di minggu-minggu terakhir, namun absennya Santi Cazorla dalam jangka panjang masih akan menjadi masalah bagi Wenger.

Peluang Juara Arsenal

Arsenal mendapatkan pasaran sebesar 10/1 untuk meraih gelar juara di Liga Inggris musim ini, jauh dari peluang juara yang didapatkan oleh Manchester United, Chelsea bahkan rival utama mereka Tottenham Hotspur. Kemungkinan itu masih bisa berubah tergantung dari apa yang akan mereka lakukan di bursa transfer kali ini.