Rekor Transfer Pemain Sepakbola Termahal di Dunia

0
286
Rekor Transfer Pemain Sepakbola Termahal di Dunia

Rekor Transfer Pemain Sepakbola Termahal di Dunia – Dengan pindahnya Neymar dari Barcelona ke PSG dengan harga yang mencapai £198 juta, ia menjadi pemain termahal di dunia mengalahkan rekor sebelumnya milik Paul Pogba seharga £93,25 juta dari Juventus ke Manchester United musim lalu. Mantapbola telah membuat secara lengkap kronologis dan daftar pemain termahal di dunia sejak tahun 1992 … selamat menikmati

Neymar menjadi sensasi baru di dunia sepakbola setelah transfernya dari Barcelona ke Paris Saint Germain seharga £198 juta atau mengalami kenaikan sebesar 110 persen dari transfer yang sebenarnya juga sangat besar, £93,25 juta atas nama Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United, musim panas tahun lalu.

Transfer ini seolah mengulangi transfer termahal nyaris satu abad sebelumnya di tahun 1932, saat Bernabe Ferreyra bergabung dengan River Plate seharga £23.000 untuk mematahkan transfer termahal sebelumnya milik David Jack seharga £10.890 ke Arsenal.

Lonjakan harga transfer pemain usai Neymar pindah ke PSG
Lonjakan harga transfer pemain usai Neymar pindah ke PSG

Kami telah merangkum secara lengkap kenaikan biaya transfer pemain sepakbola yang terus meroket dari tahun 1992 hingga saat ini ….

1992 – Jean – Pierre Papin ( £10 juta )

Jean-Pierre Papin mencatatkan total 285 penampilan liga bersama Marseille dan menjadi pemain terbaik Eropa pada tahun 1991 sebelum mengakhirinya dengan rekor transfer sebesar £10 juta ke AC Milan pada bulan Juli 1992.

Namun sayang, karir hebatnya bersama Marseille tak menular bersama Milan. Pemain yang berposisi sebagai striker tersebut hanya tampil sebanyak 40 kali di Serie A dan mencetak 18 gol sebelum akhirnya pindah ke Bayern Munchen pada tahun 1994 dan akhirnya kembali Ligue 1 pada tahun 1996 bersama Bordeaux, Guingamp dan pensiun sebagai pesepakbola bersama Saint-Pierroise.

1992 – Gianluca Vialli ( £12 juta )

Beberapa hari setelah Papin menandatangani kontrak baru dengan AC Milan, Juventus memecahkan rekor dunia lagi saat mereka mendatangkan Gianluca Vialli seharga £12 juta setelah pemain internasional Italia tersebut membantu Sampdoria mencapai babak final Piala European Cup.

Vialli menghabiskan empat musim yang sukses di Turin, bermain bersama bintang-bintang lainnya Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, Fabrizio Ravanelli dan Paulo Di Canio sebelum bergabung dengan Chelsea pada tahun 1996.

1992 – Gianluigi Lentini ( £13 juta )

AC Milan kembali memecahkan rekor setelah beberapa Minggu penandatanganan Vialli ke Juventus. Kali ini Milan mendatangkan pemain sayap Torino Gianluigi Lentini seharga £13 juta. Transfer ini menjadi transfer gagal lainnya oleh Milan karena sang pemain mengalami kecelakaan mobil serius pada tahun 1993.

Lentini akhirnya kembali bergabung dengan Torino tiga tahun kemudian setelah membuat 60 penampilan bersama Milan.

1996 – Ronaldo ( £13,2 Juta )

Empat tahun usai rekor transfer dunia milik Gianluigi Lentini, Barcelona menjadi pelaku utama yang memecahkan rekor dunia tersebut dengan mendatangkan striker PSV Eindhoven seharga £13,2 juta. Pemain asal Brasil tersebut menarik perhatian dunia usai mencetak 54 gol dalam 58 penampilan di Eredivisie.

Bersama Barcelona, Ronaldo langsung menggebrak di La Liga dan mencetak gol kemenangan di final Piala Winners Eropa melawan Paris Saint Germain dan memenangkan FIFA World Player of the Year pada usia 20 tahun. Tapi ia meninggalkan Barcelona setelah hanya bermain selama satu musim karena masalah kontrak.

