Pantaskah Neymar Dihargai 200 juta Poundsterling ?

0
314
Pantaskah Neymar Dihargai 200 juta Poundsterling ?

Pantaskah Neymar Dihargai 200 juta Poundsterling ? – Mengapa Paris Saint Germain rela mengeluarkan dana fantastis sebesar £200 juta untuk seorang Neymar ? Pantaskah pemain asal Brasil tersebut ditebus dengan harga lebih dua kali lipat dibandingkan rekor pemain termahal sebelumnya milik Paul Pogba ? Setidaknya menurut Jose Mourinho, manajer Manchester United percaya bahwa seorang Neymar sangat pantas untuk dihargai sedemikian tingginya. Dalam artikel berikut ini kami akan memberikan sedikit penjelasan untuk itu….selamat membaca …

Neymar menjadi topik pembicaraan sepakbola dunia setelah menyelesaikan transfer super besarnya seharga nyaris £200 juta dari Barcelona ke Paris Saint Germain. Jose Mourinho yang pernah menghadapi pemain ini sewaktu melatih Real Madrid mengungkapkan bahwa Neymar sangat pantas dan harganya yang menjadi rekor dunia transfer pemain sepakbola terbaru tersebut tidaklah mahal.

” Saya tidak berpikir ( Neymar ) mahal…. Neymar adalah salah satu pemain terbaik di dunia, secara komersial dia sangat memiliki nilai jual yang tinggi dan pasti PSG juga telah memikirkannya “

Jadi, apa alasan logis dari PSG sehingga rela menggelontorkan budget super mahal tersebut ?

Pemain asal Brasil berusia 25 tahun tersebut masuk dalam lima pemain teratas sebagai pemain paling berharga di lima Liga Top Eropa. Berdasarkan laporan dari kelompok riset CIES Football Observatory, Neymar diklaim memiliki harga yang mencapai £186 juta.

Penelitian dan riset tersebut dilakukan pada bulan Juni lalu dan terbukti hanya satu bulan kemudian, PSG menebusnya dengan mengaktifkan klausul buy-out nya dari Barcelona yang memiliki harga £200 juta.

Penilaian Harga Pemain

Penilaian harga pemain yang dilakukan oleh CIES Football Observatory tersebut menempatkan bobot yang cukup besar pada pemain-pemain muda. Beberapa pemain berusia tak lebih dari 25 tahun seperti Dele Alli ( £139 juta ) dan Harry Kane ( £137 juta ) bahkan menempati peringkat kedua dan ketiga sebagai pemain termahal di dunia. Memang masih dibawah Neymar ( £186 juta ) namun berada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan dua pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi ( £136 juta ) dan Cristiano Ronaldo !

Hasil penelitian dan riset CIES ini diambil berdasarkan beberapa kriteria seperti kinerja pemain yang bersangkutan, posisi pemain, pengalaman, status internasional, panjang dan lama kontrak pemain, prestasi, tingkat persaingan yang ada serta hasil atau dampak yang diberikan oleh pemain tersebut.

Neymar adalah pemain paling berharga di dunia berdasarkan CIES
Neymar adalah pemain paling berharga di dunia berdasarkan CIES

Neymar yang masih berusia 25 tahun, telah memenangkan dua gelar La Liga, Liga Champions dan mencetak total 105 gol dalam 186 penampilan di semua kompetisi sejak bergabung dengan Barcelona dari Santos pada tahun 2009 lalu.

Di panggung dunia, Neymar telah mengumpulkan 77 penampilan bersama tim nasional Senior Brasil serta telah mencetak 52 gol untuk tim samba di seluruh kompetisi.

Dalam hal status kontrak, Neymar baru saja menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun dengan Barcelona di bulan Oktober tahun 2016 lalu yang juga memberikan kontribusi dan pengaruh besar pada harganya yang melonjak tinggi.

