Release Clause dan Buyout Clause, Apa sih Itu ?

0
352
Release Clause dan Buyout Clause, Apa sih Itu ?
Release Clause dan Buyout Clause, Apa sih Itu ?

Release Clause dan Buyout Clause, Apa sih Itu ? – Dunia sepakbola kembali dihebohkan dengan transfer super besar dari Neymar yang pindah dari Barcelona ke PSG. Klub asal Prancis tersebut dikabarkan mengaktifkan Buy-out Clause Neymar seharga £198 juta yang membuat Barcelona tak mampu menahan kepergian pemain asal Brasil tersebut. Namun disamping kepindahan tersebut, penggemar sepakbola mungkin ada yang sedikit bertanya-tanya tentang beberapa istilah yang digunakan diatas, apa sih Buy-out Clause ? selain buy-out clause ada pula yang disebut dengan Release Clause. 

Keduanya sekilas terlihat memiliki persamaan namun sebenarnya ada perbedaan jelas antara keduanya. Jika dijelaskan secara sederhana maka keduanya bisa saja diartikan sebagai sebuah klausul dalam kontrak seorang pemain dimana ketika sebuah klub lain ingin membeli pemain yang bersangkutan namun masih memiliki kontrak dengan klub lamanya, maka klub peminat tersebut harus melakukan pembayaran dengan nominal jumlah uang yang telah ditetapkan dalam klausul kontrak tersebut.

Namun pada prakteknya terdapat perbedaan yang sangat jelas antara keduanya yang akan kami jelaskan lebih rinci dibawah ini…

Release Clause dalam Sepakbola

Kita mulai dari release clause, istilah ini adalah sebuah biaya transfer Minimum yang telah dipatok oleh klub kepada pemainnya terutama apabila ada klub lainnya yang berminat untuk membeli pemain tersebut. Jika klub peminat tersebut sanggup untuk membayar dengan harga yang telah ditetapkan dalam release clause tersebut, maka klub asalnya harus menerima tawaran tersebut dan mempersilahkan pemainnya untuk bernegosiasi dengan klub peminat dirinya tersebut.

Banyak pemain sepakbola di dunia ini memiliki release clause dalam kontrak mereka dengan klub. Beberapa diantaranya yang sangat terkenal untuk saat ini adalah Gianluigi Donnarumma dan Jermaine Defoe.

Gianluigi Donnarumma memiliki kontrak baru bersama AC Milan dimana didalam kontrak baru tersebut memiliki sebuah release clause yang mengatakan bahwa Donnarumma memiliki release clause sebesar 100 juta Euro. Namun apabila AC Milan gagal lolos ke Liga Champions maka release clausenya turun 50% menjadi hanya 50 juta Euro.

Sementara untuk Jermaine Defoe ia memiliki kontrak dengan Sunderland yang memiliki release clause untuk melepas Jermaine Defoe secara gratis apabila Sunderland mengalami degradasi. Malangnya, Sunderland benar-benar mengalami degradasi musim 2016/2017 lalu maka otomatis Defoe bukan lagi berstatus pemain Sunderland.

Mengapa Release Clause diberlakukan ?

Release Clause diberlakukan untuk mencegah terjadinya tindak sewenang-wenang terhadap karir pemain. Seperti pada contoh release clause dari Donnarumma diatas. Donnarumma telah dikenal luas sebagai salah satu penjaga gawang paling berbakat saat ini. Ia juga telah digadang-gadang menjadi pengganti ideal bagi Gianluigi Buffon sebagai penjaga gawang di tim nasional Italia.

Maka agar bakatnya semakin terasah Donnarumma tentu harus memiliki klub yang terus bermain di ajang tertinggi klub sepakbola Eropa tersebut. Jika AC Milan tidak sanggup membawa Donnarumma ke Liga Champions musim depan maka nominal release clause nya harus diturunkan agar klub-klub Eropa tertarik untuk membelinya.

Buy-Out Clause

Buy-out Clause adalah sebuah sistem yang lazim diterapkan oleh klub-klub Spanyol. Pada setiap kontrak pemain yang dilakukan di La Liga memang setiap klub wajib memberikan jumlah Buyout Clause tersebut. Harga yang ada juga terkadang sangat jauh melewati batas normal dari harga pasar apalagi jika pemain tersebut bermain untuk tim raksasa di Spanyol seperti Real Madrid atau Barcelona.

Buyout Clause dalam Sepakbola

Berbeda dengan release clause yang telah di jabarkan diatas, maka dalam buyout clause ini si pemain sendirilah yang harus membayar sejumlah biaya untuk melepas dirinya dari klub lama. Tetapi pada prakteknya tetap klub peminatlah yang lebih sering memberikan dana kepada pemain untuk membayarkan uang tebusan buyout clause dirinya.

Siapa-siapa saja yang memiliki buyout clause, tentu saja hampir seluruh pemain di liga Spanyol memiliki nominal buyout clausenya sendiri-sendiri, tetapi ada beberapa nama yang patut untuk kita ketahui karena memang pemain-pemain ini bertipe bintang dunia.

PEMAINKLUBNOMINAL BUYOUT CLAUSE
Cristiano RonaldoReal Madrid€1 Milyar
Karim BenzemaReal Madrid€1 Milyar
Gareth BaleReal Madrid€500 juta
James RodriguezReal Madrid€500 juta
Luka ModricReal Madrid€500 juta
Lionel MessiBarcelona€300 juta
Toni KroosReal Madrid€300 juta
NeymarBarcelona€222 juta

Jadi pada intinya adalah dengan adanya release clause dan buyout clause ini pihak klub merasa lebih tenang apabila pemain andalannya diincar oleh klub-klub lainnya. Namun apabila si pemain sendiri tidak lagi dibutuhkan oleh klubnya saat ini, klub peminat juga bisa mendapatkan pemain tersebut tanpa harus membayarkan release clause atau buyout clause si pemain tersebut.

Seperti pada contoh terbaru, dimana pemain Real Madrid James Rodriguez yang di pinjamkan ke Bayern Munchen selama dua musim. Padahal seperti yang kita ketahui James Rodriguez memiliki buyout clause yang cukup besar hingga mencapai 500 juta Euro.