Man Of The Match AFF Suzuki Cup 2016: Fachruddin Aryanto

0
233

Man Of The Match AFF Suzuki Cup 2016: Fachruddin Aryanto 

Mantap bola 23 November 2016

Bek timnas Indonesia ini mampu membuat pemain Filipina frustrasi, serta menyumbang satu gol bagi skuat Garuda.

Ambisi Indonesia untuk memetik kemenangan di matchday kedua Grup A AFF Suzuki Cup 2016 kandas setelah hanya bermain imbang 2-2 melawan Filipina di Stadion Philippine Sports, Selasa (22/11) malam WIB.

Namun penampilan cemerlang Fachruddin Aryanto patut mendapat apresiasi. Bek Sriwijaya FC ini membuka keunggulan Indonesia ketika laga baru berjalan tujuh menit dengan menanduk bola tendangan bebas Stefano Lilipaly, kendati ditempel ketat Martin Steuble. Sundulan itu membuat Fachruddin menjadi pencetak gol ke-50 bagi Merah Putih di pesta sepakbola dua tahunan se-Asia Tenggara ini.

Bukan itu saja, Fachruddin bisa dibilang bekerja lebih keras, mengingat tandemnya di bek tengah, Rudolof Yanto Basna beberapa kali kehilangan posisi, dan melakukan kesalahan mendasar. Pemain berusia 27 tahun ini pun terpaksa harus menutup lubang di sektor pertahanan.

Hal tersebut terlihat dari gol penyeimbang Filipina yang dilesakkan Misagh Bahadoran pada menit ke-31. Fachruddin saat itu melakukan penjagaan terhadap Mike Ott dan Amani Agunaldo untuk mengganggu pergerakan kedua pemain tuan rumah.

Sedangkan posisi Yanto Basna lebih dekat ke Misagh. Namun bek Persib Bandung itu tidak terlihat bergerak ketika Misagh menyambut bola tendangan bebas Stephan Schrock. Fachruddin yang berada di posisi lebih jauh sudah tidak bisa mengejar Misagh, sehingga striker Filipina ini bisa menyontek bola dengan mudah.

Secara keseluruhan Fachruddin bermain bagus di laga ini. Beberapa kali ia harus melakukan penyelamatan. Berdasarkan statistik Labbola, Fachruddin dua kali memblok peluang yang dimiliki Filipina. Fachruddin juga hanya dua kali melakukan pelanggaran, serta memiliki akurasi sodoran bola 78 persen.