Transfer Kylian Mbappe : Kenapa Harganya Sangat Tinggi ?

0
238
Transfer Kylian Mbappe : Kenapa Harganya Sangat Tinggi ?
Transfer Kylian Mbappe : Kenapa Harganya Sangat Tinggi ?

Transfer Kylian Mbappe : Kenapa Harganya Sangat Tinggi ? – Kylian Mbappe, remaja yang baru saja menjalani satu musim di sepakbola profesional tampaknya akan segera memecahkan rekor transfer dunia tapi mengapa ia begitu diminati oleh klub-klub besar Eropa ? dengan bantuan analisis tim pakar dari Skysports mari kita memeriksa pemain yang musim lalu mengantarkan Monaco berhasil mencapai babak semifinal Liga Champions Eropa tersebut…

Kylian Mbappe dilaporkan memiliki harga sebesar £160 juta !! Harga ini justru melampaui harga seorang Romelu Lukaku hingga £70 juta yang ditransfer oleh Manchester United dari Everton musim panas ini dan melampaui rekor transfer dunia milik Paul Pogba. Yang lebih mengejutkan adalah pemain ini baru bermain sebagai starter sebanyak 19 kali saja untuk AS Monaco musim lalu.

Akibatnya, wajar jika orang bertanya-tanya, ” apa sih yang hebat dari seorang Kylian Mbappe ini ” ? Apa yang membuatnya begitu spesial sehingga pantas dihargai sedemikian tingginya oleh Monaco ?

Mungkin sedikit masuk akal untuk memulainya dengan angka mentah, rekor demi rekor.

Mbappe melakukan debutnya untuk AS Monaco pada bulan Desember 2015, bermain tandang menghadapi Tottenham Hotspur di Europa League. Dia mencetak gol pertamanya sebagai pemain senior dalam sebuah kemenangan kandang atas Troyes di bulan Februari tahun lalu dan menjadi starter dalam kemenangan tandang atas PSG di Paris pada bulan berikutnya.

Kylian Mbappe telah di isukan pindah ke Real Madrid dengan transfer besar
Kylian Mbappe telah di isukan pindah ke Real Madrid dengan transfer besar

Tapi di musim lalulah Mbappe benar-benar mulai mencuri perhatian dunia. Ia menjadi salah satu tim muda yang diandalkan oleh Monaco ia melangkah maju di panggung Liga Champions dengan amat bergaya mencetak gol spektakuler dalam laga kandang dan tandang melawan tim sekelas Manchester City dan Borussia Dortmund untuk menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol dalam empat penampilan awalnya di babak gugur Liga Champions.

Di liga domestik, mereka meraih gelar juara di liga kompetisi Ligue 1 Prancis dengan Mbappe memberikan kontribusi vital bagi kemenangan mengejutkan Monaco. Dia total mencetak 15 gol di liga domestik Prancis, kedua tertinggi di tim setelah pemain senior Radamel Falcao.

Mungkin bagi para pembaca hal tersebut masih biasa-biasa saja. Namun patut diketahui ia mencatatkan seluruh total golnya tersebut dimulai dari pergantian tahun setelah di masa-masa awal musim 2016/2017 perannya belum sevital setelah tahun 2017.

Total 15 golnya tersebut di catatkannya hanya dalam 1501 menit bermain di atas lapangan. Merupakan waktu tersedikit yang mampu dicatatkan oleh seorang pemain mana pun di Liga Prancis untuk mencatatkan jumlah gol double digit. Bila digabungkan dengan delapan assistnya maka skala sebenarnya dari kontribusi Mbappe semakin jelas terlihat. Mbappe terlibat langsung dalam terjadinya gol untuk Monaco di liga setiap 65 menit pertandingan !!

Kylian Mbappe penyelesai peluang terbaik di Eropa musim 2016/2017
Kylian Mbappe penyelesai peluang terbaik di Eropa musim 2016/2017

Rory Campbell seorang direktur C&N Sporting Risk dan pakar analisis yang telah bekerja untuk Premier League, percaya bahwa statistik yang dicatatkan oleh Mbappe menunjukkan bahwa ia adalah bakat unik.

Dalam gambar diatas adalah jumlah ” Expected Goal ” atau nilai yang diberikan kepada setiap pemain atau tim tentang berapa banyak gol yang seharusnya terjadi berdasarkan peluang yang mereka miliki, tertera jelas kalau nama Mbappe berada di urutan teratas bahkan mengalahkan pemain-pemain terbaik dunia seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Luis Suarez yang kesemuanya berada dalam 6 daftar terbaik di Eropa.

Hal ini menjelaskan mengapa AS Monaco mati-matian mempertahankan aset berharganya ini. Seorang ahli sepakbola yang pastinya telah diketahui pula oleh tim-tim besar Eropa yang antri untuk mendapatkannya tentu juga telah mengetahui hal ini. Mereka tidak hanya melihat angka-angka rekor mentahnya saja, walaupun juga mengagumkan namun lebih dari itu Mbappe dinilai memiliki karakter dan kecerdasan yang dibutuhkan oleh sepakbola modern dewasa ini.

Jika dibuat perbandingan, Cristiano Ronaldo baru memasuki tahap menjanjikan di usia 18 tahun saat bersama Sporting Lisbon dan Lionel Messi baru saja memulai karirinya yang gemilang di Barcelona. Sementara Kylian Mbappe telah menunjukkan bakat dan gairahnya bermain sepakbola dan telah mencetak gol yang jauh lebih banyak dibandingkan kedua pemain superstar sepakbola tersebut pada usia 18 tahun.

Bertaruh untuk membelinya ? semua statistik dan data telah menunjukkan kalau Kylian Mbappe akan menjadi salah satu pemain terbaik dunia dalam satu dekade kedepan. Hal itu pulalah yang membuat Real Madrid, Arsenal, Bayern Munchen dan Manchester City antri untuk mendapatkan tanda tangan dirinya.