Laporan Pertandingan: Borussia Dortmund 1-0 Bayern Munich

0
136

Laporan Pertandingan: Borussia Dortmund 1-0 Bayern Munich 

Mantap Bola 20 November 2016

Der Klasikker edisi perdana musim ini di Bundesliga Jerman berhasil dimenangkan Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund sukses meraih kemenangan tipis 1-0 pada laga bergengsi lawan Bayern Munich di Signal Iduna Park.

Gol semata wayang Dortmund dicetak striker andalan mereka Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-11 di babak pertama.

Kedua tim menurunkan pasukan terkuat. Sadar harus menang untuk menurunkan RB Leipzig dari puncak klasemen, Carlo Ancelotti menurunkan semua pemain andalannya seperti Manuel Neuer, Mats Hummels, David Alaba, Thomas Muller, Franck Ribery hingga Robert Lewandowski.

Sementara itu tuan rumah, Thomas Tuchel butuh tiga angka untuk menjaga jarak dengan dua tim di atas hingga mereka tetap berada di jalur juara.

Seperti biasa laga Der Klasikker berlangsung di bawah tempo tinggi. Gengsi dipertaruhkan, kedua tim langsung menggebrak dan tuan rumah berhasil membuka gol.

Pada menit 11 serangan balik digagas Mario Gotze, penyerang yang pernah memperkuat Bayern ini lalu mengirimkan umpan yang disambar Aubameyang di depan gawang Neuer. 1-0 Dortmund unggul.

Tidak mau kalah, dua menit kemudian Bayern langsung menyerbu melalui Lewandowski tetapi mantan bomber Dortmund ini gagal melewati Piszczek sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang Burki.

Pressing ketat yang disajikan Dortmund terlihat berhasil karena Bayern kesulitan mengembangkan permainan meski secara umum lebih banyak menguasai bola tetapi mereka dipaksa mengandalkan bola-bola jauh yang tidak efektif.

Jelang babak pertama berakhir, gawang Dortmund nyaris bobol ketika crossing Lewandowski mengenai salah satu bek hingga berbelok arah, beruntung si kulit bulat menggelinding ke sisi gawang.

Pada menit 55 Bayern sukses menggetarkan gawang tuan rumah namun gol backheel Ribery ini dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda off-side.

Gawang Munich yang terlalu fokus pada serangan nyaris dibobol dua kali pada menit 71 saat Aubameyang sukes mencuri bola dan merangsek ke kotak penalti tetapi Neuer melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola ke sisi gawang.

Menjelang bubaran pertandingan laga semakin panas hingga memaksa wasit mencabut tiga kartu kuning untuk Adrian Ramos, Ribery dan Renato Sanchez.

Pada menit 93 Lewandowski nyaris membungkam Signal Iduna Park ketika menyambar sebuah umpan dari sisi kiri tetapi arah bola masih tipis menyamping. Hingga bubaran pertandingan skor 1-0 untuk Dortmund tidak berubah.

Dengan kemenangan ini Dortmund telah mengumpulkan 21 poin dari 11 pertandingan terpaut tiga dari Bayern di peringkat kedua sementara RB Leipzig masih mengejutkan sepakbola Jerman dengan menguasai klasemen sementara berkat 27 poin yang telah mereka amankan.