Beberapa Pertanyaan Mendasar Kepindahan Oscar Ke Liga China

0
306
Beberapa Pertanyaan Mendasar Kepindahan Oscar Ke Liga China
Beberapa Pertanyaan Mendasar Kepindahan Oscar Ke Liga China

Mantapbola.com, – Kepindahan Oscar telah mengejutkan dunia sepakbola, mengingat usianya yang masih amat muda 25 tahun dan masih sangat mampu untuk berkompetisi di liga Inggris.

Dalam artikel berikut ini kita akan membahas tentang beberapa pertanyaan mendasar kepindahan Oscar ke Super League China. Mulai dari siapa saja rekan setimnya nantinya di sana, dari mana dana finansial klub-klub liga China yang seolah tanpa batas dalam beberapa tahun belakang ini hingga beberapa pertanyaan mendasari kepindahan sang pemain.

  • Kenapa Oscar Pindah ke China ?

Ada satu hal yang paling penting menyangkut kepindahan pemain berusia 25 tahun ini yaitu persoalan dana. Dengan transfer yang mencapai 60 juta Poundsterling yang berarti Chelsea akan mendapatkan keuntungan lebih dari 35 juta Poundsterling. Ini adalah sebuah tawaran yang amat sayang untuk ditolak.

Bagi sang pemain sendiri juga akan mendapatkan keuntungan berlipat dalam hal keuangan. Dengan pendapatan yang dilaporkan mencapai 400 ribu poundsterling per pekan. Jumlah ini tentunya sangat fantastis dan tidak banyak di dunia ini ada seorang pemain yang mendapatkan bayaran sebesar itu sepekan.

Namun selain faktor keuangan, ada faktor lainnya di atas lapangan. Oscar menemukan posisinya saat ini di Chelsea berada dalam keadaan yang tak ideal. Dirinya tak masuk dalam bagian dari rencana Antonio Conte. Dengan hanya baru membuat 5 penampilan saja bersama The Blues di musim ini, jelas sangat kurang bagi seorang pemain yang baru berusia 25 tahun.

Sementara jika dirinya pindah ke Shanghai SIPG, dirinya akan menjadi pilihan pertama dan akan rutin bermain tiap pekannya. Apalagi melihat rekannya sesama tim asal Brazil yang menunjukkan bahwa masih sangat memungkinkan untuk melanjutkan karir walau bermain di timur jauh.

  • Siapa Saja Rekan Oscar Nantinya di Shanghai SIPG ?

Oscar dipastikan tidak akan kehilangan rekan-rekannya dan terlalu sulit untuk memahami kultur dan budaya di negri Tiongkok tersebut. Pasalnya beberapa mantan rekannya telah lebih dahulu bergabung di Liga China.

Hulk merupakan penyerang utama dari Shanghai SIPG
Hulk merupakan penyerang utama dari Shanghai SIPG

Mantan manager Chelsea, Andre Villas-Boas, yang meninggalkan Chelsea lima bulan sebelum kedatangan Oscar ke Stamford Bridge akan menjadi managernya di sana. Pelatih Portugal tersebut mengambil alih posisi tersebut dari Sven Goran Eriksson di bulan November lalu. ( Eriksson saat ini masih melatih di liga China namun di divisi 2 bersama Shenzhen FC ).

Sementara rekan setimnya di Brazil, Hulk yang bergabung dari Zenit St-Petersburg di bulan Juni lalu merupakan striker andalan klub asal kota Shanghai tersebut.

Di liga Super League China ada penetapan khusus bagi pemain asing yang hanya berjumlah 4 pemain ditambah 1 pemain asal Asia. Saat ini Shanghai SIPG sudah memiliki pemain asal Argentina Dario Conca, pemain asal Pantai Gading Jean Evrard Kouassi dan seorang pemain asal Korea Selatan Ju-Young Kim. Dengan tambahan Hulk dan Oscar berarti telah menggenapi kuota pemain asing.

Selain itu untuk pemain lokalnya ada nama-nama tenar di China seperti Yan Junling, Fu Huan, Sun Xiang, Yu Hai, Cai Huikang dan Wu Lei yang rutin mendapatkan panggilan tim nasional China.

