Jeda Musim Dingin di Berbagai Liga Top Eropa

0
278
Jeda Musim Dingin di Berbagai Liga Top Eropa
Jeda Musim Dingin di Berbagai Liga Top Eropa

Mantapbola.com, – Liga Inggris memang gila, bagaimana tidak disaat yang sama hampir seluruh liga-liga top di Eropa sedang bersiap menghadapi jeda musim dingin, Liga Inggris ( baik Premier league maupun Football League yang menaungi divisi championship maupun leeague one dan seterusnya ) justru sedang gencar-gencarnya.

Berhubungan dengan tradisi di masyarakat Inggris, Boxing day akan tetap dilakukan di musim ini. Liga Inggris akan terus bermain hingga pada malam tahun baru nantinya tanggal 31 Desember 2016.

Bahkan tim-tim di premier league akan melakukan lima pertandingan secara marathon, termasuk satu diantaranya pertandingan di Piala FA babak ketiga.

Liga Dengan Jeda Musim Dingin terpanjang

Jadi Liga Top Mana di Eropa yang memiliki liburan terpanjang ? jawabannya adalah Bundesliga Jerman. Tim-tim dari Jerman akan memulai liburan panjangnya hingga 30 hari kedepan mulai dari tanggal 21 Desember hingga 20 Januari tahun 2017.

Setelah Bundesliga, disusul oleh Liga Prancis atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ligue 1. Mereka memiliki liburan sepanjang 24 hari mulai dari 21 Desember 2016 hingga 14 Januari 2017.

Tim Bundesliga seperti Bayern Munchen menikmati liburan sepanjang 30 hari
Tim Bundesliga seperti Bayern Munchen menikmati liburan sepanjang 30 hari

Spanish La Liga atau liga kompetisi tertinggi Spanyol merupakan liburan musim dingin terpanjang ketiga diantara liga-liga top Eropa. Liburan mereka berdurasi 18 hari mulai dari 19 Desember 2016 hingga 6 Januari 2017.

Kompetisi liga major terakhir yang memiliki liburan terpanjang adalah Serie A Italia yang memiliki liburan sepanjang 16 hari mulai dari 22 Desember 2016 hingga 7 Januari 2017.

Tidak hanya liga-liga major Eropa saja yang menerapkan liburan musim dingin, bahkan untuk pertama kalinya sepanjang satu dekade terakhir ini, Premier League Skotlandia akhirnya menerapkan pula sistem jeda musim dingin ini. Mulai dari 24 Desember 2016 hingga akhir bulan Januari menjadi masa-masa liburan di kompetisi tertinggi sepakbola Skotlandia ini.

Brendan Rodgers sangat menyambut adanya jeda musim dingin di Skotlandia
Brendan Rodgers sangat menyambut adanya jeda musim dingin di Skotlandia

Eredivise Belanda juga memiliki jadwal jeda musim dingin, yang dimulai dari tanggal 18 Desember hingga 13 Januari 2017.

Apa yang dilakukan oleh tim-tim sepakbola disaat jeda musim dingin ?

Tujuan utama dari diberlakukannya jeda musim dingin ini adalah agar tim-tim dapat melakukan istirahat untuk kembali memulihkan stamina, fisik dan mental dalam mengarungi paruh kedua musim yang dipastikan akan semakin intens. Sementara untuk pemain-pemain asing akan diberikan izin untuk menghabiskan malam Natal atau Tahun Baru bersama keluarga mereka.

Tidak ada kegiatan yang cukup berarti untuk tim sepakbola sepanjang jeda musim dingin berlangsung. Seluruh anggota tim akan kembali berkumpul biasanya seminggu menjelang pertandingan paruh kedua di mulai. Dan banyak tim yang memanfaatkan situasi ini dengan melakukan training camp.

Tim dari liga Belanda seperti Feyenoord akan melakukan perjalanan ke Spanyol untuk melakukan winter training camp
Tim dari liga Belanda seperti Feyenoord akan melakukan perjalanan ke Spanyol untuk melakukan winter training camp

Training Camp ini biasanya akan dilakukan di negara-negara yang lebih hangat iklimnya. Spanyol adalah tujuan favorit dari para tim-tim dari Eropa, karena memiliki iklim yang hangat. Namun ada pula yang menghabiskan masa training camp mereka di negara-negara jauh seperti Asia.

Contohnya adalah Bayern Munchen dan Paris Saint Germain yang melakukan tujuan ke Doha, ibukota dari Qatar dalam beberapa tahun belakangan ini.

Apakah di masa depan akan ada pula jeda Musim Dingin di Premier League Inggris ?

Tiadanya jeda kompetisi musim dingin memang sudah menjadi perdebatan ramai para khalayak di liga Inggris. Bagi para suporter mereka sangat menikmati tiadanya jeda musim dingin namun tidak bagi para manager sepakbola di negri Ratu Elizabeth tersebut. Mereka beralasan tiadanya jeda, akan berpengaruh buruk bagi para pemain dan tim nasional negara tersebut.

Pihak Premier League sendiri selaku otoritas pelaksana liga Inggris sendiri mengaku akan menerima dengan tangan terbuka setiap ide tentang pelaksanaan jeda musim dingin di Premier League, namun tampaknya ide tersebut akan jauh dari harapan bakal terwujud setidaknya dalam waktu dekat ini.

Jurgen Klopp merupakan salah satu manajer di liga inggris yang mempertanyakan tiadanya jeda musim dingin di Inggris
Jurgen Klopp merupakan salah satu manajer di liga inggris yang mempertanyakan tiadanya jeda musim dingin di Inggris

Richard Scudamore selaku kepala Premier League mengungkapkan bahwa mereka sebenarnya tidak anti dengan adanya jeda musim dingin, namun mereka akan membahasnya kembali dengan FA dan Football League dalam hal penyusunan jadwal.