1996 – Alan Shearer ( £15 juta )

Alan Shearer menjadi pemain Liga utama Inggris pertama yang memecahkan rekor transfer dunia pada bulan Juli 1996 saat ia memutuskan untuk bergabung dengan Newcastle United dari Balckburn Rovers seharga £15 juta. Shearer saat itu berstatus pemain terbaik usai membawa Blackburn menjadi juara Liga Inggris pada musim 1994/1995 serta membantu Inggris mencapai semifinal Euro 1996.

Shearer bermain selama satu dekade di St James Park sebelum pensiun dan menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris sepanjang masa dengan total 260 gol, rekor yang masih bertahan hingga saat ini.

1997 – Ronaldo ( £19,5 Juta )

Untuk kedua kalinya Ronaldo memecahkan rekor transfer dunia dalam setahun setelah hanya semusim di Barcelona pemain asal Brasil tersebut menerima pinangan Inter Milan dengan harga £19,5 Juta pada bulan Juli 1997.

Pada tahun yang sama, Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia FIFA untuk kedua kalinya dan memenangkan Ballon d’Or. Dia menghabiskan empat tahun di Serie A dan memenangkan Piala Dunia bersama tim nasional Brasil sebelum menandatangani kotrak baru dengan Real Madrid pada tahun 2002.

1998 – Denilson ( £21,5 Juta )

Real Betis menjadi topik utama pada transfer musim panas tahun 1998 setelah mereka mendatangkan pemain Brasil lainnya Denilson dari Sao Paulo dengan rekor transfer dunia £21,5 Juta.

Denilson menghabiskan tujuh tahun di La Liga dengan waktu singkat di Flamengo pada tahun 2000 sebelum akhirnya menandatangani kontrak baru bersama Bordeaux pada tahun 2005.

1999 – Christian Vieri ( £32,1 Juta )

Inter Milan kembali memecahkan rekor transfer dunia pada tahun 1999 setelah berhasil mendatangkan striker kuat Lazio, Christian Vieri dengan harga yang mencapai £32,1 juta. Sebelumnya pemain internasional Italia tersebut telah bermain bersama beberapa klub lainnya di Eropa seperti Juventus dan Atletico Madrid.

Di Inter Milan, duet Vieri dan Ronaldo menjadi salah satu duet paling mematikan yang pernah ada. Total Vieri mencetak 103 gol dalam 143 penampilan di liga sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke AC Milan pada tahun 2005. Di penghujung karirnya Vieri sempat membela beberapa klub lagi seperti Monaco, Sampdoria, Atalanta dan Fiorentina.

2000 – Hernan Crespo ( £35,5 Juta )

Lazio menggunakan dana yang didapatkan dari penjualan Christian Vieri untuk mendatangkan seorang penyerang berkelas lainnya, Hernan Crespo dari Parma dengan harga yang mencapai £35,5 juta pada musim panas tahun 2000. Dengan harga tersebut, pemain asal Argentina ini menjadi pemain termahal di dunia.

Crespo langsung tancap gas dengan menjadi pencetak gol terbanyak Serie A di musim pertamanya bersama Lazio namun semusim berikutnya ia terpaksa di jual ke Inter Milan akibat mengalami masalah krisis finansial. Usai membela Inter Milan, Crespo bergabung dengan Chelsea di Premier League sebelum bergabung dengan beberapa klub lainnya AC Milan, Genoa, kembali ke Inter Milan dan menghabiskan karirnya sebagai pemain bersama Parma.

2000 – Luis Figo ( £37 Juta )

Playmaker Portugal Luis Figo memulai periode 13 tahun pembelian pemain mahal di Real Madrid yang di juluki Galacticos. Selain itu Figo juga menjadi sorotan utama dunia ketika ia memutuskan untuk hijrah dari Barcelona ke Real Madrid seharga £37 juta yang menjadi rekor dunia saat itu.

Figo dianugerahi Ballon d’Or di tahun yang sama dan menghabiskan lima tahun di Madrid. Ia meraih dua gelar La Liga dan memenangkan Liga Champions pada tahun 2002. Di akhir karirnya ia menghabiskan empat musim bersama Inter Milan di Serie A.

2001 – Zinedine Zidane ( £47,2 Juta )

Satu tahun setelah Luis Figo bergabung ke Real Madrid, klub ibukota Spanyol tersebut kembali memecahkan rekor transfer dunia dengan mendatangkan Zinedine Zidane seharga £47,2 juta dari Juventus. Zidane sebelumnya telah dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia usai meraih dua gelar Serie A dan Ballon d’Or pada tahun 1998 selama berkiprah di Turin.