  • Apakah Shanghai SIPG Cukup Bagus ?

Shanghai SIPG saat ini sedang melejit dan menjadi salah satu klub terkuat di liga China dan mereka memiliki ambisi besar kedepannya.

Sven Goran Eriksson membawa Shanghai SIPG keperingkat ketiga musim lalu
Sven Goran Eriksson membawa Shanghai SIPG keperingkat ketiga musim lalu

Sven Goran Eriksson diganti karena tidak mampu membawa tim ini kearah yang lebih tinggi pada tahun 2016 ini. Walaupun sebenarnya prestasinya tidak buruk-buruk amat. Eriksson membawa klub ini menjadi runner up liga China pada tahun 2015 serta lolos hingga ke babak perempat final pada kejuaraan Liga Champions Asia ( AFC ).

Shanghai SIPG sendiri baru promosi ke divisi dua pada tahun 2007 dan promosi ke Super League di tahun 2012. Saat ini mereka telah berada pada jajaran elit klub Super league China.

  • Darimana Keuangan Shanghai SIPG di peroleh ?

Shanghai SIPG yang mengeluarkan berbagai dana besar dalam beberapa tahun terakhir ini disokong oleh keuangan yang cukup stabil oleh induk perusahaannya Shanghai Internasional Port ( Group ) yang mengelola dermaga-dermaga di Shanghai. Saat ini mereka telah terdaftar di bursa saham Shanghai Stock Exchange.

Selain itu perusahan ini sebesar 61% nya dimiliki oleh pemerintahan kota Shanghai.

  • Siapa-siapa saja calon lawan dari Oscar di Liga China ?

Ada banyak nama besar yang berkecimpung di liga China diantaranya adalah Luiz Felipe Scolari ( Guangzhou Evergrande ) yang merupakan klub juara liga China tahun 2016. Klub ini merupakan rival utama Shanghai SIPG untuk tahun 2017.

Sementara itu ada mantan pemain Tottenham Hotspur Paulinho dan ex pemain Atletico Madrid Jackson Martinez.

Mantan Pemain Tottenham mengantarkan klubnya Guangzhou Evergrande menjadi juara musim lalu
Mantan Pemain Tottenham mengantarkan klubnya Guangzhou Evergrande menjadi juara musim lalu

Mantan pemain Chelsea, Demba Ba ( Shanghai Shenhua ), Ramires ( Jiangsu Suning ) dan Gael Kakuta ( Hebei China Fortune ) juga sudah bermain disana. Selain itu ada lagi Obafemi Martins ( Shenhua ) dan Papiss Cisse ( Shandong Luneng ) serta Striker Italia Graziano Pelle ( Shandong Luneng ).

Mantan pemain Arsenal, Gervinho, Stephane Mbia ( Keduanya di Hebei China Fortune ) dan target Liverpool, Alex Teixeira ( Jiangsu Suning ) juga bermain di liga super China.

Oscar juga akan bergabung dengan beberapa mantan pemain bintang Liga Inggris seperti Carlos Tevez ( dikabarkan sudah menyelesaikan masalah kontraknya ). Mantan penyerang Manchester United dan Manchester City itu dikabarkan akan segera menjadi pemain dengan bayaran termahal di dunia sebesar 610 ribu pounds per pekan bersama Shanghai Shenhua.

  • Siapa-siapa saja pemain lainnya yang dikabarkan akan bermain di Liga China ?

Selain Carlos Tevez yang dikabarkan akan segera bergabung ke Liga Super China, beberapa nama besar yang dikaitkan dengan kepindahan ke China adalah John Terry, Wayne Rooney dan Alexis Sanchez.

Carlos Tevez dilaporkan akan segera pindah ke Liga China
Carlos Tevez dilaporkan akan segera pindah ke Liga China

Beberapa pemain bahkan merupakan pemain-pemain kunci dari klub-klub di Premier League. Manager Chelsea, Antonio Conte bahkan menyebutkan dengan dana yang seolah tak terbatas di liga China akan menjadi ancaman nyata bagi Liga Inggris kedepannya.

 

LEAVE A REPLY