Apa Penyebab Neymar Ingin Tinggalkan Barcelona ?

0
344
Apa Penyebab Neymar Ingin Tinggalkan Barcelona ?
Apa Penyebab Neymar Ingin Tinggalkan Barcelona ?

Apa Penyebab Neymar Ingin Tinggalkan Barcelona ? – Setelah kabar tentang Cristiano Ronaldo yang akan meninggalkan Real Madrid, dunia kembali dihebohkan dengan akan hengkangnya Neymar dari Barcelona ke PSG di musim panas ini, tapi mengapa ia ingin tempat di salah satu klub tersukses di dunia dengan klub yang menempati peringkat kedua musim lalu di Liga Prancis dan tidak pernah memenangkan Liga Champions tersebut ? Mari kita lihat bersama ….

Setelah berminggu-minggu spekulasi, Gerrard Pique tampaknya berusaha untuk meredakan kekhawatiran Barcelona saat ia memasang photo dirinya bersama dengan Neymar dengan judul ” Ia bertahan di Barcelona “

Se queda.

A post shared by Gerard Piqué (@3gerardpique) on

Apakah keputusan tersebut sudah final ? Apakah Pique mendengarnya langsung dari Neymar ?

Dalam upayanya untuk menghentikan spekulasi yang terus bergulir, pihak klub Barcelona kabarnya telah meminta kepada Neymar sendiri untuk memberikan klarifikasi kepada penggemar di media sosial untuk membuat keadaan menjadi jelas kalau ia ingin bertahan di Barcelona. Namun hingga saat ini, Neymar tampaknya tidak berniat untuk melakukan hal tersebut.

Keraguan akan masa depan pemain asal Brasil ini Barcelona dan berita tentang transfer Neymar ini jelas menjadi transfer Saga terbesar di musim panas ini. Namun apa penyebabnya jika nantinya Neymar benar-benar meninggalkan Barcelona ?

Peran di Barcelona

Ketika anda adalah anggota dari trio penyerang superstar di dunia, maka anda membutuhkan pengorbanan demi kepentingan tim, namun Neymar mungkin merasa dirinya telah memberikan yang lebih banyak kepada tim dibandingkan rekan satu tim lainnya.

Neymar hanya mencetak 13 gol saja untuk Barcelona musim lalu
Neymar hanya mencetak 13 gol saja untuk Barcelona musim lalu

Setelah mencetak sedikitnya 20 gol di dua musim awal kedatangannya ke Barcelona, ia hanya mencetak 13 gol saja musim lalu. Ia di posisikan lebih ke pinggir kiri dan beralih fungsi dari juru gedor tim menjadi menciptakan peluang bagi Lionel Messi dan Luis Suarez yang total gol kedua pemain tersebut mencapai 66 gol.

Dia juga diperintahkan untuk kembali ke belakang dan membantu pertahanan – tidak seperti Messi.

Statistik La Liga Neymar

Neymar’s La Liga stats

2016/17 2015/16 2014/15
Menit Bermain 2652 3057 2572
Gol 13 24 22
Assist 11 12 7
Menjadi Aktor Utama

Meski ia tidak mencetak banyak gol musim lalu seperti pada 2015/2016, Neymar tetap merupakan pemain utama bagi tim. Setidaknya beberapa kali ia telah menjadi penyelamat bagi tim. Salah satu contoh yang paling nyata adalah ketika berhadapan dengan PSG di Liga Champions.

Dalam laga leg ke II Neymar mencetak dua gol, mendapatkan satu tendangan penalti dan memilih untuk mengumpan bagi Sergi Roberto dalam pesta kemenangan 6-1 Barcelona atas PSG.

Atas penampilannya yang menginspirasi tersebut, banyak kalangan menilai kalau Neymar adalah pemain yang bisa membawa tim ke arah yang lebih baik dengan atau tanpa Messi di sampingnya. Dan patut pula di ingat kalau Neymar adalah satu-satunya pemain Barcelona yang tetap mendapatkan pujian saat Barca menelan kekalahan 0-3 dari Juventus di babak semifinal Liga Champions musim lalu.

Neymar melakukan peran yang cemerlang saat melawan Juventus di Liga Champions musim lalu
Neymar melakukan peran yang cemerlang saat melawan Juventus di Liga Champions musim lalu

Neymar menyelesaikan 13 kali drible sukses saat melawan Juventus di leg ke dua di Nou Camp atau yang paling banyak di Liga Champions sejak 2014.

Neymar juga tetap tampil impresif kala mendapatkan peran yang lebih besar di tim ketika Messi absen. Neymar mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan saat pemain asal Argentina tersebut tertatih-tatih melawan Atletico Madrid pada akhir bulan September 2016 lalu dan mencetak 10 gol dari 9 laga tanpa adanya Messi di lapangan musim lalu.

Sebuah sumber dari Sky Sports melaporkan kalau Neymar telah frustasi dengan kondisinya di Barcelona yang hanya menjadi orang kedua dalam tim setelah Messi. Ia juga merasa dengan usianya yang telah menginjak 25 tahun ini adalah saat yang paling tepat untuk memenangkan Ballon d’Or.