Pemain asal Prancis tersebut membantu Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions lewat gol cantiknya di final melawan Bayer Leverkusen tahun 2002 serta memenangkan gelar La Liga dan menjadi pemain terbaik dunia FIFA untuk ketiga kalinya sepanjang karirnya ditahun 2003.

Sayangnya, Zidane mengakhiri karir sebagai pemain dengan kontroversial setelah diusir wasit pada menit ke 110 dalam final Piala Dunia tahun 2006 karena menanduk pemain belakang Italia Marco Materazzi.

Usai pensiun sebagai pemain, Zidane kembali ke Real Madrid sebagai pelatih tim junior ( Castilla ) pada tahun 2014 sebelum akhirnya diangkat menjadi pelatih senior Real Madrid pada tahun 2016.

2009 – Kaka ( £59 Juta )

Butuh waktu hingga delapan tahun untuk memecahkan rekor transfer dunia milik Zinedine Zidane saat Kaka menjadi Galactico berikutnya di Real Madrid yang didatangkan dari AC Milan seharga £59 juta. Sebelumnya Kaka bermain amat cemerlang bersama Milan mencetak total 70 gol dalam 193 penampilan di Serie A.

Selain itu Kaka juga memenangkan Piala Dunia bersama Brasil tahun 2002, Liga Champions tahun 2007 dan dianugerahi FIFA World of the Year dan Ballon d’Or tahun 2002.

Kaka menghabiskan empat musim di Madrid sebelum akhirnya kembali ke Milan dengan status bebas transfer.

2009 – Cristiano Ronaldo ( £80 Juta )

Satu bulan setelah kedatangan Kaka, Real Madrid kembali memecahkan rekor transfer dunia setelah mencapai kesepakatan dengan Manchester United untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo seharga £80 juta. Sebelumnya pemain asal Portugal tersebut telah memenangkan empat gelar liga Inggris, Liga Champions dan meraih predikat pemain terbaik dunia Ballon d’Or pada tahun 2008.

Hingga saat ini, Ronaldo telah menyelesaikan sembilan musim sebagai pemain Real Madrid dan sudah mencetak berbagai rekor. Bersama Madrid ia telah memenangkan dua gelar La Liga, Tiga final liga Champions dan tiga penghargaan Ballon d’Or.

2013 – Gareth Bale ( £85,3 Juta )

Pemain asal Wales, Gareth Bale menjadi pemain termahal dunia pada tahun 2013 dan menjadi pemecah transfer dunia untuk yang keempat kalinya secara beruntun atas nama Real Madrid. Hal ini terjadi ketika Bale menerima pinangan Real Madrid dari Tottenham Hotspur dengan harga yang mencapai £85,3 juta.

Hingga saat ini, Bale telah mencetak 54 gol dalam 100 penampilan liga dan memenangkan tiga gelar liga Champions serta membantu Real Madrid meraih gelar La Liga pertama mereka dalam lima tahun terakhir musim lalu.

2016 – Paul Pogba ( £93,25 Juta )

Jose Mourinho mendatangkan pemain pertamanya sebagai manajer Manchester United dengan memecahkan rekor transfer dunia atas nama gelandang Juventus, Paul Pogba dengan harga £93,25 juta pada tahun 2016.

Bersama MU, Pogba membantu timnya meraih gelar juara Europa League untuk menjamin salah satu tempat di babak penyisihan grup Liga Champions 2017/2018.

2017 – Neymar ( £198 Juta )

Transfer Paul Pogba yang sudah terhitung luar biasa besar tersebut ternyata hanya berumur satu tahun saja saat Neymar memutuskan untuk pindah dari Barcelona ke PSG pada bursa transfer musim panas tahun 2017 ini. PSG mengaktifkan klausul kontrak Neymar seharga £198 juta untuk menjadi pemain termahal di dunia yang mengalami peningkatan sebesar 110%.

Di Barcelona, Neymar telah memenangkan dua gelar La Liga dan sebuah Liga Champions pada musim 2014/2015 dan ia akan bergabung dengan sesama koleganya asal Brasil seperti Dani Alves, Thiago Silva, Marquinhos dan Lucas Moura yang telah lebih dulu bergabung di klub raksasa asal Prancis tersebut.