Statistik di Lapangan
Statistik Neymar melewati catatan rata-rata penyerang terbaik di lima liga top Eropa
Statistik Neymar melewati catatan rata-rata penyerang terbaik di lima liga top Eropa

Neymar mencatatkan total 2.652 menit bermain bersama Barcelona musim 2016/2017 lalu hanya di La Liga dan walaupun kalah dalam hal total gol dibandingkan rekan-rekannya seperti Lionel Messi dan Luis Suarez, ia tetap mampu mencatatkan rataan 0,44 gol per pertandingan.

Namun jumlah golnya yang berkurang tersebut justru diimbangi pula dengan menciptakan assist yang besar. ia bahkan menciptakan rata-rata tiga peluang dalam setiap pertandingan.

Statistik Neymar melewati catatan rata-rata penyerang terbaik di lima liga top Eropa
Statistik Neymar melewati catatan rata-rata penyerang terbaik di lima liga top Eropa

Neymar juga mencatatkan rata-rata sebagai pemain yang paling sering dilanggar oleh lawan, selain itu ia juga menjadi pemain yang paling sering memenangkan duel perebutan bola diatas lapangan. Dengan catatan tersebut, tidak mengherankan kalau rataan 11 dribel per pertandingan yang dicatatkannya menjadi pemain dengan rataan dribel terbanyak dibandingkan pemain manapun di dunia.

Neymar nyaris tanpa kelemahan dibandingkan penyerang top lainnya di Eropa
Neymar nyaris tanpa kelemahan dibandingkan penyerang top lainnya di Eropa

Satu-satunya kelemahan yang dimiliki Neymar adalah bola-bola udara. Dengan hanya setinggi 175 cm, Neymar hanya mampu memenangkan sedikit perebutan bola-bola udara. Dan sebagai hasilnya, hanya satu gol yang mampu ia lesakkan di La Liga musim lalu lewat tandukan kepala.

Keinginan Pasar

Neymar adalah pemain ketiga yang paling laku di dunia dibelakang dua pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Setidaknya inilah hasil yang didapatkan oleh riset dari Brandtix Sport Index

Lionel Messi adalah pemain paling laku di dunia menurut Brandtix
Lionel Messi adalah pemain paling laku di dunia menurut Brandtix

Indeks Brandtix adalah sebuah penilaian yang mampu mengukur hingga lebih dari 1000 pemain dengan menggunakan algoritma yang merupakan faktor kombinasi antara pengikut di media sosial dan data yang ada di lapangan.

Neymar memiliki pengikut di media sosial sebesar 169,2 juta di instagram, facebook dan Twitter sejauh ini hanya ada satu pemain yang memiliki penggemar yang lebih besar yaitu Cristiano Ronaldo dengan jumlah 285,5 juta.

Lebih dari sepertiga penggemar Neymar berasal dari negara asalnya, Brasil ( 34 % ) diikuti oleh Prancis ( 17% ), Spanyol ( 10% ), Amerika Serikat ( 5% ) dan Argentina ( 3% )

Bahkan faktanya, Neymar sendiri bahkan jauh lebih populer dibandingkan PSG dengan total memiliki penggemar empat kali lebih banyak dari klubnya saat ini tersebut. PSG hanya memiliki total pengikut di media sosial sebesar 43,3 juta.

Namun walau menganggap bahwa harga Neymar tidaklah mahal, tetapi Mourinho mengungkapkan kekhawatirannya atas implikasi dari biaya pemecahan rekor yang luar biasa besar tersebut.

” Memang menurutku harga Neymar tidaklah mahal, namun dengan terjadinya hal tersebut dunia sepakbola akan memiliki harga baru dari seorang pemain. Akan ada lebih banyak pemain yang dihargai sebesar £100 juta dan akan lebih banyak lagi pemain yang memiliki harga £80 juta dan £60 juta. Itulah masalahnya “

” Jadi saya pikir masalahnya bukanlah pada Neymar namun konsekuensi dan dampak dari harga Neymar “