Kepindahan Neymar ke PSG juga akan menguntungkan bagi dirinya dari segi financial
Kepindahan Neymar ke PSG juga akan menguntungkan bagi dirinya dari segi financial

Namun posisi Messi tetap berada pada hirarki tertinggi di Barcelona. Dan hal tersebut juga terlihat jelas terutama setelah Messi menerima perpanjangan kontrak empat tahun di musim panas ini.

Jika Neymar ingin memimpin sebuah tim dan memenangkan Ballon d’Or, seperti yang dilakukan Messi di Barcelona atau Cristiano Ronaldo di Real Madrid maka dia harus mencobanya di tempat lain karena dia tidak akan mendapatkan kesempatan di Nou Camp setidaknya untuk saat ini.

Tapi apakah peluangnya membaik jika dia bergabung dengan PSG ? Apalagi selama Messi masih bermain dan Cristiano Ronaldo yang terus mencetak gol di Madrid, bagaimana ia bisa menjadi pemain terbaik ? jawabannya adalah ia harus membawa PSG meraih gelar Liga Champions dan dia menjadi aktor utamanya seperti yang telah dilakukan oleh kedua pemain tersebut.

Tawaran Finansial Yang Besar

Faktor lainnya adalah finansial. Neymar menandatangani kontrak baru di Barcelona pada musim panas tahun lalu namun PSG akan memberikan lebih dibandingkan apa yang telah diberikan Barcelona kepadanya.

L’Equipe edisi terbaru mengabarkan kalau Neymar akan mendapatkan kontrak selama 6 tahun dengan pendapatan sebesar £500.000 per minggu. Sebuah kenaikan pendapatan yang luar biasa besar.

Tingkat prestise sebuah liga, komitmen terhadap Barcelona untuk mendapatkan gelar dan piala memang merupakan faktor terpenting seorang pemain memutuskan untuk bergabung kesebuah klub atau tidak, namun godaan uang tunai yang luar biasa besar tentu sulit untuk diabaikan.

Dani Alves salah satu teman terbaik Neymar telah bergabung dengan PSG musim 2017/2018
Dani Alves salah satu teman terbaik Neymar telah bergabung dengan PSG musim 2017/2018

Dan salah satu hal yang juga bisa menjadi pendorong ia bergabung dengan PSG adalah banyaknya teman dekatnya yang bermain di Parc des Princes. Mantan bek kanan Barcelona, Dani Alves baru saja menandatangani kontrak baru untuk klub tersebut, sementara Thiago Silva, Marquinhos dan Lucas Moura adalah rekan setimnya di tim nasional Brasil.

Proyek PSG

Raksasa Prancis, yang selalu kandas di Liga Champions dan di musim lalu bahkan kehilangan mahkota juara Liga Prancis untuk pertama kalinya sejak tahun 2012 telah bertekad untuk menjadi klub Prancis kedua yang akan memenangkan Liga Champions.

Walau mereka berhasil mengamankan Coupe de France dan Coupe de la Ligue itu semuanya masih belum cukup untuk sekelas PSG yang telah menggelontorkan banyak dana demi kesuksesan tim asal Paris ini.

Dalam beberapa musim terakhir mereka telah gagal mempertahankan Zlatan Ibrahimovic sementara pemain-pemain seperti Hatem Ben Arfa, Jese dan Grzegorz Krychowiak gagal bersinar. Jadi musim panas ini merupakan kesempatan untuk menyegarkan kembali kondisi tim lewat apa yang disebut kapten tim, Thiago Silva sebagai Proyek PSG.

” Klub ini memiliki begitu banyak ambisi ” kata Julian Draxler, salah satu pemain yang didatangkan dari Wolfsburg dengan harga besar pada bulan Januari lalu.

” Mereka ingin memenangkan Liga Champions dengan seluruh kemampuan mereka dan mereka melakukan segalanya untuk mewujudkan hal tersebut dengan pemain baru atau tempat latihan yang baru. “

” Klub sangat menginginkan hal tersebut, Saya pikir anda bisa melihat dari pemain yang telah kami miliki. Klub ini terus berkembang menjadi salah satu klub yang terbaik di Eropa dan mungkin saja PSG telah berada di jejeran tersebut “

Mungkinkah Neymar tergoda untuk bergabung sebagai aktor utama di PSG ? Sejauh ini mereka telah memiliki deretan pemain-pemain terbaik di Eropa dalam diri Angel di Maria, Marco Verratti, Edinson Cavani dan Thiago Silva, namun kepergian Zlatan Ibrahimovic tahun lalu, membuat klub ini harus mencari seorang aktor baru lagi diatas lapangan.

Itu mungkin akan menjadi tugas dan tantangan yang berat bagi direktur olahraga mereka yang baru, Antero Henrique. Nama ini bukanlah nama sembarangan di dunia sepakbola, ia lah yang menggali permata yang belum bersinar pada diri Radamel Falcao, James Rodriguez, Hulk dan Jackson Martinez saat berada di Porto namun tentu situasi dan kondisi di Porto dan PSG sangat berbeda.

Namun jika ia berhasil mendatangkan Neymar ke Parc des Princes hal itu akan menjadi awal yang terbaik bagi karir barunya di PSG.